Monday, 15 Apr 2024

8 Penyebab Lemas di Pagi Hari

6 minutes reading
Thursday, 4 Jan 2024 04:12 0 104 Muti Karya

Nesiaverse.com – Kondisi lemas di pagi hari memiliki beragam faktor penyebab. Badan yang terasa lemas di pagi hari ini umumnya memang bukanlah berasal dari masalah medis yang serius, namun tentunya perlu kamu waspadai juga. 

Karena ternyata terdapat beberapa faktor dan masalah kesehatan yang bisa membuat kondisi badan kamu menjadi lemak, khususnya di pagi hari. 

Alih-alih tubuh merasa sehat, justru ketika bangun tidur badan terasa lemas saja merupakan salah satu kondisi yang nantinya akan mengganggu aktivitas setelahnya.

Kemudian, kenapa bisa kondisi tersebut terjadi dan upaya apa yang bisa dilakukan agar tubuh selalu segar setelah kamu bangun tidur di pagi hari.

Untuk mengetahui informasi lengkapnya, kamu dapat menyimak ulasan berikut ini. 

Penyebab Lemas di Pagi Hari 

Penyebab Lemas di Pagi Hari

Tidur merupakan salah satu aktivitas yang dilakukan manusia untuk mengembalikan kembali stamina tubuh sekaligus mengistirahatkan nya.

Dimana nantinya ketika bangun tubuh akan kembali berenergi, namun bagaimana jika justru setelah bangun tidur di pagi hari kamu malah merasa lemas? 

Seperti halnya telepon seluler yang butuh diisi ulang guna mengembalikan daya baterainya, begitupun dengan tubuh manusia yang butuh di charge dan beristirahat. 

Karena itu, tidur sangatlah penting bagi kesehatan seseorang. Bahkan tidak jarang orang yang mengalami kelelahan dan kurang tidur mengalami penurunan sistem imunitas juga. 

Ketiak kamu akan tidur, pastinya kamu mengharapkan mendapatkan kualitas tidur yang baik dan kondisi tubuh yang jauh lebih sehat di pagi harinya. 

Namun, memang tidak jarang seseorang justru merasa badan lemas setelah bangun tidur di pagi hari. 

Sebagian orang berpikir hal tersebut dipicu karena waktu istirahat yang kurang, namun nyatanya banyak sekali faktor penyebabnya dan tidak hanya karena kurang waktu tidur saja. 

Hal yang disepelekan ini perlu diperhatikan, karena salah satu faktor penyebabnya bisa saja karena gangguan kesehatan hingga kebiasaan buruk yang berpengaruh terhadap kualitas tidur. 

Nah, berikut beberapa faktor penyebab kondisi tubuh lemas ketika bangun di pagi hari, yang bisa menjadi salah satu faktor pemicu yang harus diwaspadai. 

Stres

Faktor penyebab bangun lemas di pagi hari adalah kondisi stres. Ketika kamu memikirkan terlalu banyak hal di malam hari, hal ini akan membuat otak kamu terus bekerja. 

Hal itulah yang dapat memicu terjadinya perubahan suasana hati, sehingga nantinya keinginan untuk tidur mulai teralihkan. 

Sehingga akan berujung menjadi beban yang terbawa hingga alam bawah saja, dan tidak jarang membuat kamu mengalami kesulitan untuk tidur. 

Pun setelah kamu tidur, beban pikiran tersebut dapat memicu berbagai macam mimpi yang buruk dan membuat kamu sering terbangun. Sehingga kualitas tidur kamu akan terganggu. 

Dengan begitu, kamu akan terganggu waktu dan kualitas istirahat di malam hari, sehingga tidak heran saat bangun di pagi hari kondisi kamu dalam keadaan yang lelah bahkan bisa memiliki mood yang buruk. 

Kualitas Tidur yang Buruk

Ketika kamu memiliki kualitas tidur yang buruk, maka tentunya akan mengganggu waktu tidur kamu dan seringkali terbangun, 

Ketika kamu sering tebangun karena kualitas tidur yang buruk, maka seluruh organ di dalam tubuh juga tidak dapat beristirahat dengan baik. 

Alhasil, hal tersebut menjadi salah satu pemicu yang menyebabkan tubuh kamu dalam kondisi lemas di pagi harinya. Bahkan menurunkan kualitas tidur ini bisa dipengaruhi karena mimpi buruk. 

Biasanya, setelah kamu mendapatkan mimpi buruk, maka kamua kan terbnagun di pertengahan wkatu tidur, bahkan hal ini akan membuat kamu membutuhkan waktu yang lama untuk kembali tidur. 

Kecemasan atau Kegelisahan

Faktor yang menyebabkan seseorang mengalami gangguan tidur atau bangun dalam kondisi lemas di pagi hari bisa karena kecemasan atau kegelisahan. 

Rasa cemas dan gelisah ini menjadi salah satu penyebab badan lemas saat bangun tidur.

Misalnya saja, ketika rasa gelisah ini muncul akibat mimpi buruk maka kamu akan terbangun dan kondisi jantung yang berdebar-debar. 

Nanti, pada akhirnya mimpi buruk tersebut dapat membuat tubuh kamu dalam kondisi atau keadaan yang lelah, Kamu juga akan merasa tidak cukup beristirahat. 

Meskipun durasi tidur kamu ideal dan sudah tercukupi, namun kualitas tidur kamu buruk maka tubuh akan tetapi dalam keadaan yang lemas di pagi harinya. 

Konsumsi Kafein Berlebihan

Jika kamu mengonsumsi kafein dalam jumlah yang banyak, khususnya menuju waktu sore atau malam hari maka ini faktor pemicu kamu lemas di pagi hari. 

Minuman yang memiliki kandungan kafein seperti kopi, teh dan energy drink merupakan salah satu hal yang dapat membuat kamu terjaga ketika akan tidur. Tentunya hal tersebut mengganggu rutinitas dan waktu istirahat kamu yang seharusnya.

Selain itu kopi dan teh memiliki sifat diuretik, sehingga akan membuat kamu menjadi lebih sering buang air kecil hingga mengalami dehidrasi. 

Sehingga, kopi dan teh merupakan salah satu faktor pemicu dimana kamu mengalami kekurangan cairan di dalam tubuh.

Konsumsi Makanan Berat Sebelum Tidur 

Faktor penyebab tubuh kamu lemas di pagi hari lainnya adalah ketika mengonsumsi makanan berat sesaat sebelum waktu tidur. 

Memang banyak sekali cara-cara penting yang dilakukan pada malam hari. 

Namun, jika kamu harus mengontrol porsi makan agar membuat tubuh bekerja sama hanya untuk mencerna makanan.

Jika tubuh bekerja keras untuk mencerna makanan, maka secara otomatis organ dalam juga tidak akan beristirahat.

Tekanan Darah rendah

 Berikutnya, jika tubuh mulai terasa lelah ketika bangun tidur, hal ini kerap kali diderita oleh penderita tekanan darah atau hipertensi

Tekanan darah ini umumnya dirasakan oleh pihak wanita, karena tekanan darah rendah akan mengganggu sistem sirkulasi oksigen. Maka, kamu harus berhati-hati.

Anemia

Faktor penyebab lemas di pagi hari adalah anemia. Anemia merupakan kondisi dimana seseorang kekurangan kadar hemoglobin.

 Baik penderita tekanan darah rendah atau anemia, seseorang dapat mengalami rasa lemas tiap kali bangun tidur di pagi harinya. 

Hemoglobin merupakan senyawa yang terdapat di dalam sel darah merah dan bertugas untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. 

Sehingga jika kadarnya di dalam darah kurang, maka hal ini dapat memicu rasa lelah ketika bangun tidur sekalipun. 

Hipoglikemia

Memiliki kadar gula darah yang tinggi sangatlah berbahaya, namun hal ini juga berlaku bagi seseorang yang memiliki kadar gula darah yang rendah. 

Sebab, tidak hanya menyebabkan tubuh terasa lemas di pagi hari ketika bangun tidur, namun seseorang bisa kehilangan kesadaran atau pingsan. 

Glukosa ini sangat diperlukan sebagai salah satu sumber energi bagi tubuh. Sehingga tubuh dapat menjalankan fungsi berbagai organ, sel dalam beraktivitas dan sistemnya. 

Namun, jika kadar glukosa dalam tubuh sangatlah rendah, maka tubuh juga dapat terasa lelah hingga pingsan karena tetap bekerja tanpa energi. 

Demikian pembahasan mengenai beberapa penyebab tubuh lemas ketika bangun di pagi hari. Dengan begitu, nantinya kamu bisa lebih memperhatikan dan waspada dalam kondisi tubuh.