Saturday, 22 Jun 2024

Penyebab Ketombe dan Rambut Rontok

4 minutes reading
Friday, 7 Oct 2022 11:51 0 188 Riswan Suandi

Nesiaverse.com – Ternyata masih banyak masyarakat yang belum mengetahui dengan penyebab ketombe dan rambut rontok, padahal untuk kamu yang sedang mengalami masalah pada rambut hal ini menjadi salah satu hal yang penting perlu kamu ketahui untuk itu kamu bisa dengan menyimak ulasan di bawah ini.

Terdapat beberapa masalah rambut yang sering dialami oleh kebanyakan orang baik itu perempuan maupun laki-laki dan dan masalah rambut yang dapat mengganggu penampilan yaitu rambut yang berketombe dan rambut rontok.

Dimana untuk ketombe sendiri yang merupakan salah satu kondisi kepala kronis yang umumnya ditandai dengan mengelupasnya kulit kepala yaitu serpihan kulit yang warnanya putih dan keabu-abuan yang menempel pada rambut dan jatuh pada area bahu.

Pada saat mengalami rambut berketombe biasanya rambut yang akan terlihat kusam dan gatal pada area kulit kepala, dan juga dengan rambut rontok yang dimakan terdapat beberapa helai rambut yang dapat rontok dan jika kedua masalah ini tidak diatasi maka akan menjadi parah.

Sehingga agar terhindari dari masalah rambut berketombe dan juga rambut rontok kamu perlu mengetahui dan mengenali penyebab nya, untuk itu kamu bisa dengan menyimak ulasan di bawah ini.

Penyebab Ketombe dan Rambut Rontok

Penyebab Ketombe dan Rambut Rontok

Dimana untuk ketombe yang ditandai dengan munculnya rasa gatal dan juga serpihan yang berwarna putih keabu-abuan yang ada di kulit kepala, dan jika ketombe yang tidak tertangani dengan baik yang bisa menyebabkan rambut yang menjadi rontok.

Sehingga dengan begitu agar ketombe dan juga rambut rontok bisa teratasi, maka di bawah ini ada beberapa penyebab ketombe dan rambut rontok yang perlu kamu ketahui yaitu sebagai berikut:

Penyebab Ketombe

Untuk ketombe yang muncul bisa disebabkan karena beberapa faktor, berikut beberapa penyebabnya yaitu sebagai berikut:

Mencuci Rambut yang Tidak Bersih

Pada saat kamu mencuci rambut tetapi tidak bersih yang bisa menyebabkan munculnya ketombe karena kurang bersih pada saat membilas sampo, selain itu juga mungkin karena terlalu sering mencuci rambut sehingga dengan begitu menyebabkan sel kulit mati dan penumpukan kotoran pada rambut.

Kulit Kering

Dengan memiliki kondisi kulit kepala yang kerang yang menjadi salah satu penyebab munculnya ketombe di rambut, untuk kulit yang kering disebabkan karena tubuh dehidrasi atau kekurangan cairan dan sehingga dengan begitu menjadi sel kulit mati di kulit kepala mengelupas dan bisa mengakibatkan peradangan serta gatal-gatal.

Dermatitis Seboroik

Penyebab adanya ketombe yang bisa disebabkan karena penyakit dermatitis seboroik, dimana penyakit dermatitis seboroik ini yang merupakan salah satu masalah peradangan pada kulit kepala dan biasanya kondisi ini yang bisa menyebabkan karena kulit kepala yang kering, kemerahan dan juga ketombe.

Dermatitis Kontak

Dermatitis kontak yang menjadi penyebab munculnya ketombe dimakan dermatitis kontak ini yang merupakan peradangan pada kulit akibat paparan zat tertentu yang bisa menyebabkan reaksi alergi atau iritasi, sehingga menyebabkan kulit kepala yang terlalu sensitif dan muncul ketombe.

Malassezia sp

Penyebab munculnya ketombe selanjutnya yaitu malassezia yang dimana kondisi ini disebabkan karena terdapat jamur yang hidupnya di kulit  kepala, biasanya jamur tersebut akan tumbuh pada kulit kepala yang memiliki kondisi kulit kepala yang sangat lembab sehingga kulit yang mengalami peradangan dan membuat kulit menjadi bersisik.

Penyebab Rambut Rontok

Selanjutnya untuk kamu yang mengalami masalah pada rambut dan menjadi rontok maka segera untuk mengetahui penyebabnya sehingga bisa mengatasinya dengan mudah, di bawah ini ada beberapa penyebab rambut menjadi rontok yaitu diantaranya:

Hipotiroidisme

Penyebab rambut rontok yang pertama yaitu disebabkan karena hipotiroidisme, penyakit hipotiroidisme ini yang terjadi karena kondisi tubuh yang kekurangan hormon tiroid dengan memiliki fungsi untuk menyuplai oksigen pada rambut.

Alopecia Areata

Alopecia Areata adalah kerontokan rambut yang disebabkan oleh penyakit autoimun, dengan penyakit alopecia areata ini yang dimana dapat menyebabkan adanya peradangan yang sangat berpengaruh terhadap dengan pertumbuhan folikel rambut tersebut.

Stres

Penyebab rambut rontok yang paling umum yaitu stres dimana jika kamu terlalu stres maka nantinya folikel rambut akan beristirahat dan menjadi rambut akan rontok serta mengalami penipisan, rambut rontok ini yang disebabkan dengan telogen effluvium sehingga dengan begitu alangkah lebih baiknya untuk menenangkan pikiran kamu.

Diet Ketat

Untuk penyebab rambut rontok yang selanjutnya yaitu karena  diet yang terlalu ketat,karena jika melakukan diet dengan ketat yang dapat menyebabkan rambut menjadi kekurangan nutrisi seperti asam lemak esensial, protein, zinc, dan juga zat besi yang memiliki fungsi untuk pembentukan keratin rambut.

Pasca Melahirkan

Setelah 3 bulan pasca kelahiran yang biasanya rambut pada perempuan yang dapat mengalami kerontokan, hal ini yang disebabkan karena pada saat pasca kelahiran yang akan mengalami perubahan hormon sehingga dapat berpengaruh pada pertumbuhan rambut.

Mungkin hanya itu saja beberapa penyebab ketombe dan rambut rontok yang bisa kamu ketahui setelah kamu mengetahui penyebabnya maka kamu bisa mengatasinya dengan mudah, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.