Monday, 17 Jun 2024

10 Minuman Khas Betawi Yang Wajib Kamu Coba

7 minutes reading
Sunday, 13 Nov 2022 22:40 0 638 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Jakarta yang menjadi sebagai ibu kota tentunya mempunyai daya tarik yang tersendiri dan salah satu yang terdapat suku yang adat dan budayanya masih kental terasa di dalam kehidupan masyarakat yaitu suku Betawi, nah untuk kamu tentunya pada saat berkunjung ke Betawi harus mencoba beberapa minuman khas Betawi yang sangat menyegarkan.

Budaya khas Betawi pastinya memiliki sajian kuliner yang sangat terkenal yang dimulai dari soto betawi, kerak telor, ketoprak dan juga yang lainnya, namun untuk sajian kuliner khas betawi ini tidak hanya merupakan makanan saja tetapi juga ada minuman khas betawi yang tidak kalah enaknya.

Dimana untuk minuman khas Betawi ini yang mungkin sudah tidak asing lagi yaitu diantaranya ada es cincau, es selendang mayang, es doger dan mungkin beberapa minuman  yang lainnya sudah pernah kamu temui, minuman khas betawi yang bisa digunakan untuk penghilang dahaga dengan rasanya yang enak dan menyegarkan sehingga banyak orang yang menyukainya.

Nah untuk kamu yang masih belum tahu atau penasaran apa saja minuman khas Betawi, maka untuk mengetahuinya kamu bisa dengan menyimak ulasannya dibawah ini.

Minuman Khas Betawi Yang Wajib Kamu Coba

Untuk penduduk asli Jakarta yaitu masyarakat Betawi dengan memiliki berbagai jenis makanan dan minuman tradisionalnya yang dapat ditemukan hingga saat ini, walaupun untuk minuman khas Betawi yang sebagian sudah langka tetapi jika kamu beruntung maka kamu masih bisa untuk menikmati minuman tersebut.

Untuk itu apa saja minuman khas Betawi yang bisa kamu cobain atau cicipi, untuk mengetahuinya yu simak penjelasannya di bawah ini yang terdapat beberapa daftar minuman khas Betawi.

Es Goyang

10 Minuman Khas Betawi Yang Wajib Kamu Coba

Es goyang menjadi minuman atau jajanan khas Betawi banyak disukai dan menjadi minuman favorit anak-anak kecil karena  memiliki rasa yang sangat nikmat, dimana es goyang ini yang bentuknya seperti es krim yang sudah ada dari zaman dulu sehingga jika kamu memakan es goyang akan terasa bernostalgia.

Untuk bahan membuat es goyang yaitu ada tepung sagu atau ketan yang akan dibuat menjadi kue atau hunkwe, santan dan juga gula, dan cara pembuatannya dilakukan dengan cara digoyang sehingga dinamakan es goyang dengan memiliki rasa manis, gurih dan pastinya menyegarkan.

Es Selendang Mayang

10 Minuman Khas Betawi Yang Wajib Kamu Coba

Es selendang mayang merupakan salah satu minuman khas Betawi dan jenis minuman ini yang dapat mengenyangkan, untuk bahan utama yang digunakan membuat es selendang mayang ini yaitu tepung beras dan juga tepung sagu dengan bentuknya kue seperti agar-agar lalu akan disiram dengan kuah santan sehingga rasanya gurih dan menyegarkan.

Untuk adonan kue dengan warna merah atau hijau seperti agar-agar akan dipotong menjadi kotak-kotak yang dipadukan dengan santannya berwarna putih sehingga es selendang mayang ini yang memiliki tampilannya yang akan membuat orang menjadi teringat dengan bentuk selendang.

Es Campur

Minuman khas Betawi selanjutnya ada es campur yang sesuai dengan namanya minuman ini yang berisikan campuran berbagai macam buah, agar-agar, es batu serut dan masih banyak lagi yang lainnya, untuk bagian jenis buah yang digunakan bebas sehingga semua jenis buah bisa digunakan dalam pembuatan minuman yang satu ini.

Pada umumnya es campur akan ditambahkan sirup sebagai pemanisnya dan minuman es campur ini untuk orang Indonesia menjadi salah satu minuman favorit, mungkin jika zaman dulu minuman ini lebih banyak dijual oleh para pedagang kaki lima namun sekarang sudah bisa kamu temukan di kedai minuman dan restoran juga.

Es Cincau

10 Minuman Khas Betawi Yang Wajib Kamu Coba

Minuman yang dari zaman dulu hingga sekarang banyak disukai oleh masyarakat Betawi yaitu ada es cincau atau cincau yang menjadi salah satu minuman khas Betawi, dimana untuk es cincau ini yang dibuat dan dihasilkan dari perasan daun cincau atau sejenis tanaman yang merambat dan hasil dari perasan daun cincau lalu akan dikentalkan.

Pada umumnya es cincau akan dicampur dengan santan, gula dan tambahkan juga es batu sehingga dengan begitu membuat es cincau memiliki rasa yang gurih, manis dan segar, untuk keberadaan es cincau ini masih bisa ditemukan dengan mudah dengan harga yang terjangkau dan bahkan kamu juga bisa mencoba membuat di rumah dengan mudah.

Tuak

Minuman khas Betawi selanjutnya ada minuman bernama tuak yang dimana tuak ini yang berupa jenis minuman  beralkohol khas nusantara, minuman tuak ini yang merupakan hasil fermentasi dari nira, beras atau bahan minuman atau buah dengan memiliki kandungan gulanya.

Ternyata tuak ini untuk keberadaannya yang mulai langka dan sulit ditemukan, untuk dulu minuman tuak yang dijual dalam wadah yang berupa bambu petung atau bambu yang memiliki ukuran besar dan hal ini yang akan menghasilkan aroma yang unik.

Es Cendol Betawi

Es cendol Betawi merupakan salah satu minuman khas Betawi dan cendol ini yang menjadi minuman khas Indonesia dan dapat dengan mudah menemukan es cendol di beberapa wilayah pulau Jawa, pada umumnya cendol yang terbuat dari tepung beras disajikan dengan es parut, gula merah cair dan juga santan sehingga membuat es cendol ini rasanya  yang manis dan gurih.

Dimana untuk es cendol yang terdapat di beberapa wilayah seperti di Sunda yang dikenal dengan sebutan cendol sedangkan di Jawa Tengah yang dikenal dengan es dawet, dan es cendol Betawi menjadi salah satu minuman manis yang banyak disukai oleh masyarakat Betawi kuno yang penyajiannya dilengkapi dengan cincau.

Bir Pletok

Mungkin pada saat kamu mendengar kata bir akan langsung terlintas jika minuman tersebut merupakan minuman beralkohol, namun sebenarnya walaupun nama minumannya bir pletok tetapi minuman ini tidak mengandung alkohol sama sekali dan bahkan minuman ini yang justru dapat meningkatkan kebugaran tubuh.

Bir pletok merupakan salah satu minuman khas Betawi yang terbuat dari rempah-rempah seperti jahe merah. serai, kapulaga, pandan alami dan juga yang lainnya, sehingga membuat minuman bir pletok ini yang memiliki banyak khasiatnya untuk tubuh karena memiliki kandungan rempah alami.

Teh

Teh merupakan salah satu minuman khas Betawi dan minuman ini yang sama seperti halnya jahe yang dimana teh bersifat internasional, zaman dahulu untuk masyarakat betawi kuno yang menyebutnya dengan istilah sahi sehingga istilah sahi ini yang selalu digunakan untuk menyebutkan upacara minum teh bersama.

Biasanya untuk tradisi minum teh gaya Betawi yang selalu dinikmati bersama dengan gula kelapa yang dimulai dengan menggigit gula kelapa kemudian menyeruput teh hangat, untuk sajian teh ala orang betawi yang biasanya lebih cenderung ringan dan tidak terlalu kental dengan rasa yang cenderung tawar.

Es Doger

Es doger merupakan salah satu minuman khas Betawi yang terkenal hingga sekarang dimana nama es doger ini yang singkatan dari dorong gerobak , hal ini karena es doger yang yang dibawa oleh para penjual yang menjajakan dagangannya menggunakan gerobak yang didorong.

Untuk isian dari es doger ini yaitu dalam satu gelasnya akan terdapat campuran ketan hitam. pacar cina, tapai singkong, serutan es batu, roti tawar, sirup merah sagu mutiara dan juga susu kental manis, sehingga rasanya yang manis dan tentunya menyegarkan dan es doger ini yang menjadi minuman favorit anak-anak hingga orang dewasa.

Kopi Jahe

Terakhir ada kopi jahe yang menjadi salah satu minuman khas Betawi dan sudah mendunia dan kopi jahe khas Betawi ini yang berbeda dengan kopi yang lainnya. dimana zaman dulu kopi jahe ini yang dianggap sebagai minuman istimewa  sehingga sering disajikan pada acara penting dan tak tentu saja.

Dimana pada saat mencoba minuman kopi jahe khas Betawi kamu yang akan merasakan kenikmatan kopi dicampur dengan jahe hangat, untuk masyarakat Betawi kopi jahe ini yang disebut dengan kopi jahe zanjabil dengan memiliki rasa yang sangat unik dan hingga sekarang minuman ini yang masih banyak dicari oleh masyarakat.

Mungkin hanya itu saja beberapa daftar minuman khas Betawi yang bisa kamu cicipi pada saat berkunjung ke Jakarta, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.