Thursday, 18 Jul 2024

Jadwal dan Pola Makan Untuk Menurunkan Berat Badan

6 minutes reading
Friday, 14 Jul 2023 18:26 0 220 Muti Karya

Nesiaverse.com – Tidak hanya jenis makanan dan minum saja, namun jadwal dan pola makan untuk menurunkan berat badan juga harus diperhatikan. Karena pola makan dan jadwal yang tidak tepat akan membuat diet kamu sia-sia, sehingga bukannya menurunkan berat badan justru menambahkan berat badan. Maka, penting untuk mengetahui jadwal dan pola makan yang tepat saat melakukan program diet. 

Keberhasilan diet tidak hanya dipengaruhi oleh jenis dan menu makanan serta minuman yang dikonsumsi. Namun, jumlah kalori serta jadwal atau waktu makan juga memiliki posisi penting yang harus diperhatikan. Jadwal atau waktu makan jugalah yang memiliki persentase yang cukup besar untuk menentukan sukses atau tidaknya diet seseorang. 

Jadwal dan Pola Makan Untuk Menurunkan Berat Badan

Jadwal dan Pola Makan Untuk Menurunkan Berat Badan

Jadwal dan pola makan seseorang bersifat relatif, dimana jadwal atau waktu optimal untuk makan setiap orang berbeda-beda mulanya. Namun, untuk membuat tingkat kesuksesan dalam program diet kamu berhasil. Maka kamu harus memperhatikan jadwal dan pola makan yang tepat untuk menurunkan berat badan

Selain kualitas makanan saat menjalani diet, jadwal atau waktu makan harus diperhatikan, dan paling baik adalah makan yang tepat waktu. Dalam sebuah studi ketcil dikatakan bahwa ada batasan waktu untuk makan siang yaitu pukul 3 sore. Namun, kemudian dalam studi lain mengatakan bahwa adanya pembatasan jadwal makan yaitu berhenti di jam 7 malam. Sehingga dengan begitu mampu mengurangi asupan kalori hingga di angka 244 kalori. 

Namun, menurut survei dan hasil akhir ketetapan jadwal atau pola makan terbaik yang bisa menurunkan berat badan, adalah sebagai berikut.

  • Jadwal atau waktu sarapan : Sebaiknya setelah pukul 7 pagi, dan lebih baik tepat di jam 7 pagi. Jika kamu ingin memakan cemilan pagi maka makanlah 3 jam setelah waktu sarapan sebelumnya. 
  • Jadwal atau waktu makan siang : Antara pukul 12.00 hingga 13.00 merupakan jam paling baik untuk makan siang Jika kamu ingin makan cemilan siang, maka makanlah 3 jam setelah waktu makan siang sebelumnya. 
  • Jadwal atau waktu makan malam : Antara pukul 18.00 hingga 18.30. Tidak ada cemilan malam.

Sementara dalam beberapa penelitian disebutkan bahwa makan makan dilarang setelah jam 8 malam. Hal inilah yang akan membuat pinggul melebar beberapa sentimeter. Sehingga bagi kamu yang menjalankan program diet harus memperhatikan hal satu ini. Pastikan kamu tidak makan setelah jam 8 malam, atau berat badanmu akan bertambah. 

Jam makan tentulah sangat mempengaruhi diet kamu, pasalnya kamu harus menyesuaikan jam makan, sehingga tidak mengganggu proses metabolisme tubuh. Hal itulah yang dapat memicu risiko terkena obesitas. Dengan mengetahui jadwal dan pola makan yang tepat, tentunya mampu mendukung untuk menurunkan berat badan saat diet. 

Sarapan : Satu jam setelah bangun

Jika kamu sedang melakukan program diet untuk menurunkan berat badan, maka jadwal dan pola makan harus diperhatikan. Salah satunya adalah waktu sarapan. Sarapan pagi sangatlah penting, apalagi jika kamu sedang diet dan memiliki aktivitas yang cukup padat. Maka kamu harus mendapatkan banyak energi dari sarapan. 

Waktu yang tepat untuk sarapan pagi adalah satu jam setelah bangun tidur. Namun, tepatnya adalah jam 7 pagi sebagai waktu yang paling pas untuk melakukan sarapan. Sarapan setelah bangun tidur adalah kondisi dimana kamu sudah benar-benar sadar dan bersiap untuk beraktifitas. Karena selama tidur tubuh menghabiskan banyak energi, salah satunya proses metabolisme tubuh. Maka, pastikan kamu memenuhi asupan sarapan pagi di waktu yang tepat untuk menjaga tubuh dan keberhasilan diet semakin tinggi. 

Makan Siang : Tidak Melewatkan Makan Siang

Banyak sekali yang menghindari makan siang dan sarapan pagi ketika mereka menjalankan diet. Padahal hal inilah yang paling penting. Dikarenakan jika kamu melewatkan waktu makan siang yaitu jam 12 siang hingga jam 1 siang akan memperburuk kesehatan tubuh. Sehingga alih-alih diet kamu berhasil, kamu malah jatuh sakit. 

Setelah beraktivitas pagi hingga siang, butuh membutuhkan kembali energi dan asupan kalori. Selain itu dengan melewatkan makan siang kamu akan merasakan lapar berlebih menjelang waktu malam. Semetara makan malam merupakan suatu hal yang dihindari khususnya bagi kamu yang melakukan program diet. Karena akan mengganggu sistem pencernaan dan membuat diet kamu justru gagal. Maka, perhatikan lagi jadwal makan siang kamu dan jangan lewat dari jam yang sudah ditentukan sebelumnya. 

Makan Malam : 3 Jam sebelum tidur

Banyak sekali orang yang melakukan program diet dan beranggapan bahwa makan pada malam hari itu terlarang. Padahal, makan pada malam hari itu justru dianjurkan, namun kamu harus mematuhi waktu yang sudah ditentukan yaitu jangan lewat dari jam 8 malam. Dalam makan malam, kamu harus benar-benar memperhatikan jadwal dan pola makannya. 

Jika dibandingkan dengan jam sarapan dan jam makan siang, jam makan malam memiliki batas yang paling sedikit yaitu hanya sampai jam 8 malam. Pastikan kamu makan sebelum jam 8, karena makan malam yang baik ketika kamu diet adalah 3 jam sebelum waktu tidur. Sehingga tidak akan mengganggu proses pencernaan dalam tubuh yang justru memicu berat badan kamu naik secara drastis.

Boleh Mengkonsumsi Cemilan

Cemilan memang menjadi salah satu pemicu naiknya berat badan seseorang secara drastis. Namun, perlu kamu ketahui hal itu terjadi karena porsi dan jenis makanan yang masuk ke perut adalah makanan jorok. Maksudnya, makanan jorok adalah makanan yang memiliki kadar kalori dan lemak yang tinggi namun tidak memiliki nutrisi dan vitamin di dalamnya. Cemilan seperti inilah yang bisa membuat seseorang mengalami obesitas, apalagi jika dikonsumsi malam hari secara berlebihan.

Ketika kamu sedang diet kamu tetap boleh mengkonsumsi cemilan, hanya saja cemilan yang dikonsumsi bukanlah cemilan jorok yang memicu naiknya berat badan tanpa disadari. Kamu bisa mengkonsumsi cemilan saat menjalani program diet berupa kacang-kacangan, buah kering hingga biji-bijian. Namun cemilan yang terbaik adalah cemilan buah-buahan. 

Dalam mengkonsumsi cemilan kamu harus memperhatikan jam dan waktunya juga. Pastikan kamu mengonsumsi 3 jam setelah sarapan pagi dan 3 jam setelah makan siang. Hindari mengkonsumsi cemilan lebih dari jam 5 sore. Dengan begitu kamu tetap bisa menikmati cemilan dalam program diet kamu.

Beristirahat Tepat Waktu

Sebelumnya dikatakan bahwa, saat jam makan malam adalah 3 jam sebelum waktu tidur, karena selain akan menyebabkan proses pencernaan yang terhambat, hal inilah yang memicu kegemukan pada seseorang. Bahkan dalam beberapa kasus orang tidak hanya mengalami gangguan pencernaan namun juga mengalami gangguan tidur karena kebiasaan makan malam yang melewati jam normal, yaitu jam 8 malam. 

Ketika kamu makan malam terlambat dari jam 8, nantinya bisa memicu berbagai macam penyakit tidak hanya pencernaan saja. Karena hal tersebut bisa memicu kualitas tidur kamu yang menjadi buruk. Selain itu kebiasaan tidur setelah makan malam yang telat bisa mendatangkan gejala asam lambung dan insomnia secara bersamaan. 

Tentunya hal ini tidak hanya mengancam diet yang gagal, tapi juga akan mengancam kesehatan kamu juga. Maka, makanlah tepat waktu dan beristirahat malam lah dengan tepat waktu juga. 

Demikian pembahasan mengenai jadwal dan pola makan yang mampu untuk menurunkan berat badan dengan baik. Dengan memperhatikan jadwal dan jam makan yang tepat, nantinya akan meningkatkan presentasi kesuksesan dalam program diet.