Monday, 17 Jun 2024

Manfaat Jus Buah Naga Kuning

6 minutes reading
Monday, 19 Dec 2022 22:47 0 272 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Buah Naga yang menjadi salah satu buah favorit kebanyakan orang karena memiliki rasa manis dan bisa dikonsumsi langsung, lalu apa saja manfaat jus buah Naga kuning? Untuk mengetahui hal tersebut kamu bisa dengan menyimak ulasannya dibawah ini.

Buah Naga yang memiliki warna kulit yang dominan warna merah dengan dagingnya yang berwarna merah atau putih, namun ternyata ada buah Naga dengan warna yang lainnya yaitu berwarna kuning dengan memiliki rasa yang manis yang sedikit asam.

Walaupun warnanya yang berbeda namun ketiga buah Naga tersebut memiliki kandungan dan khasiat yang hampir sama yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, untuk mendapatkan khasiat dari buah Naga ini yang dapat diolah menjadi jus yang tetap mengandung manfaat untuk kesehatan.

Nah untuk kamu yang penasaran dengan manfaat jus buah Naga kuning, maka kamu bisa dengan menyimak ulasannya dibawah ini dengan baik.

Manfaat Jus Buah Naga Kuning

Manfaat Jus Buah Naga Kuning

 

Untuk jenis buah Naga kuning ini yang mempunyai nama latinnya yaitu Selenicereus megalanthus atau biasanya disebut dengan yellow pitaya dalam bahasa Inggrisnya, dimana buah ini yang memiliki kulit yang berwarna kuning dengan daging buahnya berwarna putih.

Dalam daging buah Naga kuning ini yang terdapat biji berwarna hitam, namun untuk ukuran buah Naga kuning ini yang biasanya lebih kecil jika dibandingkan dengan jenis buah Naga yang lainnya dan untuk rasanya yang paling manis dari yang lainnya.

Untuk buah Naga kuning ini memang jarang atau terbatas ada di Indonesia hal ini dikarenakan untuk habitat buah Naga kuning yang tumbuh pada lingkungan dingin, jika di Indonesia ada maka harga jual buah Naga kuning ini cukup tinggi dibandingkan dengan jenis buah Naga yang lainnya.

Dimana buah Naga kuning ini yang memiliki kandungan yang cukup banyak diantaranya mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, fosfor, kalsium, beta karoten, serat, niacin, protein, dan juga zat besi, dengan memiliki banyak kandungan didalamnya sehingga tidak heran jika buah Naga kuning sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Adapun untuk manfaat jus buah Naga kuning yang bisa kamu rasakan dan dapatkan yaitu sebagai berikut:

Mencegah Penyakit Kanker

Buah Naga kuning yang memiliki kandungan antioksidan di dalamnya yang tinggi sehingga membantu dalam mencegah terjadinya penyakit kanker yang diakibatkan oleh radikal bebas, selain itu juga buah Naga kuning yang kaya akan karoten dengan kemampuannya yang antikarsinogenik yang berfungsi mencegah terjadinya perkembangan tumor.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat jus buah Naga kuning yang selanjutnya yaitu membantu dalam meningkatkan kekebalan tubuh, dimana pada dasarnya menjaga keseimbangan daya tahan tubuh menjadi hal yang sangat penting hal ini karena membantu menjaga tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Kandungan vitamin C, vitamin B, zat besi, fosfor, kalsium, serat, niacin, protein dan antioksidan yang tinggi didalam buah Naga kuning ini yang akan membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu sel darah putih bisa berfungsi dengan baik serta melindungi tubuh dari berbagai infeksi.

Menjaga Kolesterol dan Jantung

Manfaat jus buah Naga kuning yaitu membantu dalam menjaga dan juga mengontrol kolesterol jahat (LDL) didalam tubuh agar tetap stabil tidak berlebihan dan jantung, dimana buah Naga kuning ini  yang memiliki kadar kolesterol baik (HDL) didalamnya yang dibutuhkan tubuh.

Dimana kolesterol merupakan salah satu lemak jahat didalam tubuh yang bisa mengganggu proses yang terjadi didalam tubuh yang terutama pada bagian organ penting seperti jantung, tekanan darah, aliran darah dan bahkan ini bisa menyebabkan stroke, dengan mengkonsumsi buah Naga kuning secara rutin yang dapat membantu menjaga dan mengontrol kadar kolesterol.

Kesehatan Mata

Manfaat jus buah Naga kuning selanjutnya yaitu untuk kesehatan mata hal ini karena buah Naga kuning yang mengandung beta karoten yang akan membantu dalam menjaga serta mencerahkan kornea dan juga melindungi sel di dalam mata dari berbagai bahaya sinar ultraviolet matahari.

Selain itu juga buah Naga kuning ini yang bisa membantu mengurangi risiko terjadinya kebutaan pada malam hari serta penyakit yang degenerasi mata yang lainnya berhubungan dengan usia, buah Naga kuning juga yang mengandung vitamin C  dan juga antioksidan yang berfungsi untuk menjaga fungsi sel retina dan juga mencegah katarak.

Mengatasi Jerawat

Tidak sedikit orang yang mengalami masalah jerawat dan ini  tentu saja menjadi salah satu hal yang akan membuat diri menjadi tidak percaya diri, nah dengan mengkonsumsi jus buah Naga kuning ini yang dapat mengatasi masalah jerawat dan kamu juga bisa dengan menggunakannya sebagai masker.

Hal ini dikarenakan buah Naga kuning yang memiliki kandungan vitamin C di dalamnya sehingga memiliki kemampuan dalam menyehatkan kulit dan bisa mengurangi peradangan yang muncul dengan jerawat dan juga menyamarkan bekas luka.

Detoksifikasi

Manfaat jus buah Naga kuning yaitu sebagai detoksifikasi yang dimana buah Naga kuning yang bisa membantu dalam mengurangi beban detoks yang sedang dilakukan oleh organ-organ penting didalam tubuh, haru dan juga menjaga kesehatan tubuh secara optimal.

Buah Naga kuning juga sangat cocok dikonsumsi oleh ibu hamil yang sedang mengalami masalah konstipasi atau pada saat buang air besar, dimana untuk diet tinggi serat yang akan  terbantu dengan mengkonsumsi buah-buahan dan salah satunya buah Naga kuning yang baik untuk sistem pencernaan yang akan membuat racun yang ada di dalam tubuh bisa dibilas dengan cepat di dalam tubuh.

Mencegah Penuaan

Buah Naga kuning yang mengandung antioksidan yang membantu menjaga kulit tetap kencang dan sehat serta membantu melawan berbagai radikal bebas yang bisa mempercepat proses penuaan, selain itu juga memiliki kandungan fosfor yang akan membantu dalam mengatur membran sel yang akan mencegah penuaan sejak dini.

Dimana buah Naga kuning juga yang bisa membantu dalam menyembuhkan sekaligus melindungi kulit dari bahaya sinar matahari, hal ini yang akan membuat kulit tetap sehat dengan sedikit keriput, titik penanda usia dan juga kerutan dengan kulit yang kencang.

Meningkatkan Nafsu Makan

Manfaat jus buah Naga kuning yaitu membantu meningkatkan nafsu makan hal ini karena buah Naga kuning yang mengandung vitamin B didalamnya, disamping itu juga vitamin B ini yang menjadi salah satu nutrisi yang paling penting dalam mengubah karbohidrat menjadi glukosa dan bisa diubah oleh enzim menjadi energi.

Dimana untuk vitamin B juga yang bermanfaat dalam membantu mengurangi rasa lemah dan juga lesu yang dialami oleh orang, dan sumber energi ini yang dibutuhkan oleh organ tubuh agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Mengatasi Kulit Terbakar

Buah Naga juga ternyata memiliki manfaat untuk mengatasi kulit yang terbakar oleh sinar matahari, selain dikonsumsi dengan jus kamu juga bisa dengan dijadikan masker dan untuk caranya pun sangat mudah dan kamu bisa melakukannya di rumah.

Mungkin hanya itu saja beberapa manfaat jus buah Naga kuning yang perlu kamu ketahui dan untuk merasakan manfaatnya kamu bisa dengan mengkonsumsi buah Naga ini secara rutin, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.