Wednesday, 17 Jul 2024

Kenapa Kucing Tidur Terus dan Lemas, Apakah Sakit?

6 minutes reading
Saturday, 26 Aug 2023 18:24 0 137 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Kenapa kucing tidur terus dan lemas, apakah sakit? Sangat khawatir ketika melihatnya seperti itu, tapi tidak tau apa penyebabnya. Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mengetahui terkait kenapa kucing tidur terus dan lemas.

Kucing memang selalu melakukan tingkah yang tidak pernah kamu duga-duga, begitupun dengan perilaku setiap harinya yang pasti saja memperlihatkan banyak kebiasaan berbeda-beda. Salah satunya si kucing terkadang suka tiba-tiba tidur terus dan terlihat lemas.

Kamu sering bertanya-tanya apakah si kucing sedang sakit atau tidak? Kenapa terlihat begitu lemas dan hanya terbaring tidur saja. Tapi, disisi lain si kucing terlihat biasa saja tidak terlihat sedang sakit dan makan juga teratur seperti biasa, sebenarnya apa alasan atau penyebabnya.

Lalu kenapa kucing tidur terus dan lemas, apakah sedang sakit? Nah, disini akan memberikan beberapa penjelasan tentang penyebab kenapa kucing kamu bisa seperti itu, agar kamu bisa mengetahui kondisi si kucing dengan baik. Jadi simaklah penjelasannya di bawah ini dengan seksama!

Kenapa Kucing Tidur Terus dan Lemas, Apakah Sakit?

Kenapa Kucing Tidur Terus dan Lemas, Apakah Sakit?

Sebelum itu ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui dulu nih, mengenai fakta-fakta seputar kucing. Siapa tau kamu belum mengetahui fakta soal kucing yang sering tidur terus atau terlihat lemas itu kenapa? Jangan langsung asal menyimpulkan bahwa si kucing sedang sakit.

Kucing Merupakan hewan yang dapat merasakan emosi manusia, jadi ketika si pemilik sedang merasa sedih, sakit, dan senang, ternyata kucing juga bisa merasakan apa yang sedang kamu rasakan. Makanya kucing akan berperilaku seperti apa yang kamu sedang rasakan.

Contohnya ketika kamu sedang sakit, kucing pun dapat merasakan itu sehingga membuat si kucing ikut-ikutan merasa sakit juga terlihat lemas dan tidur terus sebagaimana halnya yang kamu tunjukkan atau terlihat oleh si kucing. Itu adalah salah satu alasan kucing terlihat lemas.

Selain itu apakah kamu juga tau? Bahwa fakta menarik tentang kucing ini adalah 70% hidupnya hanya untuk tidur. Jadi kucing banyak menghabiskan waktu selama mereka hidup ini hanya untuk tertidur, makanya jangan aneh lagi kalau kucing kamu banyak tidur bukan sakit.

Namun, walau begitu ada juga beberapa penyebab lainnya yang membuat kucing tidur terus dan terlihat lemas yang mungkin penyebabnya bukan seperti hal tersebut melainkan karena ada suatu masalah yang lebih serius. Berikut beberapa penyebabnya, diantaranya adalah:

Sedang Merasa Stress

Kucing itu ada sama halnya seperti manusia juga, yang bisa merasakan atau memiliki emosi atau emosional dimana mereka dapat merasa sedih, senang, marah, dan merasa tidak nyaman. Sehingga kucing juga bisa mengalami gangguan mental, lho! Termasuk bisa merasakan stress.

Kucing yang sedang mengalami stress atau bahkan depresi, akan membuat mereka merasa lemas, tidak bergairah, dan kesehariannya hanya tidur serta mengurung diri atau mengisolasi diri lebih memilih untuk menyendiri dari pada berbaur dengan lingkungan sekitarnya.

Penyebab dari kucing stress bisa dari faktor lingkungan, faktor cuaca, dan faktor hormon yang dimana mereka merasa gelisah, galau, stress akibat kondisi tertentu. Maka dari itu usahakan untuk tidak membuat kucing stress, berikan tempat yang nyaman untuknya dan tidak bising.

Terlalu Kecapean

Salah satu alasan yang paling umum terjadi mengapa kucing merasa lemas dan ingin tidur terus adalah terlalu kecapean. Sama halnya seperti kamu yang merasa lelah, capek habis kerja seharian, pastinya di otak itu pengen rebahan, tidur, karena tenaga terkuras habis, begitupun dengan kucing.

Kucing akan merasa kelelahan ketika mereka telah melakukan banyak aktifitas di luar rumah maupun di dalam rumah, seperti menghabiskan waktu untuk bermain, lari-larian, pokoknya sangat hiperaktif sekali dan bersemangat ketika mereka bermain bersama kucing lainnya atau saat main sama kamu.

Berada Dalam Fase Mau Melahirkan

Fakta menarik lagi soal kucing adalah mereka akan cenderung lebih memilih tertidur seharian ketika akan mendekati masa persalinan atau menuju masa melahirkan. Sering kali melihat kucing yang sedang hamil, terus lama kemudian tiba-tiba mereka jadi tertidur terus seharian.

Hal itu dilakukan si kucing untuk mengumpulkan energi dan memendam rasa kecemasannya ketika sebentar lagi mau melahirkan biar gak stress dan kuat, jadi si kucing akan tertidur terus. Kalau kucing seperti ini ketika memasuki usia kehamilan akhir, jangan mengganggunya.

Biarkan si kucing beristirahat untuk mengumpulkan tenaga guna persiapan melahirkan, supaya tidak lemas dan bertenaga untuk menjalani proses persalinannya sampai akhir. Karena mereka membutuhkan waktu yang lama juga selama proses melahirkan atau persalinannya.

Kekurangan Nutrisi atau Malnutrisi

Kucing yang tidak terawat atau tidak mendapatkan asupan makanan guna untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya, tentu saja akan menyebabkan si kucing lemas tidak bertenaga dan hanya bisa terbaring tidur di tempatnya. Karena mereka tidak mendapatkan makanan yang cukup.

Hal itu menyebabkan si kucing mengalami malnutrisi atau kekurangan nutrisi serta gizi, sehingga membuatnya terlihat seperti itu. Jika dibiarkan terus menerus lama-lama kucing akan mati kelaparan dan kekurangan nutrisi atau gizi yang membuatnya menjadi kurus kering.

Sakit Anemia

Anemia merupakan penyakit yang dimana si pengidapnya kekurangan sel darah merah atau darah rendah dan menyebabkan tubuhnya lemas tidak dapat beraktivitas lama-lama. Nah, jika kucing kamu mengalami anemia, tentu saja kucing akan terlihat lemas dan tertidur terus.

Maka dari itu usahakan untuk memberikan makanan yang cukup untuknya dan seimbang, mulai dari asupan proteinnya, zinc, zat besi, vitamin serta mineral yang cukup. Kamu juga bisa berikan kucing makan kuning telur rebus, saat si kucing mengalami anemia untuk merangsang sel darah merah.

Kucing Nocturnal

Kucing memang bukan termasuk ke dalam kategori hewan nokturnal, tapi ada beberapa kucing yang mengalami hal seperti ini juga yang di mana mereka akan tertidur terus di siang hari dan terlihat lemas di siang hari namun, ketika malam hari mereka akan lebih aktif dan tidak tidur.

Jadilah kucing yang seperti ini itu disebut dengan kucing nocturnal. Mungkin kalo buat manusia sendiri sebutannya itu dengan bergadang, atau ada istilah medisnya insomnia. Insomnia sendiri merupakan suatu penyakit susah tidur di malam hari atau bahkan tidak tidur.

Sehingga pengidap penyakit ini akan kesulitan untuk tidur dengan benar dan akhirnya membuat mereka merasa lemas karena kurang tidur. Nah, bagaimana dengan kucing? Apakah bisa insomnia juga? Jawabannya adalah bisa. Kucing juga bisa mengalami hal serupa.

Itulah beberapa alasan atau penyebab kenapa kucing tidur terus dan lemas, mungkin perlu untuk kamu ketahui agar dapat mengatasinya dengan baik serta mengetahui kondisi si kucing. Pastikan selalu mengecek keadaan si kucing, ketika menunjukkan gejala-gejala mencurigakan.

Jika kucing kamu terlihat terus menerus seperti itu dalam waktu yang lama dan mengidap penyakit yang cukup serius, segeralah membawanya ke dokter hewan supaya ditangani dan di obati sampai pulih kembali dan sehat kembali seperti biasa. Good Luck semoga membantu.