Thursday, 18 Jul 2024

Manfaat Jus Tomat Untuk Wajah

7 minutes reading
Tuesday, 4 Apr 2023 16:33 0 259 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Ternyata para pakar kesehatan dan juga ahli kecantikan yang telah menggali mengenai manfaat jus Tomat untuk wajah, buah ini selain enak dikonsumsi tetapi memberikan manfaat juga yang melimpah untuk kesehatan tubuh dan bahkan untuk kecantikan.

Tidak sedikit orang yang suka minum jus Tomat karena memang jus ini yang menjadi salah satu jenis minuman yang dipercaya mengandung berbagai macam kandungan nutrisi didalamnya yang sangat baik untuk tubuh seperti mineral, vitamin dan juga antioksidan yang tinggi.

Buah Tomat ini yang diperkaya dengan kandungan likopen di dalamnya yaitu antioksidan yang sangat kuat bermanfaat untuk kesehatan terutama untuk kesehatan kulit wajah, untuk bisa merasakan manfaatnya yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsi jus Tomat.

Dimana untuk jus Tomat yang murni tanpa adanya tambahan air dan gula yang terdapat sekitar 95% air dan sisanya sekitar 5% lagi serat dan juga karbohidrat, dalam 100 gram jus Tomat segar yang mengandung nutrisi air 95%, gula 2.6 gram, karbohidrat 3.9 gram, kalori 18, protein 0.9 gram, serat 1.2 gram dan juga lemak 0.2 gram.

Dengan beragam kandungan nutrisi dari jus Tomat murni ini yang akan memberikan banyak manfaatnya untuk kesehatan dan juga kecantikan wajah, untuk kamu yang ingin tahu dengan apa saja manfaat jus tomat untuk wajah maka bisa dengan menyimak penjelasannya disini.

Manfaat Jus Tomat Untuk Wajah

Buah Tomat yang terkenal sebagai salah satu jenis buah atau sayuran yang menyimpan banyak kandungan nutrisi didalamnya yang bermanfaat sangat baik untuk kesehatan kulit wajah bahkan untuk kesehatan tubuh yang secara keseluruhan.

Biasanya buah Tomat yang tersedia hampir pada setiap dapur siapa saja karena memang buah ini yang kerap dijadikan untuk tambahan masakan, namun selain dapat dijadikan bahan masakan buah Tomat juga yang bisa dikonsumsi dengan oleh menjadi jus.

Dengan memiliki kandungan likopen yang tinggi yaitu antioksidan pada buah Tomat ini sehingga buah yang satu ini yang memberikan manfaat seperti membantu untuk mengembalikan cahaya alami, memperbaiki kulit yang rusak dan juga menjadi lebih sehat.

Selain itu juga terdapat sifat asam dan astringent dalam buah Tomat ini yang bisa menjadikannya menjadi bahan yang baik untuk kulit wajah yang mengalami masalah jerawat dan juga berminyak, kandungan vitamin C juga terdapat pada buah ini yang akan membantu untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Untuk dapat merasakan dan mendapatkan manfaat ini yang bisa dengan mengkonsumsi buah Tomat secara langsung dan bisa juga dengan  dibuat jus yang menjadi alternatif untuk menikmati buah Tomat, hal ini karena selain memiliki rasanya yang enak namun dalam membuat jus Tomat juga yang mudah dan praktis.

Adapun untuk beberapa manfaat dari mengkonsumsi jus Tomat untuk wajah yang bisa kamu ketahui yaitu sebagai berikut:

Anti Penuaan

Jus Tomat ternyata memiliki sifat anti penuaan dan ini menjadi salah satu manfaat jus tomat untuk wajah yang bisa kamu ketahui dan dapatkan, manfaat ini yang berasal dari kandungan vitamin B yaitu diantaranya vitamin B1, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, dan juga vitamin B9 didalamnya yang memiliki peran penting untuk kesehatan kulit.

Dengan vitamin B dalam buah Tomat ini yang memiliki sifat anti penuaan yang mampu membantu untuk mengurangi terjadinya bintik-bintik penuaan, kerutan dan juga garis-garis halus, selain itu juga vitamin B ini juga yang berkontribusi pada perbaikan sel yang dapat mengurangi hiperpigmentasi dan juga kerusakan yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari.

Mencerahkan Kulit

Untuk kamu yang tidak melakukan atau mengikuti rutinitas perawatan kulit wajah yang baik atau jarang menggunakan  tabir surya dan ini yang akan membuat kulit wajah kamu yang terlihat kusam dan tidak rata, namun masalah ini  yang bisa kamu atasi dengan memanfaatkan jus Tomat untuk membantu mencerahkan kulit wajah.

Dimana buah Tomat ini yang diperkaya dengan kandungan vitamin C, vitamin E dan juga beta karoten didalamnya yang memiliki peran penting dalam meratakan warna kulit dan juga membantu untuk mencerahkan kulit sehingga terlihat lebih bercahaya secara alami dan juga lebih sehat dan manfaat jus tomat untuk wajah ini untuk membantu memperbaiki masalah tersebut.

Melawan Kerusakan Sel Kulit

Untuk manfaat jus tomat untuk wajah lainnya yaitu membantu untuk melawan kerusakan sel yang diakibatkan oleh radikal bebas, dimana radikal bebas ini yang secara umum yang akan merusak sel-sel di kulit wajah dan ini yang bisa meningkatkan risiko terjadinya tanda-tanda penuaan dan juga keriput.

Namun buah Tomat ini yang mengandung antioksidan seperti vitamin C dan likopen di dalamnya sehingga dengan mengkonsumsi jus Tomat ini yang mampu membantu untuk memberikan tubuh asupan antioksidan, dengan asupan antioksidan ini yang memiliki peran untuk membantu melawan radikal bebas yang bisa menyebabkan risiko kerusakan sel.

Membantu Meredakan Peradangan Kulit

Buah Tomat yang memiliki beberapa senyawa didalamnya yang memiliki efek anti inflamasi dan manfaat jus tomat untuk wajah yaitu membantu untuk meredakan peradangan kulit, senyawa tersebut yang meliputi beta karoten, likopen, vitamin C, vitamin E dan juga lutein, dengan beragam senyawa ini yang akan membantu dalam meringankan rasa sakit mengenai iritasi kulit atau kulit terbakar oleh paparan sinar matahari.

Mengangkat Sel Kulit Mati

Untuk manfaat jus tomat untuk wajah lainnya yaitu membantu untuk mengangkat sel kulit mati dimana eksfoliasi wajah yang merupakan proses pengangkatan sel kulit mati, dengan cara yang satu ini dengan mengkonsumsi jus Tomat yang akan membantu untuk meningkatkan kesehatan dan juga penampilan kulit wajah.

Dimana untuk beberapa penelitian yang sudah mengklaim bahwa enzim yang terkandung di dalam buah Tomat ini yang akan memberikan manfaat untuk pengelupasan kulit, hal ini dikarenakan buah Tomat yang memang memiliki banyak enzim di dalamnya yang bekerja sebagai eksfoliator alami.

Melembabkan Kulit

Buah Tomat diperkaya dengan kandungan antioksidan didalamnya yang memiliki peran untuk membantu mengencangkan dan juga mencerahkan kulit wajah, manfaat jus tomat untuk wajah yaitu membantu melembabkan kulit wajah untuk kamu yang memiliki kulit kering maka bisa diatasi dengan jus Tomat, jika memiliki kulit kering dan tidak diobati yang bisa menyebabkan pecah-pecah, mengelupas dan juga gatal-gatal.

Menurut penelitian yang menyatakan bahwa penurunan kadar kalium pada tubuh yang bisa menyebabkan kulit menjadi kering untuk mereka yang dermatitis atopik yaitu sejenis eksim, namun dengan mengkonsumsi jus Tomat secara rutin dan teratur yang akan membantu untuk memberikan kelembaban yang diperlukan kulit hal ini dikarenakan buah Tomat yang merupakan sumber potasium yang baik.

Menyembuhkan Luka

Menurut database nutrisi Departemen Pertanian AS, dalam 1 cangkir buah Tomat ini yang mengandung vitamin C didalamnya sekitar 30 gram, hal ini yang dapat memberikan manfaat untuk kesehatan wajah yaitu membantu untuk menyembuhkan dan juga mempercepat penyembuhan luka.

Kandungan vitamin C ini yang kerap ditemukan pada berbagai produk perawatan kulit dan kandungan ini yang berperan untuk membantu mendorong pertumbuhan jaringan ikat baru, membantu dalam memperbaiki luka dan juga mempercepat proses penyembuhan, selain itu juga buah Tomat yang diperkaya dengan kandungan vitamin C yang baik untuk meningkatkan asupan secara langsung untuk bisa mendapatkan manfaatnya.

Mencegah Kanker Kulit

Dimana ternyata paparan sinar matahari ini yang menjadi faktor risiko untuk kanker kulit non melanoma yaitu karsinoma sel basal dan juga karsinoma sel skuamosa, untuk manfaat jus tomat untuk wajah ini yang dapat membantu untuk mencegah dan juga melindungi kulit wajah dari serangan kanker kulit yang diakibatkan oleh sinar matahari.

Buah Tomat yang memiliki kandungan karotenoid dan juga likopen didalamnya dan kandungan karotenoid dan likopen ini merupakan senyawa alami yang memberi warna merah pada buah Tomat, dan kandungan likopen yang mempunyai efek anti kanker yang kuat.

Membantu Merangsang Produksi Kolagen

Manfaat jus tomat untuk wajah yang terakhir yaitu membantu untuk merangsang produksi kolagen hal ini dikarenakan buah Tomat yang merupakan sumber vitamin C yang baik dan kandungan vitamin C ini selain dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, namun kandungan ini juga yang bisa membantu untuk merangsang  produksi kolagen dalam tubuh.

Dimana jika diterapkan secara topikal bahwa kandungan vitamin C ini yang bisa membantu untuk meningkatkan elastisitas kulit yang akan membuat kulit wajah menjadi lebih kencang, dan manfaat ini yang bisa kamu rasakan dengan mengkonsumsi buah Tomat dengan cara di jus karena untuk mengoleskan buah Tomat pada kulit wajah yang belum terdapat bukti ilmiah yang menunjukan hal tersebut.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai beberapa manfaat jus tomat untuk wajah yang bisa kamu ketahui dan juga bisa kamu rasakan dengan mengkonsumsinya secara rutin dan teratur, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat untuk mencoba dalam memanfaatkan buah Tomat sebagai bahan kecantikan.