Monday, 17 Jun 2024

Manfaat Rambutan Untuk Diet

4 minutes reading
Wednesday, 3 May 2023 15:47 0 239 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Buah Rambutan yang memiliki ciri yang khas pada kulitnya seperti rambut dan disukai oleh banyak orang, selain memiliki rasa yang manis dan menyegarkan buah Rambutan juga yang memiliki segudang manfaatnya untuk kesehatan tubuh dan salah satunya untuk diet.

Sudah tidak asing lagi mendengar buah Rambutan atau Nephelium lappaceum ini yang merupakan salah satu jenis buah yang berasal dari Asia Tenggara, tanaman Rambutan ini yang biasa tumbuh di daerah tropis seperti di Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, Amerika Tengah dan juga tempat tropis lainnya.

Dimana buah Rambutan ini jika diperhatikan terlihat mirip dengan buah Leci, tetapi walaupun kedua buah ini yang sama-sama memiliki warna merah dan rasanya yang segar tetapi ada perbedaannya yaitu untuk buah Rambutan ini yang memiliki kulit yang terdapat rambutnya sedangkan untuk buah Leci tidak ada.

Untuk buah Rambutan ini yang bisa ditemukan dengan mudah di pasaran tradisional dan bahkan pasar modern, bahkan tidak hanya itu banyak juga masyarakat Indonesia yang menanam buah Rambutan ini di halamannya atau di kebun.

Untuk buah Rambutan sendiri yang memiliki harga yang terjangkau sehingga tidak heran jika buah Rambutan ini disukai oleh banyak orang, bahkan dengan mengkonsumsi buah ini juga yang bisa mendapatkan banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh terutama untuk membantu menurunkan berat badan.

Bahkan selain itu juga kedua buah ini yang memiliki kandungan gizi dan vitamin yang berbeda, untuk kamu yang ingin tahu manfaat Rambutan untuk diet bisa simak ulasannya dibawah ini.

Manfaat Rambutan Untuk Diet

Manfaat Rambutan Untuk Diet

 

Adapun untuk kandungan gizi makro dan mikro yang terdapat dalam porsi 100 gram buah Rambutan sebagai berikut:

  • 18,1 gram karbohidrat
  • 0,8 gram serat
  • 0,9 gram protein
  • 0,1 gram lemak
  • 104,2 miligram kalium
  • 58 miligram vitamin C
  • 16 miligram fosfor
  • 16 miligram natrium
  • 0,17 miligram tembaga
  • 0,07 miligram vitamin B2 (riboflavin)
  • 0,5 miligram besi
  • 0,5 miligram niasin, dan
  • 0,1 miligram seng

Buah Rambutan juga memiliki kandungan nutrisi lainnya seperti antioksidan, anti inflamasi, antidiabetes dan juga antiviral, dimana dengan mengkonsumsi buah Rambutan sekitar 5 hingga 6 buah yang dapat memenuhi kebutuhan vitamin C yaitu sebesar 50%.

Selain itu juga terdapat berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh yang bisa didapatkan, adapun untuk beberapa manfaat Rambutan untuk diet yaitu sebagai berikut.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsi buah Rambutan untuk diet yaitu dapat membantu menurunkan berat badan, tentu saja manfaat ini yang berasal dari kandungan nutrisi yang terdapat didalam buah Rambutan sehingga mampu membantu dalam menjalankan proses diet kamu dan juga dapat menurunkan berat badan, dimana dalam porsi 100 gram buah Rambutan ini yang mengandung 1,3-2 gram serat dan juga 75 kalori.

Dimana dengan kandungan serat yang tinggi dan rendah kalori pada buah Rambutan ini yang dapat membantu untuk menurunkan berat badan, membuat nafsu makan yang menjadi berkurang dan akan membuat perut menjadi merasakan kenyang dengan waktu yang lebih lama.

Sehingga dengan begitu secara otomatis kamu tidak akan mudah lapar dan dapat mengontrol makanan yang masuk ke dalam perut, selain itu juga kamu bisa memasukkan buah Rambutan ini ke dalam menu harian pada saat sedang menjalankan diet untuk membantu proses defisit kalori.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Dimana buah Rambutan yang termasuk ke dalam salah satu jenis buah yang dapat membantu melancarkan sistem pencernaan, pasalnya buah Rambutan ini yang sekitar setengah daging buahnya yang mengandung serat larut tidak air dan kandungan serat ini yang tidak akan menyatu dengan air dan nantinya akan langsung melewati sistem pencernaan.

Untuk sebagian besar serat tidak larut ini yang langsung masuk ke sistem pencernaan dan juga akan mendorong feses di dalam usus, hal ini yang akan membantu feses agar bisa dengan mudah dikeluarkan pada saat BAB dan selain itu juga kandungan jenis serat larut air ini yang akan menjadi makanan untuk bakteri baik yang terdapat didalam usus yang berperan sebagai menjaga pencernaan agar tetap sehat.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Untuk melakukan program diet tentu saja sistem kekebalan tubuh juga perlu dijaga agar tetap kuat dan sehat dan dengan mengkonsumsi buah Rambutan ini yang dapat membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh, hal ini dikarenakan buah Rambutan yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya.

Dimana asupan vitamin C yang masuk ke dalam tubuh yang akan mendorong dalam proses produksi sel darah putih untuk membantu memperkuat imun dan juga membantu dalam melawan infeksi yang berasal dari radikal bebas, untuk geraniol pada kulit buah Rambutan ini yang mempunyai aktivitas antivirus terhadap virus dengue dan senyawa ini yang mampu menghambat proses penempelan virus dan juga mengganggu interaksi sel virus awal.

Mungkin hanya itu saja beberapa manfaat Rambutan untuk diet yang perlu kamu ketahui dan untuk bisa mendapatkan berat badan yang ideal, maka kamu bisa dengan mengkonsumsi buah Rambutan ini dengan jumlah yang wajar secara rutin dan pastikan juga dilengkapi dengan menjalankan pola hidup yang sehat semoga dengan dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.