Thursday, 18 Jul 2024

10 Menu Buka Puasa Untuk Diet

6 minutes reading
Monday, 11 Sep 2023 16:12 0 100 Muti Karya

Nesiaverse.com – Ketika akan buka, kamu dapat mengonsumsi menu yang dikhususkan untuk orang yang sedang diet. Kamu harus mulai memperhatikan jenis makanan untuk berbuka puasa, khususnya bagi yang sedang menjalankan program diet saat puasa. Hal ini dilakukan untuk menghindari kenaikan berat badan saat kamu puasa dan tidak terkontrol dengan baik.

Seperti yang bisa diketahui, bahwa banyak sekali godaan makanan yang menggiurkan ketika kamu menjalani program diet saat tengah berpuasa. Yang tidak jarang karena hal inilah kamu aka mengalami gagal diet sehingga diet kamu tidak bekerja secara optimal. Maka, penting untuk mulai memperhatikan jenis menu berbuka puasa saat diet sekalipun.

Menu Buka Puasa Untuk Diet

Menu Buka Puasa Untuk Diet

Puasa tidak menjadi salah satu alasan kamu menghentikan program diet. Justru dengan berpuasa program diet kau akan lebih mudah dan merupakan waktu yang tepat untuk menjalankan diet. Selain bekerja secara efektif kamu juga bisa mendapatkan kemudahan waktu makan yang stabil nantinya. 

Dalam menjalankan program diet saat puasa, bukanlah suatu hal yang asing, dimana faktanya sering dilakukan. Kamu harus menghindari jenis makanan tertentu, makanan yang mengandung banyak minyak, junk food hingga gorengan. Sebaiknya kamu menghindari jenis makanan satu ini.

Kemudian saat kamu akan berbuka puasa harus mengonsumsi jenis makanan yang tepat, maksudnya adalah makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi bahkan dapat mendukung proses penurunan berat badan dengan baik. Berikut kami sudah merangkum beberapa rekomendasi menu untuk buka puasa ketika menjalani program diet

Tiga Buah Kurma dan Teh

Menu berbuka puasa pertama yang dapat kamu konsumsi ketika diet saat puasa adalah 3 buah kurma dan teh. Pastinya kamu sudah sering mendengar bahwa menu makanan untuk mengawali berbuka puasa dengan baik adalah makanan atau minuman yang manis. Sehingga kami merekomendasikan 3 buah kurma dan teh untuk dikonsumsi. 

Hal ini disebabkan minum teh dan mengkonsumsi kurma saat berbuka puasa dapat membantu untuk mengembalikan energi yang sudah hilang. Selain itu kurma menjadi salah satu jenis buah yang diketahui memiliki kandungan yang kaya akan nutrisi. Mengkonsumsi buah kurma akan membantu untuk melancarkan buang air besar. Selain itu mengkonsumsi kurma yang kaya akan serta akan memberikan efek kenyang karena kandungan serta di dalamnya, sehingga kamu tidak akan kalap ketika mengkonsumsi makanan utama dan dapat membatasi porsi makanan, karena sudah kenyang lebih dulu.

Salad Buah 

Menu untuk buka puasa selanjutnya yang bisa kamu konsumsi adalah salad buah. Salad buah merupakan salah satu menu yang direkomendasikan untuk berbuka puasa saat diet, karena makanan satu ini memang cocok dikonsumsi ketika diet. Selain itu kamu akan mendapatkan manfaat untuk menutrisi sekaligus menjaga berat badan tubuh agar tetap ideal.

Ketika kamu mengonsumsi salad buah, kamu akan mendapatkan manfaat karena komposisi buah yang banyak dan memiliki vitamin dan nutrisi bagi tubuh. Mengonsumsi buah untuk berbuka puasa menjadi salah satu menu pembuka yang menyegarkan setelah seharian penuh berpuasa dan menahan dahaga. 

Capcay

Setelah menu pembuka, kamu dapat mengonsumsi menu utama seperti capcay. Sayuran merupakan salah satu jenis makanan yang baik dikonsumsi, khususnya ketika kamu sedang diet. Sayur merupakan jenis makanan yang bagus untuk dikonsumsi sebagai menu buka puasa untuk diet. Selain itu kandungan kalori di dalamnya cenderung sangat rendah. 

Sayuran dalam menu capcay sendiri memiliki kandungan vitamin dan mineral dalam sayuran yang dapat membantu untuk menjaga kesehatan tubuh. Sehubungan dengan hal tersebut, menu makanan untuk berbuka puasa untuk diet ini sangat sehat. Kamu dapat menambahkan sumber protein dari ayam maupun udang kedalamnya. Untuk meningkatkan cita rasa dalam capcay. 

Telur dan Kentang Rebus

Makanan berbuka puasa saat diet lainnya yang bisa kamu konsumsi adalah telur dan kentang rebus. Kedua jenis makanan ini dapat membantu kamu untuk menjaga berat badan dengan mudah. Selain itu kamu akan mudah kenyang bahkan dalam jangka waktu yang lebih lama. Telur memiliki kandungan protein yang tinggi. Selain itu ada kandungan vitamin A, vitamin B12, Vitamin B5, selenium, lemak sehat yang tinggi.

Sehingga mengkonsumsi telur dan kentang rebus dapat mendukung program diet kamu. Selain itu keduanya dapat diolah menjadi salah satu menu yang memiliki kandungan kalori lainnya, seperti menjadi omelet. Selain itu kandungan kalium dalam kentang sendiri akan menjadi pati resisten yang jika dibiarkan mendingin, memiliki kandungan nutrisi untuk menurunkan berat badan dengan mudah.

Sayur Sup dan Dada Ayam

Menu makanan untuk buka puasa saat diet lainnya adalah sayur sup dan dada ayam. Jenis makan satu ini memiliki kandungan kalori yang cukup rendah untuk dikonsumsi sebagai menu berbuka puasa saat diet. Kamu dapat mengkonsumsi sayur sup dan dada ayam sebanyak 172 gram, yang mana memiliki kandungan kalori sebanak 284 kkal dan proteins ebanayak 53 ht di dalamnya. Menu satu ini akan menyegarkan ketika dimakan di waktu berbuka. 

Sayur Bayam Bening

Menu buka puasa untuk diet lainnya adalah sayur bayam bening. Jenis makanan berbuka puasa satu ini cocok bagi kamu yang tengah menjalani program diet. Hal ini dikarenakan sayur bayam bening merupakan jenis makanan yang mudah untuk dibuat. Selain itu kamu bisa mendapatkan kandungan zat mikronutrien dari sayuran satu ini disertai banyak kandungan serat yang membuat kenyang lebih lama dan melancarkan proses pencernaan. 

Tumis Kangkung

Menu makanan satu ini menjadi salah satu idaman bagi para pelaku diet. Pasalnya tumis kangkung menjadi menu makanan yang digemari banyak orang. Kamu dapat mengonsumsi menu tumis kangkung untuk mneemani waktu berbuka puasa saat sedang diet. Tumis kangkung merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi dan baik untuk mendukung proses pembakaran lemak. Dalam mengkonsumsi tumis kangkung perhatikan porsinya juga, jangan berlebihan mengkonsumsinya dalam porsi besar dalam satu waktu. 

Ikan Kukus

Makanan Berbuka puasa lainnya yang cocok dikonsumsi ketika diet adalah ikan kukus. Ikan kukus menjadi salah satu menu makanan yang bermanfaat bagi tubuh, khususnya ketika diet jika dibandingkan dengan jenis makanan lainnya seperti daging. Bagi kamu yang menyukai ikan dapat menambahkannya sebagai menu berbuka puasa yang tepat. 

Hindarilah konsumsi ikan kukus dengan proses pengolahan yang tidak sehat, yaitu proses pengolahan digoreng menggunakan minyak yang panas. Kami menganjurkan kamu mengkonsumsinya dengan cara dikukus atau pengolahan yang sehat saja. 

Oatmeal Daging

Karbohidrat merupakan salah satu sumber nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, bahkan ketika kamu sedang menjalani program diet. Kami merekomendasikan menu oatmeal daging, dimana kamu dapat mengkonsumsinya sebagai salah satu alternatif pengganti nasi. Kamu dapat membuat kombinasi antara oatmeal dan buah-buahan maupun dengan daging untuk mendapatkan proteinnya. 

Dalam pengolahannya, kamu disarankan untuk menghindari penggunaan minyak. Kamu dapat mengolahnya dengan cara dipanggang atau direbus saja. Selain itu, kamu dapat menambahkan telur dadar maupun bayam merah dan kacang yang sudah direbus. 

Nasi Tim

Terakhir kamu dapat mengonsumsi makanan yang praktis namun bergizi yaitu nasi TIm. Nasi yang lengkap dengan lauk dan sayur mayur ini dapat mendukung program diet kamu dengan baik. Nasi tim sendiri berawal dari ayam yang direbus dan di suwir-suwir. Selain itu kamu bisa menambahkan banyak sayuran dan dicampurkan ke dalamnya. 

Demikian pembahasan mengenai menu berbuka puasa yang tepat ketika kamu sedang diet. Sehingga program diet kamu akan berjalan dengan lancar dan mudah untuk mencapai atau mendapatkan goal berat badan ideal yang kamu dambakan, sekalipun melakukan diet saat berpuasa.