Thursday, 20 Jun 2024

10 Makanan Khas Betawi Yang Enak dan Mudah Dibuat

5 minutes reading
Sunday, 13 Nov 2022 23:06 0 342 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Betawi selain terkenal dengan ragam budaya yang sangat unik dan sampai sekarang masih terjaga, tetapi suku Betawi juga terkenal dengan kuliner tradisionalnya yang sangat lezat nah pastinya kamu penasaran bukan apa saja makanan khas Betawi yu simak ulasan dibawah ini untuk mengetahuinya.

Betawi yang telah menghadirkan berbagai masakan kuliner yang khasnya dimana kuliner ini yang memiliki kekayaan dengan jenis makanan yang berkat hasil persilangan dari berbagai budaya yaitu seperti Portugis, Belanda, Arab dan juga Tionghoa.

Dimana jika membahas dengan kekayaan kuliner Indonesia ini yang tidak perlu dipertanyakan karena pada setiap kuliner yang dihidangkan memiliki rasa yang sangat khas, pada semua resepnya yang diturunkan dari nenek moyang dan sampai sekarang yang masih dilestarikan.

Namun tidak semua makanan tradisional tersebut masih dilestarikan dengan baik, bahkan sudah ada beberapa diantaranya makanan tersebut yang sudah sangat sulit ditemukan termasuk dengan makanan khas Betawi.

Untuk kamu yang mungkin ada niatan untuk berkunjung atau jalan-jalan ke Jakarta maka jangan lupa untuk mencoba mencicipi beberapa makanan khas Betawi, untuk daftar makanannya kamu bisa mengetahuinya dengan menyimak ulasan di bawah ini.

Makanan Khas Betawi Yang Enak dan Mudah Dibuat

Budaya Betawi sendiri yang sangat beragam dimana tidak hanya dari seni seperti tarian dan juga silat tetapi juga terkenal akan kulinernya, untuk makanan khas Betawi ini yang biasanya rasanya yang gurih diantaranya seperti nasi uduk betawi, kerak telor dan bahkan masih banyak lagi yang lainnya.

Penasaran bukan apa saja makanan khas Betawi yang mungkin bisa kamu coba dan cicipi pada saat berkunjung ke Betawi, maka untuk itu bisa dengan simak dibawah ini beberapa rekomendasi makanan khas Betawi yang populer yaitu sebagai berikut:

Kerak Telor

10 Makanan Khas Betawi Yang Enak dan Mudah Dibuat

Makanan khas Betawi yang paling terkenal yaitu ada kerak telor, dimana sesuai dengan namanya makanan ini yang terbuat dari telur ayam atau bebek yang dimasak sampai setengah matang dan nantinya akan dibalikan dan dibiarkan sampai matang dan juga berkerak.

Untuk bahan lainnya yang digunakan selain telur yaitu diantaranya ada beras ketan putih, kelapa sangrai, serundeng dan juga bawang goreng dan makanan ini memiliki rasa yang gurih dan lezat tentunya, jika kamu berkunjung ke Jakarta jangan lupa untuk mencoba makanan kerak telor.

Gado-Gado

10 Makanan Khas Betawi Yang Enak dan Mudah Dibuat

Makanan gado-gado ini yang dalam bahasa Betawinya mempunyai arti yaitu “campur aduk” dan makanan ini merupakan salah satu makanan khas Betawi yang sangat terkenal di masyarakat, dimana sesuai dengan namanya gado-gado terbuat dari beberapa jenis sayuran yang dilengkapi dengan tahu, tempe, kentang dna juga telur kemudian akan disirami dengan bumbu kacang serta ditaburi dengan kerupuk.

Asinan Betawi

10 Makanan Khas Betawi Yang Enak dan Mudah Dibuat

Untuk kamu yang suka dengan sayuran maka kamu wajib untuk mencoba asinan Betawi yang merupakan salah satu makanan khas Betawi dengan rasa yang asam dan segar, dimana makanan asinan Betawi ini yang terdiri dari sayuran berupa tauge, kol, sawi, tahu selada, tahu putih dan juga akan ditaburi dengan kacang tanah, kemudian adonan tersebut yang akan disiram dengan kuah cuka, cabai dan juga ditaburi kerupuk mie yang memiliki warna kuning.

Soto Betawi

Soto Betawi merupakan salah satu makanan khas Betawi dan ini menjadi salah satu soto yang sangat terkenal serta dengan rasanya yang enak sehingga banyak digemari oleh orang, dimana makanan soto Betawi ini yang berisikan daging sapi dilengkapi dengan jeroan dari sapi atau ayam dengan disirami kuah santan sehingga memiliki rasa yang gurih dengan daging yang kenyal.

Sayur Besan

10 Makanan Khas Betawi Yang Enak dan Mudah Dibuat

Makanan khas Betawi selanjutnya ada makanan yang sering ditemukan di acara besar seperti pernikahan yaitu sayur besan yang melambangkan kekeluargaan, dimana makanan sayur besan ini yang merupakan bentuk penghormatan kepada mereka yang sudah menjadi keluarga baru dalam hubungan pernikahan.

Bubur Ase

Bubur ase ini yang berbeda dengan bubur yang biasanya dimana untuk bubur ase ini merupakan bubur spesial dan tidak tersedia di banyak tempat, untuk bubur ase ini yang dihidangkan dalam keadaan sudah dingin dengan memiliki warna yang lebih gelap karena menggunakan semur daging dan makanan khas Betawi ini juga akan dilengkapi dengan tauge, kacang dna juga kentang sehingga rasanya semakin nikmat.

Semur Jengkol

Untuk para pecinta jengkol wajib mencoba makanan yang satu ini yaitu semur jengkol dengan memiliki aroma yang sangat khas dimasak dengan menggunakan berbagai bumbu sehingga makanan ini menjadi sangat enak, biasanya semur jengkol ini yang akan dimakan dengan dilengkapi nasi uduk atau nasi putih.

Semur jengkol merupakan salah satu makanan khas Betawi yang memiliki aroma yang khas dan mungkin bisa membuat dua opini yaitu dimana untuk para pecinta jengkol semur jengkol ini yang sangat enak tetapi jika untuk kamu yang tidak suka dengan aromanya mungkin akan mengatakan jika semur jengkol ini yang terlalu menyengat.

Roti Buaya

Roti buaya dipercaya sebagai lambang kesetiaan yang merupakan makanan khas Betawi dengan sesuai namanya roti ini yang berbentuk buaya dan pada umumnya memiliki panjang sekitar 50 cm, dimana roti buaya ini yang menjadi salah satu makan yang sangat penting keberadaannya dalam acara sakral adat Betawi seperti lamaran atau pernikahan dan biasanya roti buaya ini yang dibawakan oleh pengantin pria kepada pengantin wanita.

Pecak Lele

Untuk para pecinta lele kamu bisa mencoba memakan pecak lele pada saat berkunjung ke Jakarta dimana pecak lele ini yang menjadi makanan khas Betawi dengan pengolahannya yang berbeda dengan biasanya, pecak lele ini yang akan disiram dengan menggunakan kuah pecak terbuat dari saus kacang, santan dan juga asam jawa sehingga menghasilkan rasa makanan khas Betawi yang sangat unik.

Nasi Ulam

Makanan khas Betawi terakhir ada nasi ulam yang  memiliki rasa yang gurih ditambah dengan campuran serai, lengkuas dan juga daun salam, selain itu juga nasi ulam ini yang akan ditaburi dengan bumbu tabur yang merupakan hasil gerusan bawang merah, cabai, jintan, terasi dan juga ketumbar dan makanan ini yang enak dimakan pada saat masih hangat.

Mungkin hanya itu saja beberapa makanan khas Betawi yang mungkin bisa kamu cicipi pada saat berkunjung atau liburan ke Jakarta, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.