Thursday, 18 Jul 2024

12 Manfaat Pisang Untuk Ibu Hamil 7 Hingga 9 Bulan

8 minutes reading
Friday, 9 Dec 2022 19:19 0 278 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Mengkonsumsi buah Pisang secara rutin pada saat kehamilan yang ternyata banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan ibu dan juga janinnya, lalu apa saja manfaat Pisang untuk ibu hamil 7 hingga 9 bulan untuk mengetahuinya kamu bisa dengan menyimak ulasan di bawah ini.

Ibu hamil yang pastinya perlu memperhatikan berbagai nutrisi yang dikonsumsi setiap harinya, untuk mendapatkan nutrisi tersebut ibu hamil  yang bisa mengkonsumsi sayur dan buah-buahan yang sangat bermanfaat untuk membantu pertumbuhan pada janin dan bahkan akan membantu mempermudah dalam proses persalinan.

Salah satu buah yang dapat dikonsumsi dan sangat baik dengan memiliki manfaat untuk ibu hamil yaitu buah Pisang dan buah ini juga menjadi salah satu buah yang banyak diminati, buah Pisang memang mengandung banyak gizi yang sangat baik untuk tubuh dan juga merupakan salah satu tanaman budidaya buah yang paling tertua.

Untuk kamu yang ingin tahu apa saja manfaat pisang untuk ibu hamil 7 hingga 9 bulan, maka untuk mengatasinya bisa dengan menyimak ulasannya dibawah ini.

Manfaat Pisang Untuk Ibu Hamil 7 Hingga 9 Bulan

Manfaat Pisang Untuk Ibu Hamil 7 Hingga 9 Bulan

Pastinya sudah kenal dengan buah yang satu ini yaitu buah Pisang dengan memiliki warna kuning jika sudah matang dengan rasanya yang manis, Pisang sendiri yang termasuk ke dalam jenis buah klimaterik yaitu jenis buah yang akan mengalami kenaikan kecepatan respirasi dengan sangat cepat setelah dipetik atau dipanen dari pohon.

Dimana kenaikan kecepatan respirasi yang ditandai adanya berbagai perubahan baik itu fisik maupun kimia diantaranya adanya perubahan warna, karbohidrat, tekstur, total asam dan juga total gula, selain itu juga buah Pisang juga yang memiliki kandungan nutrisi didalamnya yang sangat banyak sehingga baik untuk kesehatan tubuh.

Dimana buah Pisang yang tidak hanya baik untuk orang sehat atau sakit saja manfaat dari mengkonsumsi buah Pisang ini yang terdapat manfaatnya untuk ibu hamil yang sangat banyak, untuk itu berikut beberapa manfaat pisang untuk ibu hamil 7 hingga 9 bulan sebagai berikut.

Membantu Meredakan Stres

Tidak sedikit orang yang ternyata ada ibu hamil yang mengalami stres pada saat kehamilan dan stres ini yang dapat dipicu dengan banyak hal seperti hormon yang berubah sangat drastis, khawatir dengan perkembangan janin, ketakutan saat persalinan dan juga masih banyak lagi pemicu lainnya.

Untuk mengatasi stres ini yang dapat diatasi dengan mengkonsumsi buah Pisang secara rutin setiap harinya dan ini menjadi salah satu manfaat pisang untuk ibu hamil 7 hingga 9 bulan yaitu membantu meredakan stres, kandungan fenol di dalam buah Pisang yang memiliki peran yang sangat penting dalam mengurangi risiko gangguan neurodegeneratif dan melindungi sel neuron dari nefrotoksisitas disebabkan stres oksidatif.

Membantu Meringankan Bengkak Kaki

Manfaat Pisang untuk ibu hamil 7 hingga 9 bulan yaitu membantu dalam meringankan bengkak atau edema kaki yang diakibatkan oleh beban yang ditanggung semakin berat, bengkak ini selain terjadi pada kaki saja tetapi juga bisa terjadi pada tangan atau wajah.

Untuk mengatasi bengkak pada kaki, tangan atau wajah maka disarankan untuk mengkonsumsi buah Pisang secara teratur dan ini akan membantu meringankan bengkak pada kaki, hal ini karena kandungan kalium dalam buah Pisang ini yang mampu meringankan bengkak atau edema kaki.

Membantu Menambah Energi

Dalam kondisi kehamilan yang akan menyebabkan badan menjadi lemas dan tidak bertenaga dalam melakukan berbagai aktivitas sehingga dengan mengkonsumsi buah Pisang yang bermanfaat menambah energi ibu hamil, namun di sisi lain ibu hamil juga tidak boleh bermalas-malasan agar tidak mengalami pembengkakan pada bagian kaki karena kurang bergerak.

Dimana buah Pisang yang memiliki kandungan fruktosa, glukosa dan juga sukrosa di dalamnya yang akan membantu membuat para ibu hamil menjadi bersemangat dan bertenaga dalam menjalankan berbagai aktivitas sehari-hari, sehingga dengan begitu mengkonsumsi buah Pisang untuk ibu hamil 7 hingga 9 bulan yang sangat baik untuk membantu menambah energi tubuh.

Menurunkan Risiko Lahir Cacat

Pada setiap orang tua atau ibu hamil yang tidak ingin bayi yang dikandungnya lahir dengan keadaan cacat atau prematur sehingga untuk mencegah hal tersebut mengkonsumsi buah Pisang menjadi salah satu alternatif untuk mengatasinya, manfaat dari buah Pisang yaitu membantu dalam menurunkan risiko terjadinya bayi lahir cacat atau prematur.

Dimana hal ini yang dapat dicegah karena buah Pisang yang memiliki kandungan asam folat yang banyak yang mudah diserap sehingga menjadikan buah Pisang sebagai salah satu pilihan buah yang sangat baik untuk dimakan oleh ibu hamil selama kehamilan, asam folat yang sangat penting selama kehamilan yang akan mendukung perkembangan otak, saraf bayi dan juga sumsum tulang belakang.

Membantu Mengatasi Sembelit

Buah Pisang yang memiliki kandungan serat di dalamnya yang akan membantu para ibu hamil untuk mengatasi konstipasi selama kehamilan, membantu dalam mengatasi sembelit menjadi salah satu manfaat Pisang untuk ibu hamil 7 hingga 9 bulan yang bisa kamu dapatkan.

Rata-rata di dalam buah Pisang yang terdapat sekitar 6 gram serat yang terkandung dalam satu buahnya dan serat ini yang akan membantu mengurangi gejala konstipasi, memperlancar buang air besar, dan juga mengurangi gerakan usus yang ekstrim yang diakibatkan oleh konstipasi.

Membantu Mengatasi Sakit Asam Lambung

Dimana asam lambung naik yang menjadi salah satu masalah kesehatan yang kerap dialami oleh ibu hamil pada masa trimester kedua dan juga ketiga, hal ini yang akan dirasakan setelah makan dan dapat bertambah buruk pada malam  hari yaitu dengan rasa panas di ulu hati.

Manfaat Pisang untuk ibu hamil 7 hingga 9 bulan yaitu membantu dalam mengatasi sakit asam lambung hal ini karena buah Pisang yang mengandung kalium didalamnya, namun selain mengkonsumsi buah Pisang juga ibu hamil yang bisa dengan mengganti gaya hidup seperti mengubah kebiasaan makan dengan porsi sedikit namun sering dan masih banyak lagi yang lainnya.

Membantu Meringankan Kram Pada Otot

Membantu meringankan kram pada otot menjadi salah satu manfaat Pisang untuk ibu hamil 7 hingga 9 bulan dimana biasanya untuk ibu hamil yang akan mengalami kram yang biasanya disebut sebagai charlie horse selama kehamilan, kram otot sendiri merupakan kontraksi otot yang tidak sengaja terjadi dengan tiba-tiba dan biasanya ini sering terjadi pada malam hari.

Kram otot juga yang dapat disebabkan oleh dehidrasi, kekurangan kalium dan bahkan perubahan sirkulasi darah dan ini dapat diatasi dengan mengkonsumsi buah Pisang, buah Pisang yang memiliki kandungan air hingga 74% dan ini membantu untuk mencegah dehidrasi dan memberikan nutrisi seperti vitamin, protein, mineral dan serat yang menyehatkan.

Menjaga Kesehatan Kulit

Buah Pisang yang merupakan sumber vitamin C yang disebut juga sebagai asam askorbat yang sangat penting dalam penyerapan zat besi di dalam tubuh, dan manfaat mengkonsumsi buah Pisang untuk ibu hamil yaitu membantu menjaga kesehatan kulit selama kehamilan.

Selain itu juga vitamin C ini yang bisa membantu dalam pertumbuhan pada tulang dan juga memperbaiki jaringan, dimana vitamin C yang bisa merangsang antioksidan terhadap kerusakan  kulit diakibatkan oleh sinar UV dan vitamin C sebagai antioksidan dan membantu dalam melawan infeksi.

Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat Pisang untuk ibu hamil 7 hingga 9 bulan selanjutnya yaitu mampu mengontrol atau menjaga tekanan darah agar tetap normal, selain itu juga buah Pisang yang bisa mengurangi stres sehingga ibu hamil akan terhindar dari stres dan tekanan darah pun akan tetap normal.

Jika tekanan darah tinggi saat kehamilan yang mungkin ada bahaya yang mengintai diantaranya ibu yang mudah terserang penyakit ginjal, bayi lahir dengan berat badannya yang rendah serta membuat plasenta terpisah dari bayi atau janin.

Membantu Menangkal Radikal Bebas

Buah Pisang yang terkandung vitamin C di dalamnya yang berguna sebagai memproduksi antioksidan sehingga manfaat Pisang untuk ibu hamil 7 hingga 9 bulan yaitu membantu menangkal radikal bebas, dimana ibu hamil yang membutuhkan vitamin C sekitar 80-85 mg per harinya agar memproduksi antioksidan dengan sempurna.

Buah Pisang yang teridentifikasi mengandung antioksidan gallocatechin di dalamnya, dimana kandungan gallocatechin ini yang bisa berkaitan dengan kapasitas antioksidan yang artinya buah Pisang yang mempunyai efek antioksidan yang baik.

Membantu Perkembangan pada Sistem Saraf Bayi

Buah Pisang yang merupakan sumber yang kaya dengan vitamin B6 yang larut di dalam air dan kandungan ini yang sangat diperlukan untuk perkembangan sistem saraf pada pusat bayi, manfaat buah Pisang untuk ibu hamil yaitu membantu dalam proses perkembangan sistem saraf bayi.

Selain itu juga buah Pisang yang mengandung zat besi dan juga asam folat di dalamnya yang sangat penting untuk perkembangan janin agar tetap sehat, sehingga dengan demikian kamu bisa dengan mengkonsumsi buah Pisang secara teratur.

Membantu Mencegah Penyakit Anemia

Manfaat Pisang untuk ibu hamil 7 hingga 9 bulan selanjutnya yaitu mencegah penyakit anemia selama kehamilan tubuh yang akan memproduksi sekitar 50% lebih akan lebih banyak darah serta cairan tubuh untuk dapat memenuhi kebutuhan janin sedang berkembang, sehingga anemia ini yang sering terjadi pada ibu hamil dan untuk ibu hamil  yang akan membutuhkan kebutuhan zat besi dua kali lipat dari orang yang tidak hamil.

Pisang yang memiliki kandungan zat besi sekitar 3% dari total kandungan vitamin didalamnya yang akan membantu dalam menghasilkan hemoglobin dan ini bermanfaat untuk mencegah anemia pada saat kehamilan.

Membantu Menguatkan Tulang

Manfaat Pisang untuk ibu hamil 7 hingga 9 bulan terakhir yaitu mampu membantu menguatkan tulang pada ibu hamil dan juga bayi, hal ini karena buah Pisang yang memiliki kandungan kalsium yang banyak dalam 200 gram buah Pisang yang terdapat kalsium alami sekitar 10 mg.

Selain itu juga kalsium dalam buah Pisang ini yang bisa menjaga pengaturan kontraksi otot didalam tubuh, mempercepat neurotransmitter di dalam proses kontraksi otot untuk perkembangan janin di dalam kandungan, sehingga mengkonsumsi buah Pisang yang sangat baik untuk ibu hamil.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai manfaat Buah Pisang untuk ibu hamil 7 hingga 9 bulan yang dapat kamu ketahui dan untuk mendapatkan manfaatnya kamu bisa dengan mengkonsumsi buah Pisang ini secara rutin setiap harinya, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.