Wednesday, 17 Jul 2024

7 Menu Makanan Diet GM Dalam Seminggu

7 minutes reading
Friday, 14 Jul 2023 18:23 0 221 Muti Karya

Nesiaverse.com – Dalam melakukan diet GM dalam seminggu, kamu harus benar -benar memperhatikan menu makanan yang dikonsumsi. Hal ini dikarenakan kamu harus tetap memenuhi kebutuhan harian baik cairan, nutrisi dan kalori dalam tubuh, namun memiliki tujuan untuk menurunkan berat badan dalam waktu seminggu. 

Tentunya dibutuhkan keseimbangan gizi dari makanan yang dikonsumsi selama 7 hari, dalam masa diet GM. Diet GM ini merupakan diet yang hanya bisa kamu lakukan dalam jangka waktu yang pendek. Karena penerapan dalam jangka waktu yang panjangan sangat tidak dianjurkan, bahkan dipantang oleh ahli gizi sekalipun. Hal ini terkait dengan risiko dan masalah kesehatan pelaku diet di masa mendatang. 

Menu Makanan Diet GM Dalam Seminggu

Menu Makanan Diet GM Dalam Seminggu

General Motors Diet atau GM Diet merupakan metode menurunkan berat badan yang belakangan sangat populer dikalangan masyarakat. Hal ini dikarenakan GM Diet atau Diet GM mampu memangkas berat badan kamu sebanyak 4 hingga 7 kg hanya dalam jangka waktu seminggu saja. 

Dalam melaksanakan program diet GM ini, nana tonya kamu harus menerapkan Plan meal, yang mana dalam rencana makan tersebut kamu hanya akan difokuskan pada beberapa jenis makanan dan porsi saja. Dilansir dari Medical News Today, mengatakan bahwa menu diet GM yang benar terdiri dari sayur an, buah-buahan, daging atau ikan dan sedikit karbohidrat. Jadi dalam melakukan program diet GM kamu harus memperhatikan komponen menu tersebut. 

Dalam melakukan program diet GM kamu bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter gizi, untuk mengetahui cocok dan tidaknya jenis diet GM ini dengan kondisi kesehatan dan tubuh kamu. Tentunya hal ini guna menghindari hal-hal negatif yang mungkin terjadi. Karena diet GM merupakan salah satu diet yang terhitung ekstrim, karena bersifat ketat.

Berikut peraturan plan meal dalam diet GM dalam seminggu yang harus kamu patuhi, menunya diet GM sendiri empeng didominasi oleh buah-buahan dan sayuran.

  • Seni : Buah-buahan.
  • Selasa : Sayuran.
  • Rabu : Buah-buahan dan Sayuran.
  • Kamis : Buah apapun selain pisang dan Susu.
  • Jum’at : Sumber Daging.
  • Sabtu : Daging dan Sayuran.
  • Minggu : Buah-buahan, Sayuran dan Karbohidrat.

Setelah mengetahui plan meal selama seminggu, maka kamu bisa mengetahui batasan menu makanan dalam diet GM ini. Berikut beberapa pilihan menu makanan yang bisa kamu konsumsi selama diet GM dalam seminggu. 

Daging Sapi Teriyaki 

Dalam masa diet GM, ada jadwal dimana kamu khusus mengonsumsi protein hewani, yaitu daging. Pada hari itu, kamu bisa mengonsumsi menu dengan bahan dasar daging sapi, daging ayam maupun ikan. Salah satu menu yang kami rekomendasikan adalah menu daging sapi teriyaki. Kamu bisa mengkonsumsi daging merah ini dengan memasaknya secara praktis. Adapun cara mengkonsumsinya dengan membuang bagian lemaknya pada daging. Perlu kamu ketahui juga bahwa 100 gram daging sapi teriyaki memiliki kadar kalori sebanyak 105 kalori. 

Dasa Ayam Pangan

Pada meal plan daging di diet GM, kamu bisa mengkonsumsi daging ayam, kami menyarankan kamu untuk mengonsumsi bagian dada ayam. Karena bagian ini sangat aman dikonsumsi pada masa diet. Adapun olahan yang bisa kamu coba, yaitu dada ayam panggang, karena membuatnya sangatlah mudah kamu hanya perlu mengoleskan bumbu saus tiram pada dada ayam yang sudah disingkirkan bagian kulit dan tulangnya. Perlu kamu ketahui bahwa dalam 100 gram dada ayam memiliki kandungan kalori sebanyak 79 kalori. 

Salad Sayur

Merujuk pada Plan meal selama menjalani diet GM, ada hari dimana kamu hanya mengkonsumsi sayuran saja. Maka, menu salad sayur bisa menjadi salah satu pilihan yang kamu nikmati untuk menu sarapan. Menu salad sayur sendiri kami sarankan terdiri dari selada, wortel, tomat, mentimun dan saus dressing minyak zaitun. Kamu hanya perlu mencampurkan semua bahan, adapun beberapa bahan yang bisa kamu potong ukurannya. Salad sayuran ini menjadi menu diet GM yang paling mudah dibuat, kami menyarankan untuk mengkonsumsinya pada waktu sarapan dan makan malam. 

Sup Diet GM

Salah satu menu wajib yang bisa kamu konsumsi ketika melakukan diet GM, yaitu sup diet GM. Sup diet GM ini memiliki komposisi yang khusus, yaitu terdiri dari kubis, tomat, seledri, wortel dan aneka bawang-bawangan, perasan lemon ditambah air dan sedikit garam. 

Cara Nya sangatlah mudah dimana sebuah bahan dipotong-potong untuk menyesuaikan ukuran yang masuk ke mulut. Kemudian kamu dapat memasukkannya secara bersamaan seperti mengolah sup pada umumnya. Sup diet Gm ini merupakan sup yang memiliki kadar kalori yang rendah, namun serat, vitamin dan mineral di dalamnya sangatlah banyak. Kamu bisa mengkonsumsinya pada hari dimana menu plan mealnya adalah sayuran.

Ubi atau Kentang Panggang

Dalam Plan meal diet GM ada hari dimana kamu mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat. Maka, kami merekomendasikan kamu untuk mengkonsumsi ubi atau kentang panggang. Kamu bisa menambahkan sedikit perasa, seperti garam sehingga bisa menikmatinya dengan nikmat. 

Ubi merupakan salah satu sumber karbohidrat yang rendah kalori dibandingkan dengan nasi putih. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan sumber karbohidrat dari 100 gram nasi merah yang kaya akan serat. Dalam memenuhi plan mela diet GM, kamu harus memperhatikan porsi atau jumlah yang dikonsumsi, secara gizi maupun kalorinya. 

Buah-buahan

Dalam plan meal diet GM, menu buah-buahan dan sayuran adalah yang utama. Kamu bisa mengkonsumsi buah apapun selama menu plan misalnya adalah buah-buahan. Namun, kami menyarankan kamu untuk mengonsumsi buah yang kaya akan mineral atau air serta kandungan serat yang tinggi di dalamnya.

Dengan begitu nantinya proses diet GM kamu akan bekerja dengan maksimal, pasalnya kandungan mineral dan serat akan membuat tubuh kamu lebih tahan lapar lebih lama. Adapun pantangan buah-buahan dalam melakukan diet GM yaitu buah pisang dan alpukat. Kami merekomendasikan untuk mengonsumsi buah yang kaya akan mineral dan serta seperti apel, semangka dan buah pir. 

Hari pertama

Pada hari pertama dalam program diet GM adalah buah-buahan. Maka, kamu hanya boleh mengonsumsi buah-buahan dan air saja pada hari pertama diet GM. Porsinya tidak terbatas dalam mengkonsumsi buah pada hari pertama. Namun, pastikan juga tidak berlebihan. Kamu bisa mengonsumsi buah apa saja selain buah pisang dan alpukat. Pastikan asupan air mineral selalu terpenuhi yaitu 8 hingga 12 gelas per harinya.

Hari Kedua

Pada hari kedua kamu memiliki plan meal sayuran, maka konsumsilah sayuran apapun dalam olahan segar seperti masih mentah maupun yang matang. Porsinya bisa kamu sesuaikan dengan sendirinya. Pastikan kamu tidak mengkonsumsi secara berlebihan atau menambahkan bahan yang seharusnya tidak kamu konsumsi, misalnya daging pada olahan sup sayuran.

Hari Ketiga

Pada plan meal di hari ketiga kamu mengkombinasikan buah-buahan dan sayuran. Maka kamu bisa mengonsumsi sayuran apapun beserta buah dalam satu menu maupun terpisa, Pastikan kamu tidak mengkonsumsi buah alpukat dan pisang, apalagi jika kamu membuat alpukat bertemu dengan sayuran sebagai salad. 

Hari Keempat

Pada diet GM hari keempat Plan meal kamu adalah buah dan susu. Disini kamu bisa membuat jus tanpa campuran gula, pastikan juga susu yang kamu gunakan adalah susu low fat sehingga tidak memiliki kadar kalori yang tinggi dan gula yang menyebabkan diet GM kamu gagal, Pastikan juga porsi yang digunakan tidak berlebihan. Selain itu kamu bisa mengonsumsi buah dan susu secara terpisah. 

Hari Kelima

Pada Plan meal hari kelima, kamu diperbolehkan untuk mengkonsumsi daging, kamu bisa mengkonsumsi daging merah seperti daging sapi atau daging putih seperti daging ayam atau daging kalkun dan ikan. Pastikan juga kamu membatasi porsinya setiap sarapan , makan siang maupun makan malam, yaitu 550 hingga 560 gram saja. Pastikan untuk menghilangkan kulit dna lemak dalam daging sebelum diolah dna disantap.

Hari Keenam

Pada hari keenam kamu dipersilahkan mengonsumsi sayuran dan daging, maka kamu bisa mengkombinasikan daging dan sayuran sebagai sup maupun olahan menu makanan apapun, asalkan bahan utamanya daging dan sayuran. Pastikan juga komposisi keduanya memiliki perbandingan yang sama. 

Hari Ketujuh

Pada hari terakhir diet GM, kamu memiliki plan meal yaitu mengonsumsi sumber buah, sayuran dan karbohidrat. Maka, tambahkan komponen sumber karbohidrat yang bisa kamu dapatkan misalnya nasi dalam porsi 100 gram maupun nasi merah dalam porsi 100 gram. Kamu juga bisa menikmatinya dengan salad buah maupun sayuran dalam satu waktu.

Itulah pembahasan mengenai menu makanan diet GM dalam seminggu, kamu juga dapat membuat variasi menu apapun namun pastikan berpacu pada plan meal harian selama diet GM berlangsung. Sehingga nantinya diet kamu akan berhasil dan bekerja dengan baik juga.