Thursday, 20 Jun 2024

10 Manfaat Jus Nanas Campur Wortel Untuk Kesehatan

5 minutes reading
Friday, 25 Nov 2022 16:30 0 3263 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Pada dasarnya setiap buah atau sayuran yang memiliki manfaatnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, lalu apa saja manfaat Jus Nanas campur Wortel untuk mengetahuinya kamu bisa dengan simak ulasan di bawah ini dengan baik.

Pastinya sudah tidak asing lagi dengan kedua bahan ini yaitu Nanas dengan Wortel, dimana kedua bahan ini yang memang memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan, untuk mengkonsumsinya yang bisa dengan langsung dimakan secara mentah atau bisa juga dengan dibuatkan menjadi jus.

Sebenarnya sudah banyak orang yang mengkonsumsi Jus Nanas campur Wortel ini, namun mungkin ada sebagian orang yang merasa aneh dengan jus kedua bahan ini dimana jus ini yang ternyata memiliki banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Untuk kamu yang penasaran dengan manfaat Jus Nanas campur Wortel, maka kamu bisa dengan menyimak penjelasannya pada artikel yang satu ini dan tentunya dengan mengetahui manfaatnya sehingga kamu bisa mengkonsumsi jus ini lebih efektif lagi.

Manfaat Jus Nanas Campur Wortel Untuk Kesehatan

Manfaat Jus Nanas Campur Wortel Untuk Kesehatan

Buah Nanas yang merupakan salah satu buah tropis yang sangat sehat untuk tubuh dan memiliki rasa yang lezat, dimana buah ini yang memiliki rasa yang manis dan asam dengan mengandung pektin di dalamnya seperti serat sehingga teksturnya yang kenyal, untuk Wortel yang memiliki rasanya yang enak dan tentunya dengan manfaatnya yang melimpah di dalamnya dan pada bagian umbi atau akar yang biasa dimakan.

Kedua bahan ini yang ternyata dapat dijadikan menjadi jus degan memiliki manfaatnya yang sangat baik untuk kesehatan, dimana Jus Nanas campur Wortel ini yang memiliki kandungan nutrisi didalamnya seperti kalori, protein. lemak karbohidrat, mangan, potasium, folat, thiamin, vitamin C, gula, serat, tembaga, vitamin B6, kalium, natrium, kalsium, fosfor, serta vitamin K.

Dengan memiliki banyak kandungan nutrisi dalam Jus Nanas campur Wortel sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh, adapun untuk beberapa manfaat dari mengkonsumsi Jus Nanas campur Wortel secara rutin yaitu sebagai berikut:

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jus Nanas campur Wortel ini memiliki kandungan folat, antioksidan, vitamin A dan vitamin C dengan kandungan tersebut yang dapat membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh yang menjadi lebih kuat dalam melawan berbagai penyakit, selain itu juga dapat membantu dalam meningkatkan efektivitas antibiotik.

Mengontrol Kadar Gula Darah

Dapat mengkonsumsi Jus Nanas campur Wortel secara rutin dengan memiliki kandungan serat serta antioksidan yang tinggi didalamnya dengan memiliki nilai indeks glikemik yang rendah sehingga mampu mengontrol kadar gula darah dan juga mencegah terjadinya resistensi insulin.

Mengurangi Terjadinya Risiko Kanker

Terdapat salah satu sumber antioksidan didalamnya Jus Nanas campur Wortel yang diantaranya terdapat vitamin A, karoten, asam fenolat, vitamin C antosianin serta karoten yang  dapat melawan radikal bebas pada tubuh serta dapat mengurangi terjadinya risiko penyakit kanker seperti kanker prostat kanker usus besar, dan juga kanker payudara, selain itu juga kandungan vitamin C dan bromelain yang mampu meredakan asma.

Menurunkan Terjadinya Penyakit Jantung

Kandungan serat, antioksidan dan juga kalium yang terdapat dalam Jus Nanas campur Wortel membantu menurunkan terjadinya risiko penyakit jantung, dimana kalium yang bisa membantu dalam menjaga tekanan darah yang tetap normal dan antioksidan serta serat yang bisa mengontrol kadar kolesterol jahat yang menyumbat pada pembuluh darah jantung.

Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A, lutein dan juga zeaxanthin yang terdapat didalam Jus Nanas campur Wortel yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata, selain itu juga Jus Nanas campur Wortel yang kaya akan antioksidan yang baik untuk kesehatan mata serta membantu mencegah terkena berbagai penyakit mata seperti rabun senja, katarak, dan degenerasi makula.

Meningkatkan Kesehatan Pada Otak

Dengan mengkonsumsi Jus Nanas campur Wortel secara rutin ternyata dapat meningkatkan kognisi dan juga mengurangi risiko dalam jangka panjang dengan masalah memori berkaitan mengenai usia, hal ini karena terdapat kandungan beta karoten di dalam jus ini yang mampu membantu dalam melawan stres oksidatif yang dapat merusak pada sel-sel otak.

Meredakan Peradangan

Terkandung bromelin dan enzim yang terdapat pada Jus Nanas campur Wortel inimampu untuk membantu dalam mengurangi peradangan yang dimana hal ini yang dapat disebabkan karena pembedahan, trauma, cedera, osteoarthritis atau rheumatoid arthritis.

Memperlancar Pencernaan

Kandungan serat dan air yang terdapat didalam Jus Nanas campur Wortel yang mampu membantu dalam memperlancar pencernaan dan juga membuat tinja yang menjadi lebih dan padat lunak yang mampu membantu dalam mencegah serta mengatasi konstipasi sehingga pencernaan yang menjadi lancar.

Mencegah Obesitas

Jus Nanas campur Wortel yang mengandung sedikit kalori tetapi nutrisi didalamnya yang padat seperti serat, air, protein, vitamin, dan juga mineral yang bisa membuat kenyang yang lebih lama, sehingga dengan nafsu makan yang terkontrol dapat mencegah obesitas.

Cara Membuat Jus Nanas Campur Wortel

Setelah kamu mengetahui dengan manfaat Jus Nanas campur Wortel, selanjutnya kamu bisa dengan mencoba untuk cara membuat Jus Nanas dicampur dengan Wortel yang mungkin masih ada yang belum tahu dengan caranya maka dari itu kamu bisa dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

Bahan-bahan:

  • 1,5 kg buah Nanas
  • 550 gram Wortel
  • 2 sdm air lemon
  • 200 gram  gula pasir yang direbus dengan air
  • Air
  • Es batu
  • Garam

Setelah semua bahan yang terdaftar diatas sudah tersedia selanjutnya untuk cara membuat Jus Nanas campur Wortel yang bisa dengan mengikuti cara dibawah ini:

  • Terlebih dahulu silahkan kupas buah Nanas lalu lumuri dengan menggunakan garam dan cuci hingga bersih.
  • Jika sudah dicuci lalu potong-potong buah Nanas menjadi beberapa bagian.
  • Kemudian kupas Wortel potong-potong menjadi beberapa bagian dan cuci hingga bersih dan tiriskan.
  • Jika sudah masukkan semua bahan ke dalam blender yaitu buah Nanas dan Wortel lalu haluskan dengan air.
  • Selanjutnya saring dengan menggunakan saringan yang telah di blender tersebut.
  • Lalu campurkan jus Nanas dan Wortel yang telah di blender dengan air gula, dan juga air lemon lalu aduk hingga tercampur merata.
  • Sajikan dengan menambahkan es batu agar lebih segar.

Mungkin hanya itu saja beberapa manfaat Jus Nanas campur Wortel dan juga cara membuatnya yang bisa kamu lakukan dengan mudah dan praktis, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.