Wednesday, 17 Jul 2024

Manfaat Lobak Untuk Lambung

4 minutes reading
Friday, 30 Dec 2022 09:20 0 344 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Pastinya hampir semua orang sudah mengetahui dengan sayuran yang satu ini yaitu Lobak, dimana Lobak ini yang ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan lalu apa saja manfaat Lobak untuk lambung.

Lobak yang merupakan salah satu sayuran yang termasuk ke dalam keluarga cruciferae berasal dari Eropa dan Asia, sayuran Lobak ini juga yang memiliki nama latin yaitu Raphanus sativus dengan memiliki beragam jenis yang berbeda baik dari warna, bentuk dan juga rasanya.

Lobak putih yang dikenal sebagai Daikon merupakan salah satu jenis lobak yang cukup populer dan biasanya Lobak ini yang digunakan untuk bahan masakan India dan Asia, dimana sayuran ini yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan juga lambung.

Dimana Lobak ini yang tidak hanya bisa digunakan untuk bahan masakan dengan rasanya yang nikmat, namun juga memiliki manfaat yang sangat luar biasa untuk kesehatan berikut beberapa manfaat Lobak untuk lambung yang bisa kamu ketahui.

Manfaat Lobak Untuk Lambung

Manfaat Lobak Untuk Lambung

 

Lobak yang masih termasuk ke dalam keluarga kol dan kubis dengan memiliki dagingnya yang berwarna terang dang n teksturnya yang renyah dan rasanya peda, untuk bentuk dan juga warna kulit sangat bervariasi yang dimulai dari putih, hijau, hitam, merah, dan juga ungu.

Lobak yang memiliki kandungan nutrisi yang  cukup banyak yang dibutuhkan oleh tubuh manusia, sehingga dengan demikian tidak heran jika Lobak ini yang memiliki banyak manfaatnya untuk kesehatan yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsi sayuran satu ini.

Kandungan nutrisi yang terdapat didalam Lobak ini yang diantaranya seperti karbohidrat, serat, kalsium, vitamin C, vitamin B, kalium, protein, fosfor, zat besi, magnesium, dengan mengandung senyawa flavonoid, sulforaphane dan juga isothiocyanate.

Lobak yang selain itu juga ternyata Lobak yang termasuk ke dalam salah satu jenis sayuran yang sering digunakan untuk bahan olahan menjadi berbagai macam jenis makanan, hal ini dikarenakan Lobak yang mempunyai rasa yang sangat khas dan juga lezat apalagi saat diolah menjadi sup sayur.

Untuk kamu yang penasaran apa saja manfaat yang terdapat dari mengkonsumsi Lobak untuk kesehatan, maka dibawah ini ada beberapa manfaat Lobak untuk lambung yang bisa kamu ketahui.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Lobak yang memiliki kandungan protein dan serat yang banyak sehingga dengan senyawa tersebut yang bisa membantu dalam melancarkan sistem pencernaan dan juga membantu untuk mencegah sembelit atau masalah pencernaan yang lainnya.

Dengan mengkonsumsi lobak yang memberikan dampak yang positif untuk sistem pencernaan, dimana Lobak ini yang bisa membantu dalam memperkuat lapisan perut dan juga melindungi jaringan yang lainnya di dalam usus dan ini untuk membantu dalam proses penyembuhan tukak lambung.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Lobak yang mengandung serat di dalamnya selain membantu memperlancar sistem pencernaan namun bermanfaat untuk membantu dalam menurunkan kolesterol jahat (LDL), dengan cara kerjanya yaitu mengikat kolesterol pada usus kecil sehingga dengan demikian yang akan memudahkan untuk keluar dan juga tidak menyerap pada aliran darah.

Pertumbuhan Janin

Untuk ibu hamil dengan mengkonsumsi Lobak ternyata bermanfaat untuk membantu meningkatkan pertumbuhan dan juga pembentukan organ tubuh pada janin yang termasuk juga dengan otak serta jaringan saraf, hal dikarenakan Lobak yang memiliki kandungan folat dan juga kolin didalamnya.

Penurunan Berat Badan

Dengan kandungan serat di dalam Lobak ini yang bisa membantu kamu merasa kenyang lebih lama dan ini bisa membantu untuk mencegah untuk makan yang berlebihan, dan tentunya sangat efektif untuk kamu yang sedang melakukan proses penurunan berat badan dimana Lobak ini yang tidak mengandung lemak dan juga rendah kalori.

Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Lobak yang mengandung senyawa flavonoid sulforaphane dan isothiocyanate yang memiliki peran untuk membantu mencegah atau menekan adanya pertumbuhan sel dari berbagai jenis penyakit kanker, adapun penyakitnya diantaranya kanker usus besar, kanker paru-paru, kanker hati dan juga kanker payudara.

Mungkin hanya itu saja beberapa manfaat Lobak untuk lambung yang bisa kamu ketahui, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa bermanfaat dan berguna.