Monday, 15 Apr 2024

7 Posisi Tidur Saat Asam Lambung Naik

6 minutes reading
Tuesday, 11 Jul 2023 21:10 0 154 Muti Karya

Nesiaverse.com – Saat asam lambung naik pada malam hari, kamu harus memperhatikan posisi tidur. Dengan memperhatikan posisi tidur saat asam lambung naik, hal tersebut mampu meringankan gejala asam lambung, selain itu akan mempermudah kamu untuk tidur. Mengingat jika asam lambung seringkali kambuh saat menuju waktu istirahat atau malam hari.

Asam lambung merupakan gangguan pada pencernaan, dimana saluran esofagus mengalami pengenduran, sehingga asam lambung bisa naik hingga ke tenggorokan bahkan ke kepala. Sensasi yang dirasakan dari asam lambung yang naik membuat penderitanya tidak nyaman, diantaranya rasa sesak, burn heart hingga diare juga. Maka, mengetahui posisi terbaik untuk tidur ketika asam lambung naik merupakan hal yang tepat. 

Posisi Tidur Saat Asam Lambung Naik

7 Posisi Tidur Saat Asam Lambung Naik

Gastroesophageal Reflux Disease atau GERD sangat perlu untuk memperhatikan posisi tidur saat asam lambung naik. Dengan naiknya asam lambung menuju waktu istirahat atau tidur, kamu akan terganggu dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Memang gejala asam lambung kerap kali terjadi dan mengganggu khususnya saat malam hari tiba. 

Hal inilah yang membuat penderita asam lambung juga menjadi penderita insomnia, karena akan terjaga semalaman menghadapi gejala asam lambung yang naik.Dengan demikian, penting untuk mempraktekkan posisi tidur yang baik dan benar untuk mengatasi saat asam lambung naik. Berikut kami sudah merangkum beberapa tips dan trik posisi tidur yang mampu mengatasi gejala dna gangguan saat asam lambung naik. 

Hindari Posisi Tidur Terlentang

Saat asam lambung naik di malam hari, maka kamu akan merasakan gangguan dan kesulitan saat akan pergi tidur. Saat asam lambung naik kamu bisa menghindari posisi terlentang. Posisi tidur terlentang justru akan membuat gejala asam lambung kamu semakin parah. Karena nantinya asam lambung akan terdorong dan naik ke kerongkongan. 

Maka, pastikan untuk menghindari posisi tidur terlentang dengan begitu asam lambung tidak akan naik ke kerongkongan dan menyerang kepala hingga menimbulkan rasa nyeri. Kamu bisa menggunakan posisi tidur apapun selain posisi telentang.

Posisikan Tubuh Miring ke Arah Kiri

Keluhan asam lambung di malam hari sering kali terjadi, kamu bisa mengatasi gejalanya dengan memposisikan tubuh dalam kondisi miring ke arah kiri. Posisi tidur saat asam lambung naik yang paling baik adalah dengan menghadap miring ke arah kiri. Hal ini disarankan karena untuk mencegah naiknya asam lambung ke kerongkongan dan meredakannya dalam satu waktu. 

Kemudian, kamu harus menghindari posisis tidur dengan menghadap ke arah kanan, hal ini mampu merelaksasikan otot sfingter lambung, karenanya dapat meningkatkan resiko naiknya asam lambung semakin parah dan naik ke kerongkongan. Pastikan juga untuk meletakan bantal di bagian kaki bawah, sehingga selaras dengan punggung untuk mencegah rasa pegal dan nyeri di area punggung bawah. 

Posisikan Kepala Lebih Tinggi dari Tubuh

Selanjutnya, kamu bisa meninggikan posisi kepala guna sebagai salah satu cara dan perbaikan posisis tidur saat asam lambung naik. Posisi ini akan menopang badan menggunakan bantal, dan membantu mencegah asam lambung naik ke kerongkongan. Selain itu dengan memposisikan kepala lebih tinggi dari badan, hal ini akan menurunkan resiko gejala makanan di perut naik kembali ke kerongkongan dan muntah-muntah. 

Itulah beberapa posisi untuk tidur saat asam lambung, tiba-tiba naik pada malam hari. Sehingga kamu akan bisa kembali beristirahat dengan nyaman dan terhindar dari ancaman serta gangguan tidur seperti insomnia. Selain posisi tidur yang diperhatikan kamu juga harus memperhatikan beberapa hal saat akan pergi tidur. 

Gunakan Baju Tidur Yang Nyaman dan Longgar

Saat tidur pergilah dengan menggunakan pakaian yang longgar dan membuat kamu serta tubuh terasa nyaman. Menggunakan pakaian yang ketat adalah salah satu pemicu naiknya asam lambung hingga ke kerongkongan. Hal ini dikarenakan area perut yang mendapatkan tekanan dari pakaian yang ketat, sehingga makanan akan naik dan asam lambung menuju kerongkongan. Maka, perhatikan pakaian yang kamu gunakan saat akan pergi beristirahat atau tidur.

Menghindari Makan Sebelum Tidur

Jika kamu memiliki kebiasaan makan sebelum tidur, makan segera hentikan kebiasaan satu ini. Bagi penderita asam lambung kebiasan makan sebelum tidur merupakan salah satu pantangan. Hal ini akan memicu naiknya asam lambung, karena ketika tubuh seharusnya beristirahat namun tetap harus beraktivitas dan bekerja. Hal inilah yang akan membuat makanan susah untuk dicerna dan mengalami gangguan pencernaan, yaitu asam lambung. Karena dengan cepat mampu meningkatkan kadar asam lambung hingga naik ke kerongkongan saat itu juga. 

Ciptakan Suasana yang Nyaman Saat Akan Pergi Tidur

Suasana yang nyaman saat akan pergi tidur merupakan salah satu faktor utama yang meningkatkan kualitas tidur dan istirahat seseorang. Jika kamu memiliki asam lambung yang naik, penting untuk menciptakan suasana yang nyaman untuk menyesuaikan dengan posisi tidur saat asam lambung naik. Maka, pastikan suasana dan area kamu tidur dalam kondisi nyaman, minimnya cahaya dan suasana yang tenang. Hal tersebut akan memberikan kenyamanan meskipun asam lambung kamu sedang kumat, bahkan mampu meredakan gejalanya. 

Mengelola Pikiran dan Terhindar dari Stress

Stress merupakan kondisi gangguan kesehatan psikis, hal ini menjadi salah satu pemicu asam lambung naik. Ketika seseorang memiliki banyak pikiran dalam satu waktu. Hal ini akan memicu produksi hormon yang mampu merangsang sel lambung dan meningkatkan produksi asam di dalamnya. Maka, terjadilah asam lambung. Dengan mengelola pikiran dan stress, maka mampu meminimalkan risiko kambuhnya asam lambung. Kamu bisa mengalihkan pikiran yang mumet dengan aktivitas lain, seperti relaksasi dengan instrumen atau melakukan meditasi pengolahan pernafasan. 

Selain kamu memperbaiki posisi tidur dan melakukan beberapa tips yang sudah kami jelaskan sebelumnya. Kamu juga harus melakukan perawatan, perawatan perlu dilakukan khususnya untuk mengatasi gejala asma lambung yang bisa muncul kapan saja dan dimana saja. Berikut beberapa perawatan yang perlu kamu perhatikan untuk mencegah munculnya asam lambung kembali. 

  • Aturan pola makan sehari-hari, perhatikan jam makan yang baik bagi penderita asam lambung. Hindari makan di malam hari.
  • Aturan porsi makan, hindari konsumsi makanan dengan porsi besar atau berlebihan.
  • Hentikan kebiasaan merokok dan mengkonsumsi makanan maupun minuman dengan kandungan nikotin. 
  • Jaga berat badan ideal, salah satu penyebab asam lambung naik adalah berat badan yang berlebihan hingga obesitas.
  • Hindari pantangan makanan dan minuman yang mampu memicu kambuhnya asam lambung naik. 
  • Makanlah dengan benar, kunyah makan 20 hingga 30 kali hingga halus, sehingga usus tidak bekerja dengan keras sendiri dan memicu tubuh mengalami gangguan pencernaan.
  • Olahraga dengan baik, sehingga mampu meningkatkan sistem imun, kebugaran hingga melancarkan pencernaan.
  • Konsumsi air minum yang cukup setiap harinya, untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Demikian pembahasan mengenai posisi tidur saat asam lambung naik pada malam hari menjelang waktu istirahat atau tidur. Selain itu ada beberapa tips dan trik yang sudah kami jelaskan diatas guna menghindari kondisi dan ancaman dari naiknya asam lambung yang mampu memicu gejala dan penyakit lainnya.