12 Penyebab Asam Lambung Naik dan Cara Mengatasinya

6 minutes reading
Wednesday, 12 Jul 2023 01:24 0 141 Muti Karya

Nesiaverse.com – Ada beberapa faktor penyebab asam lambung naik, dan adapun cara untuk mengatasinya sehingga kamu bisa mencegahnya di kemudian hari. Penyakit asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) merupakan salah satu gangguan pencernaan, dimana kondisi cici otot antara kerongkongan dan perut melemah.

Ketika otot bagian esofagus melemah, maka hal inilah yang memicu asam lambung naik hingga ke kerongkongan. Bila memiliki gangguan asam lambung, alangkah baiknya untuk segera mengatasinya. Sehingga bisa menghindari dari ancaman berbagai gejala yang tidak mengenakan hingga ancaman penyakit lainnya yang mengancam kesehatan.

Penyebab Asam Lambung Naik dan Cara Mengatasinya 

Penyebab Asam Lambung Naik dan Cara Mengatasinya

Naiknya asam lambung bisa terjadi kapan saja dan secara tiba-tiba, namun umumnya asam lambung akan muncul ketika malam hari. Hal inilah yang akan menyebabkan seseorang memiliki gangguan tidur atau insomnia. Asam lambung yang kambuh saat malam hari bisa dikarenakan posisi berbaring menjelang waktu tidurlah yang membuat asam lambung lebih mudah naik ke bagian kerongkongan. 

Asam lambung terdiri dari kalium klorida, natrium klorida dan asam klorida, ketiganya memiliki fungsi untuk memecahkan protein di dalam lambung. Asam lambung bersifat korosif, dengan demikian mampu membunuh bakteri yang memberikan ancaman pada lapisan pelindung lambung. Jika asam lambung kambuh akan menimbulkan beberapa gejala. Berikut gejala yang dirasakan ketika asam lambung naik. 

  • Regurgitasi atau naiknya asam lambung ke tenggorokan dan mulut
  • Timbulnya rasa nyeri pada bagian atas atau dada, disebut sebagai heartburn.
  • Disfagia atau kesulitan ketika menelan.
  • Munculnya sensasi benjolan di bagian tenggorokan.
  • Rasa mual dan ingin muntah yang berlebihan.
  • Bau mulut dan rasa pahit di lidah.
  • Kesulitan bernafas.
  • Keringat dingin.
  • Lemas dan lunglai.

Efek dari heartburn bisa berlangsung selama 2 jam lamanya, heartburn akan menimbulkan sesak nafa hingga kesulitan bernafas seseorang penderita asam lambung. Berikut beberapa penyebab asam lambung naik dan cara untuk mengatasinya. 

Hernia Hiatus

Hernia hiatus, adalah kondisi bagian perut bergerak di bagian atas diafragma menuju dada, Diafragma yang mengalami gangguan akan membuat otot LES atau kerongkong bagian bawah tidka dapat melakukan aktivitas normalnya, sehingga tidak berfungsi secara normal. Maka, asam lambung bisa terjadi saat itu juga.

Makan Dalam Porsi Besar

Jika kamu sering makan dengan porsi yang besar, maka akan menyebabkan distensi pada bagian atas perut. Ditensi sendiri artinya tidak ada cukup tekanan pada bagian otot LES , sehingga LES tidak tertutup dengan baik. Maka karena LES tidak tertutup dengan baik, hal inilah yang menyebabkan asam lambung naik.

Jadwal Makan Berantakan dan Tidak Teratur

Pola makan atau jadwal makan yang tidak teratur dapat membuat asam lambung naik, khususnya di malam hari. Hal ini dikarenakan kamu tidak memiliki cukup waktu yang tepat untuk melakukan pencernaan makanan. Bahkan ketika harusnya tubuh mencerna makanan terlebih dahulu, kamu malah langsung tidur. Hal itulah yang membuat asam lambung naik dan sistem pencernaan akan terganggu atau terhambat. 

Obesitas atau Kelebihan Berat Badan

Obesitas atau berat badan yang berlebih bisa menyebabkan asam lambung naik dengan cepat. Hal ini adalah karena orang yang berlebihan dalam berat badannya atau obesitas memiliki lemak perut yang banyak ketimbang orang normal. Sehingga nantinya lemak di perut akan mengenakan area perut dna mampu memicu terjadinya asam lambung naik dan GERD. 

Makanan Pedas

Makanan pedas memiliki kandungan yang mampu memicu asam lambung naik. Maka kamu bisa mengatasinya dengan tidak memberikan rasa pedas atau untuk tidak memakan hidangan yang pedas sama sekali. 

Kebiasaan Makan Cemilan Sebelum Tidur

Faktanya kamu akan sering merasakan asam lambung naik ketika memiliki kebiasaan makan cemilan menuju waktu tidur. Ketika kita akan pergi tidur, tubuh dan badan harus rileks atau dalam keadaan tenang. Namun jika kamu justru makan sebelum tidur hal inilah yang menyebabkan seseorang asam lambungnya naik. Karena dalam kondisi mau tidur tapi tubuh tetap dipaksa bekerja keras untuk proses pencernaannya. 

Stress

Salah satu penyebab seseorang terserang asam lambung adalah karena faktor psikis, salah satunya adalah stress. Seseorang yang terlalu banyak berpikir hingga stress mampu mengalami perubahan hormon yang memicu kadar hormon tertentu dna memicu asam lambung untuk naik. 

Jika kamu sudah mengetahui penyebabnya, berikut beberapa acara yang bisa kamu lakukan untuk asam lambung naik dan mengatasinya. 

Melonggarkan Celana yang Dikenakan

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi asam lambung naika dlah dengan melonggarkan celana atau melepas kancing celana. Salah satu keluhan yang banyak terjadi adalah rasa sesak saat asam lambung naik. Tindakan ini dilakukan guna meredakan tekanan pada bagian perut agar berkurang, sehingga nantinya keluhan asam lambung naik akan mereda.

Meninggikan Posisi Kepala Saat Tidur

Asam lambung yang kambuh pada malam hari akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman saat akan pergi tidur, maka kamu bisa menggantinya dengan meninggikan posisi kepala. Dengan meninggikan posisi kepala hal ini dipercaya dapat meredakan keluhan asam lambung sehingga tidak naik ke tenggorokan. Kamu bisa memanfaatkan bantal extra untuk meninggikan posisi kepala daripada badan. 

Berbaring Menghadap Kiri

Ketika asam lambung naik di malam kamu pastinya merasa tidak nyaman. Kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan cara meninggikan posisi kepala adalah dengan cara menghadap ke bagian kiri. Dengan berbaring menghadap ke arah kiri, hal ini mampu mengurangi keluhan dan rasa nyeri saat asam lambung naik. 

Minum Air Putih

Asam lambung yang naik akan memberikan efek mual hingga muntah-muntah. Kamu bisa mengatasinya dengan cara minum air putih yang cukup. Karena ketika asam lambung naik akan timbul rasa panas hingga terjadinya kekurangan cairan yang akan memperburuk kondisi penderita asam lambung. Maka, kamu bisa mengatasi permasalahan asam lambung naik dengan minum air putih secukupnya untuk menetralkan kadar asam lambung yang tinggi di lambung. 

Menghindari Konsumsi Susu Berlebih

Jika kamu memiliki keluhan asam lambung, maka minuman bersoda, susu dan beralkohol harus dihindari. Dalam mengkonsumsi susu kamu harus melihat produk olahan yang tepat. Karena ada beberapa susu yang memiliki kandungan untuk meningkatkan kadar asam lambung. Sehingga nantinya akan menimbulkan gejala mual, maag, nyeri dibagian ulu hati dna terjadilah heartburn

Konsumsi Obat Asam Lambung

Kamu bisa mengatasi penyebab asam lambung yang naik dengan cara mengonsumsi obat asam lambung. Hal ini jauh lebih efektif dan terhitung cepat. Kau bisa meminum obat yang mengandung antasida yang merupakan golongan obat yang bisa kamu dapatkan di apotik mana saja, maka pastikan kamu membeli di apotik terdekat. Pastikan juga dosis yang dikonsumsi sesuai dengan aturan pakaian dalam kemasannya. 

Demikian cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi asam lambung naik dan penyebabnya. Sehingga nantinya kamu tahu apa yang harus dilakukan ketika asam lambung naik.

x