Thursday, 18 Jul 2024

8 Penyakit Akibat Diet Yang Salah dan Berlebihan

6 minutes reading
Monday, 11 Sep 2023 17:00 0 228 Muti Karya

Nesiaverse.com – Diet merupakan salah satu cara yang populer untuk membantu menurunkan berat badan, namun akibat diet yang salah dan berlebihan kamu dapat terkena penyakit tertentu. Dalam menjalani program diet kamu tidak boleh menjalankannya secara sembarangan, karena ada beberapa jenis diet yang masuk kategori ketat hingga ekstrem untuk dilakukan. 

Melakukan program diet yang salah dan berlebihan akan berdampak negatif bagi kesehatan. Selain kamu akan kekurangan nutrisi ancaman dan risiko terjadinya gangguan keseimbangan makan dan tubuh, sehingga dapat memicu penyakit tertentu. Maka kamu harus memperhatikan sebelum melakukan program diet tertentu, untuk menghindari berbagai ancaman penyakit akibat diet yang salah. 

Penyakit Akibat Diet Yang Salah dan Berlebihan

Penyakit Akibat Diet Yang Salah dan Berlebihan

Untuk memiliki tubuh yang ideal, kamu harus menjaga keseimbanagan berta abdan agars tabil. Selain itu salah satu upaya yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan berat badan yang ideal adalah dengan melakukan program diet. Namun, terkadang seseorang lebih memilih cara yang instan atau cepat, salah satunya dengan memiliki metode diet yang salah dan kurang tepat. 

Dimana ketika mau menjalankan program diet yang salah akan berdampak buruk bagi kesehatan. Nantinya dapat menimbulkan berbagai penyakit tertentu. Sehingga kamu harus lebih berhati-hati lagi ketika akan menjalankan program diet tertentu. Nah, berikut kami sudah merangkum berbagai macam penyakit akibat program atau metode diet yang salah dan berlebihan. 

Anoreksia

Pertama, penyakit akibat menjalankan program diet yang salah dan berlebihan adalah anoreksia. Anoreksia merupakan salah satu penyakit berupa gangguan makan, dimana ditandai dengan gejala dan penolakan untuk mempertahankan berat badan yang sehat. Selain itu timbul rasa takut yang berlebihan ketika mengalami peningkatan berat badan, akibat pencitraan diri yang dinilai menyimpang.

Penyakit satu ini disebut sebagai salah satu penyakit atau gangguan psikologis, yang mana dapat timbul karena terlalu terobsesi ingin memiliki badan yang kurus. Hal ini terjadi akibat ia melakukan berbagai macam cara untuk mendapatkan tubuh yang kurus. Nantinya, ketika kamu melakukan diet yang ketat dan ekstrim dapat menyebabkan anoreksia dan tidak hanya merusak tubuh saja, namun berdampak bagi kesehatan psikologis kamu juga. 

Sarcopenia

Selanjutnya bagi kamu yang menjalani program diet yang salah dan berlebihan, kamu memiliki resiko terkena sarcopenia. Sarcopenia merupakan salah satu penyakit akibat diet yang salah dan ketata. Nantinya kondisi inilah yang akan membuat kamu mengalami sarcopenia atau kehilangan otot pada tubuh. 

Hal ini kerap kali terjadi dan dikarenakan tubuh terlalu kelaparan dan kamu tidak mengonsumsi makanan yang cukup setiap harinya. Tubuh kamu akan menggunakan otot untuk untuk mendapatkan energi bagi tubuh, sehingga hal ini merupakan salah satu risiko yang cukup parah. 

Lemah Jantung

Penyakit lainnya adalah lemah jantung. Seseorang yang tengah menjalani program diet, kamu harus berhati-hati apalagi jika memiliki riwayat penyakit kardiovaskular. Penyakit lemah jantung ini umumnya terjadi pada usia remaja hingga dewasa yang menjalani program diet. Hal ini terjadi umumnya jika kamu melakukan program diet tinggi protein.

Sehingga diet tinggi protein ini akan membuka jalan bagi pengembangan atau peningkatan kadar kolesterol jahat yang tinggi dalam sistem kardiovaskular. Maka, kamu harus berhati-hati menjalani program diet dan lihatlah kemampuan atau kondisi kesehatan kamu baik secara medis maupuns ecara psikis. 

Malnutrisi

Malnutrisi adalah penyakit yang dapat terjadi akibat kekurangan nutrisi . Hal ini sangat memungkinkan bagi kamu yang tengah menjalani program diet yang salah dan dilakukan secara berlebihan atau ekstrim. Maka, untuk menghindari terjadinya malnutrisi kamu dianjurkan untuk tetap memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, bahkan ketika kamu menjalani program diet. Hindarilah jenis atau metode diet yang akan mengancam tubuh kekurangan nutrisi harian yang dibutuhkan. 

Bulimia

Bulimia adalah gangguan makan yang ditandai dengan kecenderungan untuk memuntahkan kembali makanan yang sebelumnya sudah dimakan. Bulimia tidak berbeda jauh dengan anoreksia. Penyakit satu ini merupakan salah satu penyakit gangguan mental yang sangat berbahaya, karena berpotensi untuk mengancam nyawa penderitanya. 

Bulimia bisa terjadi karena kamu melakukan program diet yang salah dan tidak tepat. Sehingga dapat memicu penyakit bulimia dan menyebabkan kamu terancam baik dari segi kesehatan fisik maupun mental. Bahkan dalam beberapa kasus dapat menyebabkan kematian.

Diare

Diare merupakan tahap awal yang umumnya terjadi ketika kamu melakukan program diet yang tidak sehat. Karena diet yang ketat atau ekstrim itu akan membuat kamu mengunagai asupan atau makanan harian dalam jumlah yang drastis. Hal ini akan membuat sistem pencernaan aan kaget dan belum bisa beradaptasi dengan gaya makan dalam program diet yang kamu jalankan. 

Nantinya sistem pencernaan akan kaget dengan kondisi yang berubah drastis. Sehingga akan membuang semua yang dikonsumsi tanpa melakukan penyerapan dari makanan dan menjadikannya sumber energi. Diet yang tidak sehat ini juga akan menyebabkan diare jangka panjang yang memicu dehidrasi dalam satu waktu. 

Sembelit

Sembelit merupakan kondisi dimana seseorang mengalami permasalahan dalam buang air besar. Hal ini dapat terjadi ketika kamu melakukan program diet yang ketat dan ekstrim dalam waktu yang singkat. Ketika kamu mengubah menu dan memebatsi asupan makanans etiap harinya secara dratsis, tubuh akn kaget. 

Selain itu ketika kurangnya asupan serat dalam tubuh, hal ini dapat memicu kotoran akan mengalami pengerasan di usus. Sehingga ketika terjadi pengerasan tubuh akan mengalami kesulitan untuk mengeluarkan zat sisa atau kotoran tersebut. Kamu yang mengkonsumsi jenis obat-obatan yang dapat menurunkan berat badan secara instan juga akan mengalami eprmasalahn satu ini. 

Depresi

Melakukan program diet yang salah dan berlebihan akan menimbulkan penyakit depresi akibat diet ekstrem. Dimana kamu akan mengalami mood yang tidak terjaga, kamu akan mudah tersinggung, seringkali melontarkan kata-kata yang negatif bahkan dalam beberapa kondisi dapat menyebabkan kamu melakukan kegiatan yang dapat menyakiti diri sendiri. 

Penyakit mental satu ini akan berdampak pada kesehatan fisik juga Kamu akan memiliki pikiran yang tidak terkontrol. Bahkan cenderung melayang pada hal-hal negatif yang akan mengganggu aktivitas sehingga mengancam keselamatan kamu. 

Badan Tidak Bertenaga

Akibat diet yang salah dan berlebihan kamu akan mengalami kondisi badan yang seringkali lemak dan tidak bertenaga. Hal ini dikarenakan kamu kekurangan asupan kalori harian dalam jumlah yang sangat besar. Seperti yang kita ketahui bahwa kebutuhan asupan kalori harian itu mulai dari 1.500 hingga 2500 kalori setiap harinya. 

Sehingga jika kamu tidak memenuhi kebutuhan inti nutrisi harian, akan memicu tubuh lemas. Karena tidak ada zat yang masuk ke dalam tubuh untuk diolah dan dipecah menjadi sumber energi bagi tubuh. Maka, penting untuk memastikan segala asupan dan nutrisi harian selama masa diet berjalan dengan baik. 

Demikian pembahasan mengenai beberapa penyakit yang bermunculan akibat program diet yang salah dan berlebihan. Lakukanlah program diet yang baik dan benar, dimana kamu akan tetap mengalami penurunan berat badan tanpa harus ketakutan mengalami akibat diet yang salah. Banyak sekali program diet yang baik dan sehat dan memiliki hasil yang baik, kamu hanya perlu konsisten saja menjalaninya.