Monday, 17 Jun 2024

Perbedaan Buah Naga Merah dan Putih

5 minutes reading
Monday, 19 Dec 2022 12:51 0 415 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Perbedaan buah Naga merah dan putih menjadi salah satu hal yang perlu diketahui, karena pada dasarnya kebanyakan orang yang mengira bahwa kedua jenis buah Naga ini sama sehingga untuk itu kamu bisa mengetahui perbedaannya dengan menyimak ulasan berikut.

Buah Naga yang biasanya tumbuh dan subur di daerah tropis dan juga subtropis yang termasuk ke dalam kelompok tanaman kaktus dari genus Hylocereus dan juga Selenicereus, dimana buah ini yang berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan juga Amerika Selatan dan sekarang ini sudah tersebar dan dibudidayakan di beberapa negara Asia salah satunya di Indonesia.

Buah Naga merah dan putih yang memiliki kandungan vitamin dan juga mineral yang sangat penting untuk kesehatan tubuh, dimana buah Naga ini yang memiliki jenis yang berbeda yaitu seperti buah Naga merah dan putih dengan mengandung asupan yang berbeda tetapi sama-sama bisa membantu dalam meningkatkan kesehatan tubuh.

Untuk buah Naga merah dan putih ini yang bisa membantu dalam memenuhi kebutuhan gizi harian, hal ini dikarenakan buah Naga yang memiliki kandungan mineral dan vitamin seperti vitamin C, kalium, serat, magnesium. zat besi dan juga protein.

Lalu apa saja perbedaan buah naga merah dan putih untuk mengetahuinya yuk simak ulasanya dibawah ini dengan baik.

Perbedaan Buah Naga Merah dan Putih

 

Pastinya sudah tidak asing dengan buah Naga yang dimana sesuai dengan namanya buah ini yang memiliki sirip seperti naga dan juga memiliki rasa yang manis dan menyegarkan, selain itu juga buah naga ini yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Dimana buah Naga yang memiliki tiga jenis dengan pembedanya yaitu pada bagian warnanya, nah untuk memahaminya berikut ini perbedaan buah naga merah dan putih yaitu sebagai berikut.

Buah Naga Merah

Perbedaan Buah Naga Merah dan Putih

Buah Naga merah yang sesuai dengan namanya yaitu buah ini yang memiliki daging buahnya yang berwarna merah yang sama hampir sama dengan warna kulit dari buah ini, untuk buah Naga merah ini yang memiliki rasa yang manis tetapi sedikit asam atau tawar.

Dalam 100 gram buah Naga merah ini yang mengandung nutrisi yang sangat penting untuk tubuh, adapun untuk kandungan nutrisinya yaitu:

  • 1.7 gram protein
  • 10 miligram natrium
  • 85.7 gram air
  • 128 miligram¬† kalium
  • 3.1 gram lemak
  • 0.4 miligram seng (zinc)
  • 71 kkal energi
  • 0.5 miligram vitamin B1
  • 3.2 gram serat
  • 0.3 miligram vitamin B2
  • 9.1 gram karbohidrat
  • 0.5 miligram niasin
  • 13 miligram kalsium
  • 1 miligram vitamin C
  • 0.4 miligram zat besi
  • 14 miligram fosfor

Didalam buah Naga merah ini yang mengandung antioksidan yaitu seperti karotenoid, senyawa likopen dan juga antosianin, dengan memiliki banyak kandungan nutrisi dan antioksidan di dalamnya sehingga buah Naga merah ini yang bisa meningkatkan kesehatan tubuh yaitu diantaranya:

Kesehatan Pada Usus

Buah naga yang memiliki kandungan prebiotik didalamnya yang ternyata berfungsi dalam membantu meningkatkan keseimbangan bakteri baik di dalam usus, dan untuk jenis bakteri baik ini yang merupakan asam laktat dan juga bifidobacteria.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah Naga merah yang memiliki kandungan karotenoid dan juga vitamin C didalamnya yang bisa membantu dalam menetralkan radikal bebas dan juga meningkatkan kadar sel darah putih didalam tubuh yang akan membuat kekebalan tubuh menjadi kuat dan bisa melawan penyakit dari paparan virus atau bakteri.

Kesehatan Kulit

Selain meningkatkan kekebalan tubuh dan kesehatan usus buah Naga merah juga yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, dimana buah Naga merah yang mengandung vitamin C yang berguna menjaga kesehatan kulit yang termasuk juga dengan mengurangi hiperpigmentasi, memperbaiki tekstur, mencerahkan dan juga meningkatkan elastisitas pada kulit.

Buah Naga Putih

Perbedaan Buah Naga Merah dan Putih

Sedangkan untuk buah Naga putih ini yang memiliki warna daging buahnya putih dan ukurannya pun yang lebih kecil dari buah naga merah, dengan memiliki tekstur dan rasanya yang manis seperti campuran dari buah Pir, Semangka dan Kiwi.

Dalam 100 gram buah Naga putih ini yang memiliki kandungan nutrisi yang sangat penting untuk tubuh, adapun beberapa kandungan nutrisi tersebut diantaranya:

  • 2.5 miligram vitamin C
  • 2.9 gram serat
  • 0.74 miligram zat besi
  • 18 miligram kalsium
  • 40 miligram magnesium
  • 1.18 gram protein

Selain itu juga buah Naga putih ini yang mengandung antioksidan didalamnya yaitu seperti betasianin, flavonoid dan juga hidroksamat, dengan memiliki banyak kandungan didalamnya tentu saja buah Naga putih juga memiliki banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh diantaranya.

Membantu Mencegah Kerusakan Pada Sel Tubuh

Manfaat buah Naga putih yaitu membantu mencegah kerusakan pada sel tubuh hal ini yang dikarenakan buah ini yang mengandung antioksidan berupa betasianin dan flavonoid, dengan kandungan ini yang akan mencega kerusakan pada sel tubuh yang diakibatkan oleh paparan radikal bebas.

Membantu Melancarkan Sistem Pencernaan

Buah Naga putih yang memiliki kandungan serat dan prebiotik didalamnya yang berfungsi membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dalam saluran pencernaan dan juga mencegah terjadinya sembelit.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah Naga putih yang memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C di dalamnya yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, untuk kekebalan tubuh yang baik bisa membantu melindungi diri dari berbagai serangan virus dan juga bakteri.

Membantu Menjaga Berat Badan

Buah Naga putih yang mengandung rendah kalori dan lemak dan juga serat yang akan membuat kita merasa kenyang lebih lama, sehingga dengan begitu membantu menjaga berat badan tetap ideal dan terhindar dari makan atau ngemil yang berlebihan.

Menurunkan Kolesterol

Buah Naga putih juga yang bisa membantu dalam mencegah penumpukan kolesterol dengan cara cara menurunkan kadar kolesterol dalam pembuluh darah dan ini membantu menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung dan stroke.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai perbedaan buah naga merah dan putih, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.