Saturday, 22 Jun 2024

5 Minuman Khas Jakarta Yang Menyegarkan

3 minutes reading
Sunday, 13 Nov 2022 22:44 0 440 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Jika membahas mengenai Nusantara sebenarnya Nusantara ini yang kaya akan ragam budaya, kesenian dan juga kulinernya yang memiliki ciri khas daerah masing-masing, salah satunya Jakarta memiliki ragam budaya, seni dan juga kulinernya yang termasuk dengan minuman khas Jakarta.

Dimana Jakarta ini yang identik dengan suku Betawi dengan kaya akan tradisi dan juga budayanya walaupun Jakarta sekarang ini sudah berubah menjadi kota metropolitan yang merupakan Ibu kota Negara Indonesia.

Namun jika mengenai budayanya dan juga tradisinya yaitu Betawi yang masih tetap terjaga hingga sekarang ini dan salah satu yang masih terjaga dan dilestarikan hingga sekarang yaitu ada kulinernya yaitu makanan dan juga minuman khas Jakarta.

Pastinya pada saat kamu berkunjung ke Jakarta ingin tahu apa saja minuman khas Jakarta yang mungkin nantinya akan kamu cicipi rasanya, untuk mengetahui daftar minumannya kamu bisa dengan simak ulasan di bawah ini.

Minuman Khas Jakarta Yang Menyegarkan

Minuman khas Jakarta terdapat beberapa minuman yang khas dengan memiliki rasa yang begitu menyegarkan yang wajib kamu coba pada saat berada di Jakarta, karena untuk minuman khas Jakarta ini yang hannya bisa kamu temui di wilayah Jakarta dan juga sekitarnya saja.

Adapun untuk beberapa daftar minuman khas Jakarta yaitu sebagai berikut:

Es Campur Betawi

Minuman Khas Jakarta Yang Menyegarkan

Es campur sebenarnya bisa diketahui dengan mudah di banyak wilayah dan salah satunya yaitu di Betawi, dimana es campur Betawi ini yang merupakan minuman khas Jakarta yang berisi dengan buah alpukat, nangka, mangga, kelapa muda dan akan dicampur dengan sirup, gula dan juga susu cair dan es campur Betawi ini yang dilengkapi dengan bubur sumsum yang membedakannya.

Es Selendang Mayang

Minuman khas Jakarta selanjutnya ada es selendang mayang sesuai dengan namanya minuman ini yang mirip dengan selendang mayang dengan memiliki rasa yang sangat menyegarkan dimana minuman yang satu ini terbuat dari campuran tepung berang dengan sagu yang kemudian dibentuk menjadi kue, kemudian akan dilumuri dengan santan dan juga gula merah sehingga rasanya yang gurih manis dan menyegarkan.

Bir Pletok

Minuman Khas Jakarta Yang Menyegarkan

Mungkin pertama kali kamu mendengar nama minuman bir pletok ini yang akan terlintas jika minuman tersebut yang mengandung alkohol, namun ternyata minuman bir pletok ini yang terbuat dari campuran rempah-rempah seperti serai, jahe dan juga daun pandan sehingga minuman ini tidak memabukkan namun malah menyehatkan untuk tubuh.

Kopi Jahe

Minuman khas Jakarta ini yaitu kopi jahe dengan memiliki cita rasa rempah yang seperti layaknya minuman bir pletok, dimana kopi jahe ini yang terbuat dari air yang hasil rebusan rempah-rempah seperti jahe, kayu manis, cengkeh, daun pandan, garda mangga, dan air rebusan rempah-rempah ini yang digunakan untuk menyeduh kopi.

Selain itu juga dilengkapi dengan susu kental manis atau gula pasir sehingga membuat minuman kopi jahe ini yang memiliki rasa nya yang kaya akan rempah-rempahnya, biasanya kopi jahe ini yang disantap pada sore atau malam hari yang dingin sehingga membuat tenggorokan dan juga perut akan terasa menjadi hangat.

Es Doger

Es Doger merupakan salah satu minuman khas Jakarta yang terakhir dan minuman ini yang termasuk ke dalam jajanan tradisional dengan mempunyai rasa yang lezat dan juga menyegarkan dan sangat cocok dimakan pada saat musim panas, dimana es doger ini yang terbuat dari bahan dasar seperti susu dan juga parutan kelapa, kemudian akan dilengkapi dengan ketan hitam, avokad, tape dan masih banyak lagi yang lainnya.

Mungkin hanya itu saja beberapa minuman khas Jakarta yang mungkin kamu cicipi pada saat berada atau berkunjung ke Ibu Kota, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.