Saturday, 22 Jun 2024

4 Manfaat Kurma Untuk Kesehatan Lambung

5 minutes reading
Wednesday, 3 May 2023 15:43 0 97 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Buah kurma yang terkenal sebagai salah satu buah yang manis dan bergizi, dengan mengkonsumsi buah Kurma yang bisa memberikan manfaat bagi kesehatan tetapi apa manfaat kurma untuk lambung yuk kita ulas penjelasannya disini.

Kurma merupakan salah satu tanaman tradisional yang penting di Arab, Turki, Irak, Afrika hingga ke Maroko, dimana tanaman ini yang dapat tumbuh kapan saja sepanjang tahunnya dan biasanya buah ini yang sering di panen pada musim gugur.

Dimana buah Kurma yang dikenal dengan nama ilmiah yaitu Phoenix dactylifera L merupakan jenis tumbuhan palem dengan memiliki buah yang rasanya manis, selain rasanya manis buah ini juga yang memiliki manfaat untuk kesehatan yang banyak sehingga tidak heran jika buah yang satu ini banyak dikonsumsi oleh kebanyakan orang.

Pada saat bulan Ramadhan buah Kurma ini yang identik menjadi salah satu buah yang selalu ada ketika bulan puasa dan bahkan banyak umat muslim memakannya pada saat buka puasa dan sahur, dengan memiliki daging buah yang lembut dan rasanya yang manis sehingga cocok dikonsumsi pada saat berbuka dan sahur.

Selain itu juga buah kurma ini yang mengandung nutrisi didalamnya yang banyak baik untuk tubuh diantaranya 20% kebutuhan asupan kalium harian, 18% kebutuhan asupan tembaga harian, 15% kebutuhan mangan, 14% kebutuhan magnesium, 12% kebutuhan vitamin B6, 5% kebutuhan zat besi, 7 gram serat, dan juga 2 gram protein.

Dengan beragam kandungan nutrisi yang terdapat pada buah Kurma ini yang bisa memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, manfaatnya tidak hanya dapat menambah energi tetapi baik juga untuk lambung.

Nah untuk kamu yang ingin tahu dengan manfaat kurma untuk lambung, maka kamu bisa dengan menyimak penjelasannya di bawah ini untuk mengetahuinya.

Manfaat Kurma untuk Lambung

4 Manfaat Kurma Untuk Kesehatan Lambung

Lambung sendiri merupakan salah satu organ dengan memiliki tugas atau fungsi untuk mencerna makanan setelah masuk melalui mulut dan kemudian disalurkan melalui kerongkongan, dan lambung yang bekerja dengan cara mengeluarkan enzim dan juga mengaduk makanan dengan gerakan otot lambung sehingga dengan begitu makanan yang bisa dicerna dengan baik.

Tidak sedikit orang yang mengalami sakit lambung dan ternyata masalah kondisi seperti ini yang bisa diatasi hanya dengan memakan buah Kurma, sakit lambung yaitu kondisi tubuh yang ditandai dengan berbagai gejala yang muncul berkaitan dengan sistem pencernaan.

Gejala sakit lambung ini yang dimulai dari tukak lambung, asam lambung, perut kembung dan bahkan sakit maag, lalu apakah buah Kurma ini dapat memberikan manfaat untuk lambung?

Dimana buah Kurma ini yang memiliki sejumlah nutrisi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan yaitu seperti kandungan serat yang tinggi didalam buah Kurma, kandungan serat ini yang merupakan senyawa atau zat penting untuk membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Dengan mengkonsumsi buah Kurma secara rutin yang dapat membantu pergerakan usus lebih baik dan lancar, berikut beberapa manfaat kurma untuk lambung yang bisa kamu rasakan yaitu sebagai berikut:

Membantu Mencegah Sembelit

Tubuh yang mengalami kekurangan serat didalamnya yang bisa menyebabkan susah buang air besar atau sembelit, dengan mengkonsumsi sekitar 2 hingga 3 buah Kurma setiap paginya pada saat perut kosong yang akan membantu untuk mencegah dan mengatasi sembelit.

Buah Kurma ini yang mengandung serat didalamnya yang memiliki peran penting untuk membantu pergerakan usus, dan juga mengarahkan ke pembentukan tinja yang normal pada mereka yang sedang mengalami sembelit atau kesulitan untuk buang air besar atau BAB.

Membantu Mencegah Sakit Maag

Pada sebuah penelitian dalam jurnal Middle East journal of Digestive yang telah dilakukan pada tahun 2015 yang menyatakan bahwa buah Kurma ini yang ternyata berkhasiat dan bermanfaat untuk membantu mencegah sakit maag.

Dari hasil penelitian yang menunjukan bahwa dengan mengkonsumsi buah Kurma yang memiliki potensi efek pereda nyeri yang diakibatkan oleh sakit maag pada 12,3% peserta yang telah berpartisipasi, dimana sakit maag ini merupakan rasa yang tidak nyaman di perut seperti terasa panas di perut bagian atas, terasa penuh dan juga perut kembung.

Membantu Mengatasi Tukak Lambung

Sebuah penelitian yang menyatakan bahwa kandungan di dalam buah Kurma ini yang bermanfaat juga untuk membantu mengatasi masalah atau kondisi tukak lambung, tukak lambung yang merupakan peradangan pada dinding lambung yang diakibatkan oleh cairan asam lambung berlebihan.

Dalam hasil penelitian dengan hewan yang menunjukan terdapat potensi perbaikan kerusakan pada lambung pada tikus hanya dengan mengkonsumsi sari buah Kurma dengan konsentrasi sekitar 60%, walaupun demikian hal ini yang membutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai efeknya terhadap manusia.

Membantu Mencegah Perut Kembung

Manfaat kurma untuk lambung yang lainnya yaitu dapat membantu untuk mencegah perut kembung hal ini yang berasal dari kandungan gula alami  yang terkandung didalam buah Kurma, kandungan gula alami ini merupakan jenis karbohidrat yang bisa dicerna dengan lambat.

Dengan mengkonsumsi buah Kurma dengan rutin dalam jumlah yang pas yang bisa membantu menjaga lambung untuk mencernanya secara perlahan, sehingga dengan begitu hal ini yang tidak akan menyebabkan perut kembung.

Setelah kamu mengetahui dengan manfaat kurma untuk lambung, maka kamu juga perlu mengetahui dengan waktu yang terbaik dalam mengkonsumsi buah Kurma untuk bisa mendapatkan manfaatnya lebih maksimal.

Karena memang kurma akan lebih baik jika dikonsumsinya di waktu-waktu tertentu dengan jumlah yang cukup tidak berlebihan yaitu diantaranya, dimakan pada saat sarapan yang akan membuat perut kenyang dalam kurun waktu yang cukup lama.

Selain itu buah Kurma ini yang bisa digunakan sebagai cemilan sore, baik dikonsumsi pada saat perut lapar dan juga sebelum melakukan olahraga yang akan membantu untuk mengisi energi pada saat berolahraga, dan juga bisa dimakan sebagai cemilan di malam hari.

Mungkin hanya itu saja ulasan atau penjelasan mengenai beberapa manfaat kurma untuk lambung yang perlu kamu ketahui dan untuk merasakan manfaatnya lebih optimal maka terapkan waktu yang terbaik mengkonsumsi buah Kurma dan batasi jumlah buah Kurma jangan berlebihan, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.