Thursday, 20 Jun 2024

Lauk Pauk Untuk Penderita Asam Lambung

3 minutes reading
Friday, 7 Oct 2022 06:56 0 190 Riswan Suandi

Nesiaverse.com – Dalam mengatur lauk pauk untuk penderita asam lambung yang menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk pengobatan, dimakan untuk penyakit asam lambung sering dialami oleh banyak banyak dimulai dari remaja hingga orang tua.

Untuk tanda gejala yang memiliki penyakit asam lambung yang bisa ditandai dengan rasa panas di dada, perut kembung penuh gas dan juga pahit di tenggorokan, hal ini yang akan terjadi jika terdapat aliran balik asam dari lambung ke tenggorokan atau bahkan bisa menyebabkan komplikasi.

Penyebab asam lambung yang naik disebabkan karena katup kerongkongan bawah atau LES yang rusak atau melemah, dimana LES ini yang berfungsi untuk menutup dan mencegah makanan yang ada di dalam perut naik kembali ke kerongkongan.

Selain itu juga dengan makanan yang dikonsumsi yang dapat mempengaruhi jumlah asam yang diproduksi di dalam perut dan makanan tersebut yang menjadi faktor utama terjadinya asam lambung yang meningkat.

Sehingga dengan begitu untuk yang memiliki riwayat penyakit asam lambung perlu memperhatikan makan atau minuman yang akan dimakan, sehingga untuk itu kamu bisa dengan menyimak ulasan dibawah ini mengenai lauk pauk untuk penderita asam lambung.

Lauk Pauk Untuk Penderita Asam Lambung

Lauk Pauk Untuk Penderita Asam Lambung

Dimana untuk pengidap penyakit asam lambung ini bisa diminimalisir dengan menjalani pola hidup sehat dan sesuai seperti menja berat badan ideal , makan dengan porsi kecil namun harus sering, jangan mengkonsumsi yang bersifat asam, hindari mengkonsumsi alkohol dan juga masih banyak lagi yang lainnya.

Salah satu untuk menurunkan atau meringankan penyakit asam lambung yang dimulai dengan mengubah pola makan dengan baik dan juga termasuk menjaga kadar asam dalam tubuh, untuk itu berikut beberapa lauk pauk yang bisa dikonsumsi untuk penderita asam lambung.

Makanan Rendah Lemak

Untuk pengidap penyakit asam lambung kamu bisa mengkonsumsi lauk pauk atau daging tanpa lemak seperti kalkun, ikan, ayam dna juga makanan laut  yang bisa mengurangi gejala refluks, untuk penderita asam lambung yang tidak boleh atau tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak yang tinggi.

Hal tersebut  yang disebabkan karenakan untuk makanan yang mengandung lemak yang tinggi yang akan menambah produksi asam yang jauh lebih banyak, untuk makanan yang mengandung lemak yang tinggi akan cenderung bertahan lebih lama di dalam lambung dan mengakibatkan otot bagian bawah esofagus yang mulai rileks hingga terjadi asam lambung.

Sayuran Hijau

Lauk pauk untuk penderita asam lambung yang selanjutnya yaitu sayuran hijau, dimana sayuran yang secara alami mengandung kadar gula dan juga lemak yang rendah, sehingga dengan begitu akan membantu menurunkan asam lambung yang naik adapun untuk sayuran hijau yang bisa dikonsumsi yaitu:

  • Kangkung
  • Timun
  • Kembang kol
  • Brokoli
  • Asparagus
  • Kacang hijau
  • Bayam

Buah-buahan

Untuk buah-buahan yang memiliki kandungan alkali atau bersifat basa yang akan membantu untuk menurunkan asam lambung, dengan cara melapisi lapisan esofagus yang teriritasi dibawah ini ada beberapa buah-buah yang termasuk ke dalam kategori non acidic yaitu sebagai berikut:

  • Pepaya
  • Pisang
  • Apel
  • Pir
  • Melon

Mungkin hanya itu saja beberapa lauk pauk untuk penderita asam lambung yang perlu kamu ketahui, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.