Monday, 15 Apr 2024

Cara Mengatasi Susah Tidur Karena Asam Lambung

6 minutes reading
Saturday, 22 Jul 2023 17:43 0 90 Muti Karya

Nesiaverse.com – Jika kamu memiliki gangguan susah tidur karena asam lambung naik, maka kamu membutuhkan cara mengatasi gangguan tersebut. Seseorang yang memiliki keluhan asam lambung yang kerap kali kambuh pada jam malam. Tentunya akan mengganggu kualitas tidur, bahkan hingga mengalami insomnia. Jika dibiarkan maka hal ini bisa menimbulkan banyak gangguan lainnya. 

Penyakit asam lambung mampu menurunkan kualitas tidur penderitanya. Sehingga dapat menyebab mereka akan mengalami gangguan susah tidur, yang dikarenakan gejalanya kambuh khususnya pada malam hari. Kondisi ini dapat mengancam kesehatan seseorang dalam jangka panjang, sehingga harus segera diatasi. Asam lambung dan gangguan tidur juga memiliki hubungan timbal balik, dimana ketika kamu terus-terusan mengalami gangguan tidur maka dapat memicu asam lambung, pun sebaliknya. 

Cara Mengatasi Susah Tidur Karena Asam Lambung

Cara Mengatasi Susah Tidur Karena Asam Lambung

Gastroesophageal reflux disease atau GERD merupakan kondisi yang kronis dimana asam lambung bocor, sehingga naik hingga ke saluran esofagus atau kerongkongan. Ketika asam lambung ini naik dapat menimbulkan banyak efek, salah satunya adalah menyebabkan iritasi yang cukup parah. Gejala ini bisa berlangsung berhari-hari dalam seminggu. 

Asam lambung bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, umumnya penderita GERD atau asam lambung memiliki gangguan tidur hingga insomnia. Dikutip dari National Sleep Foundation atau NSF, GERD merupakan penyebab utama terjadinya gangguan tidur, pada orang dewasa dengan rentan usia 45 tahun hingga 64 tahun. Hal ini dikarenakan gejala yang ditimbulkan ketika sma lambung naik seperti heartburn akan membuat seseorang kesulitan untuk tidur atau sekedar berbaring di malam hari. 

Dengan begitu, penting untuk mengetahui cara mengatasi gangguan susah tidur yang dipicu karena asam lambung. Sehingga dapat meredakan gejala asam lambung dengan cepat dan menghindari terjadinya gangguan aktivitas harian karena permasalahan tersebut. 

Berikut beberapa cara untuk mengatasi susah tidur karena asam lambung yang naik. 

Menggunakan Bantuan Bantal Badan

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan bantal besar yang dirancang khusus bagi penderita GERD atau asam lambung. Bantal ini memiliki bentuk menyerupai tanjakan. Hal ini guna menopang setengah badan bagi penderita asam lambung. Sehingga mampu mengatasi masalah gangguan tidur karena asam lambung naik. 

Sebab dengan menggunakan bantal badan yang didesain khusus dengan permukaannya yang miring, dapat menciptakan ketahanan terhadap aliran asam. Nantinya asam lambung tidak akan menjalar ke rongga esofagus, karena posisi kepala yang lebih tinggi. Menggunakan bantal badan juga dapat memberikan batasan posisi tidur sekaligus menghindari aktivitas atau posisi yang dapat memberikan tekanan pada perut secara langsung. Karena hal tersebut dapat memicu gejala asam lambung dan refluks. 

Menaikkan Salah Satu Sisi Tempat Tidur

Berikutnya kamu bisa mencoba cara untuk menaikan bagian kepala tempat tidur , guna untuk membantu mengurangi asam lambung masuk atau naik kembali ke tenggorokan. Dengan menggunakan penyangga ini akan memberikan efek yang nyana. Kamu dapat menggunakan penyangganya pada bagian leher ke kepala, cara ini sama saja dengan menggunakan bantuan bantal. Karena tujuannya untuk memastikan posisi kepala lebih tinggi daripada kaki, kamu bisa mengukur ketinggian bantal ini sekitar 15 hingga 20 cm saja.

Berbaring Dengan Posisi Badan Menghadap Kiri

Dikutip dari Journal of Clinical Gastroenterology dikatakan bahwa, ketika seseorang mengalami gangguan asam lambung yang naik. Maka, kamu bisa mengatasinya dengan mengubah posisi tidur dari telentang menjadi menghadap ke arah kiri. Hal ini akan menghentikan naiknya asam lambung naik, selain itu akan memberikan efek nyaman dan kamu bisa tidur dengan lelap juga. 

Menggunakan Pakaian yang Longgar

Saat asam lambung naik pada malam hari, maka kamu bisa meredakannya dengan mengganti pakaian kamu. Pastikan menggunakan pakaian yang longgar dan nyaman, jangan menggunakan pakaian ketat khususnya pada area pinggang dan perut. Karena akan menekan makanan dalam lambung untuk keluar dan naik ke atas. Hal ini justru dapat membuat asma lambung semakin menjadi. Maka, pergilah dna ganti pakaian tidurmu dengan pakaian longgar yang lebih nyaman. 

Jika kamu menggunakan sabut atau celana bertali atau desain pakaian yang memberi tekanan pada perut, lepaskan atau ganti saja. Kamu tentunya tidak ingin kualitas tidurmu terganggu karena rasa tidak nyaman menjelang waktu tidur, tidak hanya karena asam lambung. Namun juga karena tekanan di area perut.

Tidak Langsung Berbaring

Salah satu pemicu asam lambung naik pada malam hari adalah kebiasaan makan di malam hari. Hal ini dapat mempengaruhi kualitas tidur, apalagi jika setelah makan kamu langsung berbaring maka tidak heran jika asam lambung naik dengan cepat. Kamu setidaknya harus makan malam 3 hingga 5 jam sebelum jam istirahat atau tidur kamu. Mengkonsumsi makanan mendekati jam istirahat sangat berbahaya bagi pencernaan, sehingga dapat memancing asam lambung naik juga. Maka, jika kamu terlanjur makan malam jangan langsung berbaring. setidaknya kamu harus terjaga dalam posisi tidak berbaring selama kurang lebih 3 jam.

Minum Air Hangat

Selanjutnya kamu bisa mengatasi asam lambung yang naik pada malam hari dengan minum air hangat. Air hangat akan meredakan asam lambung dna rasa nyeri yang akan ditimbulkan. Minumlah dengan perlahan, sehingga perut kamu akan terasa lebih nyaman daripada sebelumnya. Namun, pastikan minuman air hangat ini tidak kamu campur gula atau perasa lainnya, karena justru akan memperburuk keadaan asam lambung kamu. 

Minum Teh Chamomile

Cahamomile merupakan salah satu minuman yang aman dan dapat meredakan gejala asam lambung dengan baik. Dengan demikian kamu bisa mengatasi gangguan tidur karena asam lambung dengan meminum teh chamomile. Teh chamomile mampu bekerja secara efektif untuk menurunkan asam lambung, bahkan dalam jangka panjang jika kamu terus mengkonsumsinya dna menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan tukak lambung. 

Tentunya teh chamomile ini aman dikonsumsi, karena merupakan ramuan herbal yang terbuat dari ekstrak chamomile. Dengan mengonsumsi teh chamomile akan menurunkan keasaman lambung serta antasida komersial juga. Pastikan kamu mengonsumsinya tanpa campuran bahan lain apalagi gula, sebab akan mengurangi kinerja dari teh chamomile juga.

Mengkonsumsi Obat Maag

Jika cara sebelumnya tidak bekerja, maka kamu bisa mengatasinya dengan mengonsumsi obat maag, ini merupakan cara instan yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi gangguan tidur karena asam lambung. Hanya saja dalam beberapa kasus penderita asam lambung, kebiasaan meminum obat maag sudah tidak efektif. Hal tersebut bisa dikarenakan seringnya mengkonsumsi obat maag, sehingga nantinya obat maag tidak bekerja dengan baik lagi. 

Jika kamu mengalami hal serupa maka alangkah baiknya mengatasi permasalah tersebut dengan langsung pergi ke dokter terdekat. Dengan begitu kamu akan mendapatkan pengobatan dan resep yang tepat bagi asam lambung yang menyebabkan gangguan tidur. 

Itulah beberapa cara untuk mengatasi susah tidur karena gejala asam lambung. Sehingga kamu dapat memperbaiki kualitas tidur kamu. Pastikan juga mengubah pola hidup lebih teratur dna menghindari segala macam pemicu asam lambung naik, khususnya pada malam hari.