Monday, 17 Jun 2024

7 Gejala Asam Lambung Naik ke Kepala

6 minutes reading
Wednesday, 12 Jul 2023 22:10 0 84 Muti Karya

Nesiaverse.com – Bila asam lambung kambuh, gejala yang muncul bisa sampai naik ke kepala penderitanya. Jika kamu memiliki masalah dengan penyakit asam lambung atau GERD, maka penting untuk mengetahui berbagai gejala yang ditimbulkan oleh asam lambung. 

Gastroesophageal Reflux Disease atau asam lambung merupakan penyakit asam lambung yang disebabkan oleh naiknya kadar asam menuju esofagus. Ketika asam lambung naik ke esofagus akan memberikan rasa tidak nyaman baik di perut, ulu hati bahkan bisa naik sampai ke kepala. Maka, sakit kepala bisa menjadi salah satu gejala dari asam lambung yang tengah kambuh.

Gejala Asam Lambung Naik ke Kepala

Gejala Asam Lambung Naik ke Kepala

Dalam sebuah studi dikatakan bahwa seseorang yang mengidap sakit kepala yang akut, biasanya akan disertai dengan gangguan pada sistem pencernaannya, yaitu gangguan asam lambung. Begitupun sebaliknya, seseorang yang memiliki gangguan pencernaan asam lambung akan berdampak pada nyeri di area kepala yang bersifat akut. 

Dilansir dari laman Very Well Health yang mana berbagi upaya untuk mengatasi masalah asam lambung bisa membantu meredakan rasa nyeri dari sakit kepala yang sering kali datang. Ilmuwan juga mengatakan bahwa otak maupun usus berkomunikasi melalui sistem saraf pusat, sistem endokrin serta sistem imun tubuh.

Maka, jika terdapat masalah pada otak maupun usus, hubungan keduanya akan terhambat dan tidak berjalan dengan semestinya. Ketika asam lambung bermasalah, maka akan berdampak pada nyeri kepala dan sebaliknya. 

Gejala asam lambung naik ke kepala ini bukan merupakan salah satu gejala asam lambung yang akut. Kamu tidak boleh menyalahkan kondisi sakit kepala yang akut, apalagi menimbulkan rasa panas setelah kamu mengonsumsi makanan yang menjadi pantangan bagi penderita asam lambung.

Becky gejala atau ciri-ciri umum ketika asam lambung naik hingga ke kepala yang harus kamu ketahui. 

  • Rasa mual yang timbul tiba tiba, dan terasa ingin muntah.
  • Sering bersendawa dalam selang waktu yang sangat dekat
  • Timbulnya rasa tidak nyaman pada perut, terasa begah dan kembung
  • Timbulnya rasa panas dan tak nyaman di area perut bagian atas, sensasi terbakar dan sensasi asam pahit terasa hingga tenggorokan dan mulut. 
  • Muncul rasa sesak dan mulai kesulitan menelan
  • Kepala nyeri dan pening

Dalam Healthline dikatakan bahwa gejala asam lambung sendiri akan naik ke kepala melalui kerongkongan. Hal inilah yang akan menyebabkan mulut dan kerongkongan mengalami iritasi dan menimbulkan rasa tidak nyaman seperti asam pahit di mulut. Selanjutnya akan disusul heartburn yang akan memberikan sensasi panas dan rasa nyeri pada ulu hati atau dada. 

Adapun ciri lain yang bisa dirasakan ketika gejala asam lambung kamu naik hingga kepala diantaranya terasa kenyang, bau mulut, batuk kering, produksi air liur yang berlebihan dari biasanya. Maka, itulah beberapa gejala dari asam lambung yang naik hingga kepala. Kamu tidak boleh mengabaikannya, kamu harus segera mengatasinya. Karena jika diabaikan ada resiko akibat gejala asam lambung yang naik ke kepala.

Berikut gejala asam lambung yang naik ke kepala. 

Dapat Merusak Gigi

Gejala sama lambung yang naik kepala sendiri diawali dengan naiknya asam lambung hingga kerongkongan. Dilansir dari Medical News Today, bahkan kenaikan asam lambung hingga ke kepala melalui kerongkongan akan memberikan dampak buruk pada kesehatan gigi penderitanya. 

Ketika gigi manusia terkena cairan yang memiliki kandungan asam secara terus menerus, tentunya akan memicu pertumbuhan bakteri didalam mulut. Hal inilah yang akan mempengaruhi kesehatan gigi dimana bakteri dalam mulut bisa merusak email atau lapisan luar pada gigi. Nantinya gigi bisa mengalami masalah seperti berlubang, dalam jangka panjang bisa menimbulkan rasa sakit juga.

Pusing Hingga Mata Berkunang-kunang

Ketika sama lambung kambuh dan naik hingga ke kepala, tentunya akan menyebabkan rasa nyeri dan pusing berlebih di area kepala. Hal inilah yang akan menyebabkan mata berkunang-kunang atau kabur. Terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah bisa mengganggu jumlah pasukan oksigen menuju otak, dan berujung dengan gangguan disaat mata hingga mata akan berkunang-kunang ketika asam lambung naik hingga ke kepala. 

Gangguan Ginjal

Gejala asam lambung yang naik hingga ke kepala bisa menyebabkan masalah pada ginjal. Hal inilah yang akan menyebabkan terjadinya gangguan ginjal bahkan bisa ke tahap yang serius dan parah. Penggunan obat asam lambung yang dijual dipasaran, misalnya Proton Pump Inhibitor Proton Pump Inhibitor merupakan obat asam lambung yang bekerja untuk menghambat sistem kerja sel yang memproduksi asam lambung.

Dengan terhambatnya sistem kerja sel, maka kadar magnesium dalam tubuh akan sedikit, magnesium sendiri memiliki peran penting bagi fungsi ginjal. Sehingga gangguan ginjal menjadi salah satu gejala yang bisa terjadi ketika asam lambung naik hingga ke kepala. Penyakit gangguan ginjal ini bisa masuk ke tahap yang serius, maka perhatikan penggunaan obat asam lambung.

Diare

Asam lambung merupakan gangguan pencernaan yang memiliki banyak faktor penyebab, misalnya ketika kamu mengonsumsi makanan pedas atau makanan yang asam. Makanan yang pedas dan asma mampu memicu gangguan pada pencernaan, sehingga menimbulkan diare. 

Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi gejala asam lambung naik hingga ke kepala dilansir dari Healthline. 

Mengonsumsi Obat Pengontrol Asam Lambung

Pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi gejala asam lambung naik ke kepala adalah dengan mengonsumsi obat pengontrol asam lambung. Berikut beberapa jenis obat asam lambung yang aman dan bisa kamu dapatkan di apotik terdekat. 

  • Antasida, merupakan obat untuk meredakan rasa mual dan menetralkan asam lambung yang naik. 
  • Antagonis Histamin, merupakan obat yang bekerja mengikat reseptor histamin di sistem pencernaan, sehingga mengurangi produksi asam oleh sel lapisan perut.

Hindari Produk Nikotin

Penggunaan produk nikotin seperti vaping, rokok mampu mengendurkan otot esofagus bagian bawah, sehingga memancing asam lambung naik hingga ke kepala. Mengurangi konsumsi produk nikotin akan mengurangi refluks asam lambung yang terjadi hingga menghilangkan rasa sakitnya. Maka, jika kamu adalah seorang perokok atau pengguna produk nikotin salah satu cara menghindari gejala asam lambung naik kepala dengan menghindari produk nikotin. 

Tidak Berbaring Setelah Makan

Kebiasaan buruk berbaring setelah makan akan memberikan dampak negatif bagi kesehatan tubuh, salah satunya asam lambung yang naik hingga ke kepala. Ketika bagian tubuh tertekan, maka asam dalam lambung akan naik ke kerongkongan, bahkan menyebabkan gejala asam lambung naik hingga ke kepala. 

Itulah pembahasan mengenai berbagai macam gejala asam lambung yang naik ke kepala, kamu juga bisa mengetahui penyebab dan cara untuk mengatasinya. Maka, kamu tidak boleh menyepelekan pantangan maupun rekomendasi guna memperbaiki lambung dan pola hidup. Pasalnya, dengan menghindari pantangan bagi penderita asam lambung bisa membuka peluang untuk hidup sehat hingga sembuh kembali dari gejala asam lambung.