Thursday, 18 Jul 2024

Cara Menurunkan Berat Badan Yang Sulit Turun

7 minutes reading
Monday, 11 Sep 2023 15:48 0 103 Muti Karya

Nesiaverse.com – Ada berbagai cara untuk menurunkan berat badan, bahkan bagi yang sulit turun. Kamu memerlukan perencanaan yang baik dan program, yang sesuai ditambah disiplin menjalaninya yang baik. Sehingga proses penurunan berat badan ideal yang kamu harapkan bisa tercapai dengan baik. Selain itu kamu bisa mendapatkan kesehatan tubuh yang menjadi bonus tambahan.

Naik atau turunnya berat badan seseorang bergantung pada jumlah kalori yang dikonsumsi dan jumlah kalori yang harus dibakar oleh tubuh ketika kamu menjalani aktivitas harian. Asupan kalori yang berlebihan setiap harinya dan jumlah aktivitas fisik atau olahraga yang tidak rutin dapat membuat peningkatan berat badan secara drastis. Hal ini dikarenakan jumlah kalori tidak terpakai dan nantinya akan disimpan dalam bentuk lemak dalam tubuh. 

Cara Menurunkan Berat Badan Yang Sulit Turun 

Cara Menurunkan Berat Badan Yang Sulit Turun

Bagi kamu yang memiliki gangguan berat badan atau kelebihan berat badan satu-satunya cara yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan program diet. Yang mana diet ini akan bekerja untuk membantu menurunkan berat badan secara optimal. Bagi kamu yang sulit mengalami berat badan turun secara drastis maka membutuhkan cara menurunkan berat badan yang tepat. 

Sebenarnya kunci utama yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi berat badan adalah dari pola makan yang sedah, serta kemampuan untuk mengendalikan asupan kalori harian. Kedua hal tersebut merupakan kunci utama yang harus kamu kuasai. Kemudian aktivitas fisik seperti olahraga merupakan salah satu hal pendukung yang bekerja secara maksimal. Dengan begitu akan mudah bagi kamu untuk mendapatkan berat badan ideal yang diinginkan. 

Selain itu kamu harus memperhatikan dan menyusun perubahan gaya hidup dan kebiasaan makan menjadi lebih baik lagi. Sehingga dengan memperbaiki pola hidup serta pola makan akan bekerja dengan baik untuk membantu menurunkan berat badan. Berikut beberapa cara yang dapat membantu untuk menurunkan berat badan yang sulit turun. Sehingga dapat membantumu mencapai berat badan ideal yang diharapkan.

Menentukan Berat Badan

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan menentukan target berat badan yang ingin kamu capai. Dengan membuat target penurunan berat badan secara bertahap dimana akan terjadi pengurangan sebanyak 0,5 hingga 1 kg setiap minggunya, atau 2 hingga 4 kg perbulannya. 

Dengan menentukan target berat badan ideal yang ingin kamu capai, akan membantu kamu dapat menjalankan program secara konsisten. Sehingga kamu dapat mencapainya dan bertahan lama dalam menjalani program satu ini. Dengan cara satu ini dapat membantu kamu untuk menghindari berbagai gangguan kesehatan akibat target yang terlalu ekstrim dalam waktu yang singkat. Dampak buruknya menyebabkan kamu mengalami diare, konstipasi hingga malnutrisi. 

Menerapkan Pola Makan Teratur

Berikutnya, kamu harus mulai mengubah pola makan kamu, pola makan yang teratur dapat membantu untuk menurunkan berat badan secara optimal. Kamu dapat membiasakan makan teratur sebanyak 3 kali dalam sehari, diwaktu yang sama. Selain itu kamu dapat mengkonsumsi camilan sehat di sela-sela jam makan kamu. Pastikan porsinya sesuai. 

Memperbanyak Konsumsi Buah dan Sayuran

Cara untuk menurunkan berat badan yang sulit lainnya adalah asupan makanan buah dan sayuran. Kamu harus mengonsumsi sayuran dan buah-buahan, dimana terdapat banyak kandungan vitamin, serat dan mineral. Namun, buah dan sayuran memiliki jumlah kalori yang sangat kecil. 

Dengan begitu mengonsumsi buah dan sayuran menjadi salah satu cara yang dapat kamu andalkan dalam menu diet untuk menurunkan berat badan yang sulit turun. Karena selain kandungan serat dan nutrisi didalamnya, akan membantu meningkatkan kesehatan tubuh secara optimal, apalagi jika menjadi kebiasaan rutin yang baik.

Mengonsumsi Makanan Tinggi Protein

Ketika kamu menjalankan program diet, harus memperhatikan asupan sumber protein dalam tubuh. Makanan sumber protein yang baik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan adalah jenis makanan seperti telur, ikan, daging tanpa lemak , kacang hingga produk olahan susu rendah lemak. Hal ini dikarenakan kandungan protein dalam sebuah makanan akan memberikan efek kenyang yang jauh lebih lama. 

Memperbanyak Konsumsi Air Putih

Ketika kamu menjalani program diet, asupan cairan atau air putih harus sangat diperhatikan. Minum air putih sebelum makan dapat membantu kamu untuk menahan nafsu makan yang berlebihan dan dapat memicu kenaikan berat badan yang tidak terkontrol. 

Sehingga selain memenuhi kebutuhan cairan tubuh harian, mengkonsumsi air putih diwaktu yang tepat akan membantu untuk menahan nafsu makan berlebih. Kamu dianjurkan untuk minimal mengkonsumsi air putih sebanyak 2 liter dalam sehari, atau setara dengan 8 hingga 10 gelas. Pastikan air yang kamu konsumsi dalam suhu normal. 

Memiliki Waktu Tidur Yang Cukup

Hal yangs elalu dilupakan adalah wkatu tidur ketika menjalankan program diet. Ketika kamu lelah, maka tidak akan memiliki tenaga yang cukup hal ini bisa dikarenakan kamu juga memiliki kualitas dan waktu tidur yang tidak cukup. Sehingga akan membuat kamu enggan melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga.

Kurangnya istirahat atau waktu tidur akan berdampak pada proses penurunan berat badan yang terhambat. Selain itu dapat memicu meningkatkan produksi hormon ghrelin yang mana hormon satu ini akan meningkatkan nafsu makan dan lapar yang berlebih. Sehingga jika terjadi pada waktu malam hari, dapat menimbulkan risiko peningkatan berat badan dengan cepat. Kamu disarankan memiliki waktu tidur yang cukup yaitu 7 hingga 9 jam setiap harinya. 

Menghindari Minuman Manis

Ada jenis minuman yang harus kamu hindari, hal ini merupakan salah satu cara untuk menurunkan berat badan yang sulit turun. Minuman manis memiliki kandungan kalori yang sangat tinggi, sehingga rentan menyebabkan peningkatan berat badan seseorang.

Jika kamu ingin mengonsumsi minuman manis, maka kamu dapat mengkonsumsi alternatif sehat lainnya adalah minuman dengan gula stevia atau lebih baik mengkonsumsi jus buah tanpa campuran gula di dalamnya. Selain memiliki rasa manis yang alami, nutrisi dan serat dalam buah justru akan mendukung proses penurunan berat badan dengan baik. 

Aktivitas Olahraga Yang Rutin

Salah satu cara menurunkan berat badan yang tidak boleh kamu lewatkan adalah aktivitas olahraga yang dilakukan secara rutin. Kamu dianjurkan untuk melakukan kegiatan olahraga yang baik seperti bersepeda, berenang, hingga hingga angkat beban. Jenis olahraga tersebut dapat membantu proses penurunan berat badan dengan baik. 

Olahraga penting untuk membantu meningkatkan metabolisme tubuh, dengan begitu proses penurunan berat badan akan bekerja secara maksimal. Namun, jika kamu memiliki kendala atau kondisi medis tertentu, maka sebaiknya untuk konsultasikan ke dokter atau ahlinya terlebih dahulu. Hal ini guna mendapatkan rekomendasi jenis olahraga yang aman untuk dilakukan berdasarkan kondisi medis yang kamu alami. 

Mengelola Stres

Kondisi mental merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan juga ketika kamu menjalani program diet. Ketika kamu tidak dapat mengelola stres hal ini akan berdampak pada produksi hormon kortisol yang tinggi. Hormon kortisol sendiri dapat meningkatan nafsu makan seseorang. Sehingga tidak heran seseorang yang stress cenderung banyak mengkonsumsi makanan hingga cemilan. 

Hal ini tentunya tidak baik, karena akan membuat program diet kamu semakin sulit dijalani dan gagal terus-menerus. Maka, mulailah dengan memperbaiki kondisi psikis kamu. Ketika kamu mulai merasakan stress, lakukanlah kegiatan meditasi dan teknik relaksasi lainnya. Hal ini bekerja secara efektif untuk menurunkan tingkat stress dengan mudah.

Konsumsi Makanan Tinggi Karbohidrat

Terakhir, kamu disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks yang tinggi. Namun, kamu harus membatasi konsumsi karbohidrat yang sederhana dalam jenis makanan yang memiliki kandungan gula dan tepung. Misalnya kue kering, roti hingga mie instan. Kamu disarankan untuk mengkonsumsi sumber karbohidrat kompleks yang kaya akan kandungan serat.

Sumber karbohidrat kompleks yang kaya akan kandungan serat ini bisa kamu dapatkan dari nasi merah, pisang hingga roti gandum. Kamu bisa mendapatkan manfaat dari makanan tinggi karbohidrat ini karena efek kenyang yang membuat kamu tahan lebih lama dalam menjalani program diet.

Demikian ulasan mengenai beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan yang sulit turun. Dengan memperhatikan beberapa cara atau tips di atas, maka proses penurunan berat badan yang mulanya sulit akan teratasi. Sehingga proses penurunan berat badan ke angka ideal yang kamu dambakan bisa tercapai dengan baik.