Monday, 17 Jun 2024

10 Pantangan Diet Mayo Yang Harus Kamu Hindari

7 minutes reading
Monday, 11 Sep 2023 15:49 0 87 Muti Karya

Nesiaverse.com – Dalam menjalani program diet mayo, kamu harus mengetahui pantangan dan jenis anjuran makanan atau tips yang akan mendukung program dietnya bekerja secara optimal. Metode diet mayo sendiri memang cukup sulit dilakukan oleh para pemula, karena diet satu ini tergolong sebagai diet yang cukup ketat bahkan masuk kategori diet yang ekstrim bagi sebagian orang. 

Dalam menjalani diet mato ini, kamu dapat menurunkan berat badan dengan cepat. Karena nantinya kamu akan memangkas konsumsi dan asupan garam dan gula dalam menu makanan diet sehari-hari. Namun, manfaat dari diet mayo sendiri memang sangat nyata, karena kamu bisa mengalami penurunan berat badan dengan cepat.

Pantangan Diet Mayo Yang Harus Kamu Hindari

Pantangan Diet Mayo Yang Harus Kamu Hindari

Dalam metode diet mayo, kamu akan berfokus pada perubahan kebiasaan hidup yang sebelum tidak sehat dengan kebiasaan yang jauh lebih sehat. Yang mana kebiasaan satu ini akan mendukung proses penurunan berat badan dengan cepat. Diet mayo sendiri merupakan program diet yang berasal dari mayo clinic. Yang mana diet ini adalah program pengelolaan berat badan dalam jangka yang panjang dan dirancang oleh tim ahli mereka. Mayo Clinic adalah salah satu sistem rumah sakit di Amerika Serikat. 

Diet ayo bekerja dengan dasar piramida mayo clinic yang seimbang. Dimana nantinya kamu diajak berfokus untuk membuat pilihan makanan yang jauh lebih baik, dengan memperkirakan porsi makanan dan untuk dapat terlibat dalam aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin.

Jika kebanyakan program atau metode diet akan berfokus untuk menurunkan berat badan dengan memperhatikan jumlah asupan dr segi kalori dan lemak, maka diet mayo berbeda. Diet mayo memiliki piramida berat badan yang sehat, piramida inilah yang akan membantu kamu membuat pilihan porsi dan makanan yang sehat dan lebih cerdas. 

Sehingga dengan adanya piramida tersebut kamu dapat memilih jenis asupan atau makanan yang sehat. Jadi, jika kamu mengonsumsi lebih banyak jenis makanan yang ada di dasar piramida, maka hanya sedikit jenis makanan yang terdapat di puncak piramida. Sehingga hasilnya, kamu bisa kenyang dengan jenis makanan yang sehat dan rendah kalori tersebut untuk menurunkan berat badan dengan cepat. 

Dalam menjalankan program diet mayo, kamu harus memperhatikan beberapa pantangannya. Hal ini menjadi salah satu hal yang harus kamu ketahui dan dijadikan perhatian demi kelancaran program diet yang kamu jalani. Berikut kami sudah merangkum beberapa jenis pantangan dalam melakukan program diet mayo. 

Nasi Putih

Pantangan diet mayo pertama yang harus kamu hindari adalah nasi putih. Nasi putih adalah jenis makanan pokok masyarakat di Indonesia. Banyak sekali masyarakat yang mengatakan bahwa ketika kamu belum bertemu atau makan nasi, sama saja kamu belum makan. Meskipun seharian sudah mengonsumsi berbagai jenis cemilan. 

Nasi putih memiliki kandungan karbohidrat yang akan diubah menjadi gula dalam tubuh. Kandungan gula ini akan digunakan sebagai sumber energi, namun dalam beberapa kasus, kandungan gula inilah yang dapat menyebabkan penumpukan lemak, hingga seseorang mengalami obesitas.

Nasi putih yang memiliki kandungan gula ini dapat menyebabkan seseorang mengalami diabetes melitus. Sehingga dalam menjalani program diet mayo ini kamu diajak mengganti konsumsi nasi sebagai sumber karbohidrat dengan sumber atau alternatif lainnya. Kamu dapat mengonsumsi kentang, gandum, beras merah, umbi-umbian dan masih banyak lainnya. 

Gorengan

Pantangan diet mayo lainnya yang harus kamu hindari adalah mengonsumsi gorengan. Seperti yang kita ketahui, gorengan merupakan salah satu jenis makanan yang diminati banyak orang. Gorengan merupakan jenis makanan yang sangat cocok dikonsumsi baik sebagai camilan hingga lauk makan. Bahkan gorengan memiliki harga yang ramah di kantong masyarakat. 

Gorengan ini memiliki banyak jenisnya, mulai dari gorengan manis dan gorengan asin. Gorengan menjadi pantangan dalam diet mayo karena kandungan kolesterol atau minyak di dalamnya. Dimana kamu bisa mendapatkan 13,6 kalori dari lemak mrni semnetara 177 kalori dalam 1 buah gorengan. 

Makanan Cepat Saji atau Junk Food

Makanan cepat saji atau instan memang memiliki rasa yang cenderung enak. Makanan cepat saji atau junk food merupakan salah satu jenis makanan yang tidak memiliki kandungan nutrisi yang baik sedikitpun. Justru memiliki kandungan lemak yang tinggi, sehingga dapat menyebabkan seseorang memiliki penyakit diabetes.

Dalam mengkonsumsi makanan cepat saji, kamu tidak dapat mengatur jenis bumbu yang digunakan. Sehingga kadar garam, MSG serta minyak di dalamnya bisa berlebihan atau sangat berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan. Bukannya penurunan berat badan kamu yang tercapai, malah kamu bisa mendapatkan berat badan yang meningkat. Sehingga perlu memperhatikan jenis makanan yang diolah dan hindarilah junk food maupun makanan cepat saji. 

Gula

Pantangan lainnya dalam program diet mayo adalah kamu harus menghindari makanan manis yang mengandung gula. Gula memang dibutuhkan oleh tubuh, namun jika mengkonsumsinya dari sumber yang salah dan merupakan salah satu gula yang tidak sehat tentunya kamu tidak perlu mengkonsumsinya. Hal ini terkait dengan gula yang dapat menyebabkan penyakit tertentu timbul.

Salah satu dampak yang bisa terjadi karena konsumsi gula ketika menjalani program diet adalah obesitas, kegemukan, gigi ebrubang, penyakit diabetes, penyakit gula hingga tekanan darah tinggi. Banyak sekali efek negatif yang menyebabkan diet kamu gagal, salah satunya adalah gula. Sehingag perhatikanlah asupan gula harian kamu. 

Daging

Daging adalah salah satu sumber protein yang baik bagi tubuh. Namun, ketika kamu menjalani program diet mayo, kamu harus menghindarinya. Hal ini dikarenakan daging memiliki kdnangan protein dan zat pembagung tubuh. Daging memiliki kandungan banyak protein dan zat yang mmapu untuk memebangu tubuh hewan.

Apalagi jika kamu mengonsumsi daging di alam jumlah yang besar dan dagingnya yang belum matang. Hal ini dapat menyebabkan kamu mengalami obesitas atau gangguan pencernaan nantinya. Sehingga perhatikan konsumsi dalam diet mayo dengan baik dan benar. 

Mie Instan

Pantangan tersulit dalam menjalani program diet mayo adalah mie instan. Mie merupakan salah satu makanan instan yang paling diminati masyarakat Indonesia. Sehingga keberadaan dari mie ini harus kamu pangkas selama menjalani program diet mayo ini. 

Mie merupakan makanan instan yang tentunya memiliki kandungan pengawet. Jika kamu mengkonsumsinya secara terus menerus akan membuat perut kamu cepat buncit dan adanya lipatan. Dalam beberapa kasus menyebabkan obesitas hingga diabetes. Tentunya kamu tidak ingin hal ini terjadi bukan ?

Martabak

Martabak adalah salah satu jenis makanan yang kerap kali dicari khususnya pada malam hari, guna untuk mengganjal perut. Namun, faktanya dalam satu potong martabak saja memiliki jumlah lemak, gula dan kalori yang sangat tinggi. Sehingga mengkonsumsi martabak ketika kamu menjalani program diet mayo merupakan tindakan yang salah. Karena nantinya program diet kamu akan gagal karena mengkonsumsi makanan tersebut. 

Donat

Donat merupakan jenis makanan yang kaya akan toping keju dan coklat. Camilan satu ini memiliki rasa yang sangat enak, namun tidaklah bijak mengkonsumsinya ketika menjalani program diet. Aplaagi jika kamu mengonsumsinya dimalam hari. Kandungan gula yang tinggi dalam donat disertai kalori, lemak dan gula lah yang membuatnya mengalami kegagalan dari program diet. 

Minuman Bersoda

Tidak hanya makanan saja, namun ada jenis minuman yang menjadi pantangan, yaitu minuman bersoda. Hal ini dikarenakan minuman bersoda memiliki kandungan kalori, lemak dan gula yang tinggi. Sehingga jika kamu mengonsumsi soda secara berlebihan akan menimbulkan berbagai gangguan kesehatan. Misalnya gigi yang rusak, ginjal yang terganggu kerjanya, obesitas atau kelebihan berat badan, diabetes, meningkatkan produksi urine. 

Susu Tinggi Lemak

Terakhir, kamu harus menghindari konsumsi susu tinggi lemak. Susu tinggi lemak ini tidak cocok dikonsumsi ketika kamu menjalani program diet mayo. Karena akan membuat lemak di dalamnya menumpuk pada tubuh, khususnya area perut. Selain itu kadar gula yang tinggi pada susu tinggi lemak juga dapat membuka penyumbatan pada aliran darah. Jika kamu ingin mengonsumsi susu, maka konsumsilah susu rendah lemak.

Demikian pembahasan mengenai beberapa jenis pantangan dalam melakukan program diet mayo. Dengan mengetahui pantangan diet mayo, maka akan mempermudah kamu menjalani aktivitas diet bahkan di tempat baru sekalipun.