Thursday, 18 Jul 2024

9 Penyebab Susah Tidur dan Gelisah

7 minutes reading
Monday, 18 Sep 2023 05:22 0 213 Muti Karya

Nesiaverse.com – Bagi kamu yang memiliki permasalahan susah tidur dan gelisah, maka wajib mengetahui penyebab yang memicu gangguan tidur tersebut. Tentunya hal ini sangatlah mengganggu, dimana kamu akan merasa kelelahan pada keesokan harinya. Karena akan memiliki pengaruh yang besar terhadap aktivitas harian kamu. Jika dibiarkan secara terus menerus, kebiasaan satu ini akan mengancam dna berbahaya bagi kesehatan tubuh kamu dalam jangka panjang. 

Sebagian besar kasus insomnia ini dapat disembuhkan dengan mulai merubah beberapa kebiasaan buruk yang menjadi penyebab atau pemicunya. Maka, penting untuk mengetahui berbagai penyebab yang memicunya. Dengan begitu kamu dapat mulai merencanakan pola hidup yang lebih baik sehingga dapat mengembalikan kualitas tidur dan menghindari kondisi sulit tidur hingga mengalami kegelisahan berlebihan. 

Penyebab Susah Tidur dan Gelisah

Penyebab Susah Tidur dan Gelisah

Seseorang yang mengalami kondisi gelisah dan susah tidur mendekati waktu malam, memiliki banyak faktor atau penyebab. Kamu dianjurkan untuk mengetahui penyebabnya terlebih dahulu, hal inilah yang akan membantu untuk mencari solusinya. Kemudian menjadi suatu hal mutlak yang diperlukan ketika kamu ingin mendapatkan waktu dan kualitas tidur yang cukup.

Gangguan dan kesulitan tidur dimalam hari ini disebut dengan istilah insomnia, yang menang dapat mengganggu segala usia, dari mulai anak-anak , remaja hingga dewasa. Efek dari insomnia ini akan menimbulkan rasa tidak nyaman, dan memiliki potensi sebagai salah satu penyebab kesehatan yang menurun dan mengakibatkan kamu memiliki risiko terjangkit beberapa penyakit yang berbahasa. 

Untuk mengatasi permasalahan gangguan tidur karena gelisah dan insomnia, kamu perlu mengetahui berbagai jenis penyebabnya. Sehingga dapat menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi berbagai faktor atau penyebab susah tidur dan rasa gelisah menjelang waktu istirahat. 

Berikut kami sudah merangkum beberapa faktor penyebab susah tidur dan gelisah pada malam hari. 

Khawatir

Penyebab pertama sebagai faktor penyebab susah tidur dan gelisah adalah karena rasa khawatir. Tanpa kamu sadari kerap kali rasa khawatir ini akan muncul dan mengganggu pikiranmu, sehingga dapat membuat kamu terjaga semalaman penuh. Ada banyak sekali penyebab seseorang mengalami kekhawatiran satu ini, dan muncul pemikiran ” sudah jam berapa sekarang?” kemudian tanpa kamu sadari bahwa orang-orang sudah tidur dan lelap. 

Hal inilah yang akan membuat kamu secara terus menerus melirik arah jam, dan menjadi penyebab insomnia yang berbahaya. Karena akan menyebabkan kamu untuk tidak fokus dan terus-terusan khawatir karena tidak kunjung tidur. Khawatir ini memang merupakan salah satu kondisi yang sebenarnya dapat kamu atasi dengan membiasakan pergi tidur diwaktu yang sama secara rutin. 

Gelisah

Gelisah sendiri merupakan salah satu faktor utama yang membuat kamu kesulitan untuk pergi tidur. Kamu tidak bisa terlelap dengan cepat seperti biasanya, hal inilah yang menjadi salah satu penyebab utama kamu suit tidur. Kamu akan mendapatkan posisi tidur yang tidak nyaman nantinya. 

Gelisah ini bisa dikarenakan kondisi pikiran kamu yang terlalu penuh dan merupakan salah satu tingkat lanjut dari rasa khawatir. Kamu harus memaksakan diri untuk terlelap dalam jangka waktu 15 menit. Jika kamu tidak mengalami kemajuan seperti timbulnya rasa kantuk, maka mulai atasi dengan melakukan kegiatan yang dapat mendukung kamu merasa rileks dan kembali ke ranjang tidurmu. 

Cahaya Terang

Cahaya merupakan salah satu penyebab yang sering menjadi pemicu kamu sudah tidur dan gelisah kemudian berujung dengan insomnia. Karena sinar ini akan merangsang otak, dan kamu akan mengalami kesulitan sehingga sensorik dalam tubuh tidak dapat rileks, berujung pada kamu yang akan mengalami kesulitan untuk pergi tidur di waktu yang seharusnya kamu sudah terlelap ke alam mimpi. 

Cahaya terang ini bisa dapat berasal dari alat elektronik, misalnya ponsel atau tablet. Selain itu cahaya terang dari lampu juga dapat menjadi salah satu penyebabnya. Alangkah baiknya lagi jika kamu tidur dalam keadaan temaram atau minim akan sumber cahaya, khususnya cahaya biru. 

Suara Bising

Faktor penyebab kamu sudah tidur adalah polusi suara, suara yang bising menuju waktu tidur ini akan menyebabkan kamu mengalami gangguan tidur. Polusi udara juga yang akan mengganggu sistem pendengaran sehingga menstimulasi otak untuk sulit mengirimkan perintah untuk tidur. Karena suara bising akan mengganggu kamu untuk merasakan rileks menuju waktu tidur. 

Suara bising ini bisa berbagai macam hal sumbernya, baik itu suara dari TV, radio hingga keadaan dimana orang yang berbicara terlalu keras. Namun, umumnya suara bising yang sangat mengganggu ini datang dari peralatan elektronik hingga kebisingan kendaraan di luar, misalnya posisi rumah kamu yang kebetulan di pinggir jalan, dimana kendaraan bella lalang. 

Jam Tidur Tidak Teratur

Kebiasan buruk yang menjadi salah satu penyebab kamu susah tidur dna mengalami gelisah berlebih adalah jam tidur yang tidak teratur. Kebiasaan tidur yang tidak tepat waktu ini akan menyebabkan jam biologis tubuh mengalami kekacauan. Karena nantinya tubuh kamu akan mengalami kesulitan mendeteksi waktu tidur. 

Ketika kamu seharusnya sudah tidur, namun mata kamu masih dalam keadaan segar dan melotot. Hal ini akan membingungkan jam biologis yang membuat kamu mengalami kesulitan tidur bahkan memicu rasa gelisah hingga over thinking dalam jangka waktu yang lama. 

Konsumsi Minuman Berkafein

Kamu tidak dilarang untuk mengkonsumsi minuman berkafein seperti kopi. Namun jika kamu adalah seseorang yang memiliki gangguan waktu tidur dan kegelisahan maka, hindarilah konsumsi minuman satu ini. Seperti yang diketahui bahwa kafein adalah salah satu zat yang terkandung dalam kopi. 

Kandungan kafein inilah yang akan membuat tubuh kamu dan akan membuat kamu berjaga ketika malam hari. Selain itu zat yang bersifat diuretik ini akan menyebabkan kamu terbangun di malam hari, hanya untuk membuang air kecil. Oleh karena itu, tentunya hal ini akan mengganggu kualitas dan waktu tidur kamu. 

Kualitas Baju Tidur Yang Tidak Baik

Hal lainnya yang harus kamu perhatikan adalah kualitas baju yang kamu gunakan ketika akan tidur. Ketika kamu menggunakan pakaian tidur yang tidak tepat, dimana kamu tidak merasa nyaman ketika tidur maka hindarilah penggunaannya. Pakain yang membuat kamu tidak nyaman itu menjadi salah satu penyebab gangguan kamu kesulitan untuk pergi tidur. 

Hindarilah penggunaan kain atau pakaian yang tebal dan memiliki bahan yang panas, hindari juga penggunaan baju tidur yang kasar dan ketat. Hal inilah yang dapat mengganggu kualitas tidur kamu, sehingga akan mengalami gangguan dan kesulitan ketika akan pergi tidur. 

Kurangnya Aktivitas Olahraga 

Berikutnya aktivitas olahraga yang kurang merupakan salah satu penyebab seseorang mengalami kondisi susah tidur dan gelisah. Hal ini menjadi salah satu penyebab insomnia selanjutnya. Nah, untuk mengatasinya kamu dianjurkan untuk mulai terbiasa dengan melakukan aktivitas olahraga secara teratur. Hanya saja kamu harus menghindari intensitas jenis olahraga menuju waktu tidur. 

Bila waktu olahraga kamu hanya saat sepulang kerja, maka batasi waktu olahraga hingga 2 jam saja. Berolahraga terlalu dekat dengan jam tidur dapat menginterupsi kualitas tidur, hal ini dikarenakan hormon adrenalin kamu pasca olahraga masih aktif dengan baik. Tentunya dapat menyebabkan kamu kesulitan untuk tertidur di malam hari. Sehingga perhatikanlah jadwal dan jam aktivitas olahraga yang kamu lakukan. 

Kekenyangan

Kekenyangan merupakan salah satu penyebab seseorang kesulitan untuk pergi tidur pada waktunya. Hal ini dikarenakan nantinya tubuh akan merasa bengah, dan menyebabkan kamu untuk rileks menuju waktu tidur. Maka, kamu disarankan untuk menghindari mengonsumsi jenis makanan berat sebelum waktu tidur. 

Mengkonsumsi makanan berat menuju waktu tidur juga akan memicu terjadinya gangguan pada sistem pencernaan, dimana kamu akan terancam resiko terkena penyakit obesitas dan diabetes tipe 2. Tubuh membutuhkan waktu 2 hingga 3 jam untuk mencerna makanan, sehingga jika kamu mengonsumsi makanan berat menuju waktu tidur tidak hanya mengganggu aktivitas kamu tidur, namun sistem pencernaan juga. 

Demikian pembahasan mengenai beberapa faktor penyebab seseorang mengalami gangguan susah tidur dan timbulnya rasa gelisah berlebihan. Dengan mengetahui berbagai penyebab diatas, maka kamu dapat mencari solusi berdasarkan pada penyebabnya.

Dengan begitu akan mudah bagi kamu untuk mendapatkan kembali kualitas dan kuantitas kamu tidur yang baik. Kemudian aktivitas dan produktivitas kamu akan meningkat. Memastikan jam biologis tubuh bekerja sebagaimana mestinya merupakan hal utama yang akan meningkatkan kualitas tidur dan tubuh yang sehat.