Saturday, 22 Jun 2024

8 Bahaya Efek Samping Masker Kunyit Untuk Wajah

6 minutes reading
Tuesday, 11 Jul 2023 21:15 0 79 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Tau gak sih kamu bahaya efek samping masker kunyit untuk wajah? Suka heran kenapa banyak orang-orang diluar sana pengen cantik bermodalkan kunyit doang, tanpa diketahui terlebih dahulu efek samping nya gimana.

Memang ada kala bagusnya untuk memikirkan dengan pakai bahan alami pasti akan mengurangi resiko daripada saat memakai produk skincare yang menggunakan campuran bahan kimia. Kamu memang tidak salah dalam hal itu.

Terus apa dong yang salah? Salahnya adalah kamu tidak mengecek kondisi kulit kamu terlebih dahulu sehingga saat memakainya malah dapat merusak kulit wajah kamu lebih parah lagi. Atau bahkan kamu menggunakannya secara berlebihan.

Tapi kan kunyit banyak manfaatnya untuk wajah kita? Iya benar, kunyit sangat banyak memiliki kandungan yang bermanfaat untuk mengatasi beberapa kulit yang bermasalah. Namun kamu juga harus mengetahui efek sampingnya! Berikut penjelasannya.

Bahaya Efek Samping Masker Kunyit Untuk Wajah

8 Bahaya Efek Samping Masker Kunyit Untuk Wajah

Iya tau kok, kamu cuma ingin mencari jalan alternatif buat merawat kulit wajah kamu yang lagi bermasalah. Memang pakai bahan alami adalah hal yang tepat dan mudah dicari untuk kamu lakukan. Tak perlu juga memakan biaya yang cukup besar.

Tapi hal itu juga dapat mendatangkan mudharat untuk kulit wajah kamu, lho! Bukannya masalah teratasi tapi yang ada malah nambah-nambahin masalah baru. Tidak semua jenis kulit cocok memakainya wahai para ladies.

Apalagi dengan memakai bahan alami tanpa proses yang benar dan kamu hanya mencoba-cobanya asal-asalan saja dengan mencampurkan segala bahan lainnya saat ingin membuat maskernya. Itu sangat beresiko bahaya. Simaklah beberapa efek sampingnya yang ada di bawah ini:

Reaksi Alergi

Kamu yang berniat ingin mencoba mengobati masalah kulit wajah dengan cara tradisional pakai bahan alami kunyit, tapi malah terkena hal yang tidak kamu inginkan. Apalagi saat kamu tidak mengetahui bahwa kamu ternyata memiliki alergi terhadap kunyit.

Hal ini sangat membahayakan kulit wajah kamu nantinya. Reaksi alergi yang terjadi saat kamu sudah memakai masker kunyit dapat membuat kulit kamu merasa tidak nyaman sehingga ada muncul bintik-bintik merah di kulit wajah kamu.

Makanya untuk kamu yang ingin mencoba masker kunyit ini, harus pastikan terlebih dahulu apakah kulit kamu memiliki alergi terhadap kunyit atau tidak. Jangan sampai kejadian ini terulang dan segeralah berhenti memakainya.

Panas di Kulit Wajah

Seberapa besar sih effort kamu dalam merawat kulit wajah? Kenapa bisa sampai terpikir untuk melakukan percobaan pada kulit wajah kamu dengan membuat masker kunyit sendiri di rumah tanpa pengawasan dan bimbingan dari ahlinya.

Bahkan para ahli sekalipun tidak menyarankan untuk memakai masker kunyit yang diolah sendiri oleh kamu yang tidak tahu sama sekali mengenai cara memprosesnya sehingga saat kamu pakai dapat menimbulkan rasa panas di kulit.

Efek panas ini yang membuat kulit wajah kamu merasa terbakar dan membuat kulit wajah sangat amat tidak nyaman. Ayolah untuk stop melakukan percobaan pada kulit wajah kamu, cintai dan sayangi dengan merawatnya sebaik mungkin.

Efek Gatal-Gatal dan Iritasi

Tidak selalu apa yang kamu lakukan itu mendatangkan hal yang menguntungkan. Kamu juga tidak salam untuk melakukannya, karena rasa keingintahuan kamu sehingga membuat kamu ingin bereksperimen.

Bahan alami memang sangat bagus dan banyak manfaatnya dalam berbagai bidang kecantikan kulit wajah serta bahan yang cukup aman digunakan. Namun ada kalanya kulit wajah kamu tidak cocok dengan hal itu.

Sehingga menyebabkan efek gatal-gatal di wajah yang dimana saat wajah kamu merasa gatal secara refleks kamu ingin menggaruknya terus menerus. Hal itu juga yang menimbulkan iritasi di kulit wajah kamu dengan menggaruknya.

Warna Kuning yang Menempel di Kulit

Efek samping yang satu ini memang tidak cukup membahayakan. Namun beberapa orang pasti merasa tidak nyaman dengan adanya efek warna kunyit yang kuning ini menempel di kulit wajah kamu.

Sehingga warna kulit wajah kamu tidak sama rata dengan kulit tubuh kamu. Membuat kamu merasa tidak pede dan malu untuk pergi keluar saat ingin melakukan aktivitas, hal ini memang cukup mengganggu.

Maka dari itu janganlah menggunakannya terlalu lama di kulit kalau tidak ingin warnanya menempel begitu pekat di wajah. Gunakan sesuai aturan waktu pemakaiannya dan dibilas dengan baik agar tidak menempel.

Kulit Menjadi Kering

Iya sih buat kamu yang wajahnya cukup berminyak, menggunakan masker kunyit memang sangat membantu dalam mengurangi sebum yang berlebihan di kulit wajah. Sehingga membuat kulit kamu terasa lebih baik.

Namun bagaimana dengan yang kulitnya kering? Tentu saja hal itu menyebabkan minyak alami di wajah semakin menipis bahkan hilang. Sehingga akhirnya kulit kamu yang kering malah makin kering dan tidak terhidrasi dengan baik.

Hal itu membuat kulit wajah kamu akan rentan terhadap iritasi hingga kulit kering kamu akan mengelupas. Menimbulkan rasa perih di kulit serta merusak lapisan kulit wajah kamu atau rusaknya skin barrier kamu.

Kulit Bersisik

Kamu tau yang sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya? Bahwa untuk kamu yang memiliki kulit yang kering dan tidak terhidrasi dengan baik lalu kamu menggunakan masker kunyit yang dapat menyapu bersih minyak alami di wajah, segera stop memakainya.

Kulit yang akan semakin kering dapat membuat kulit kamu bersisik, lho! Gak mau kan kalau kamu punya kulit bersisik seperti kulit ikan? Sehingga membuat tampilan menjadi tidak menarik lagi bahkan tidak nyaman dilihat.

Hal ini menjadi sebuah peringatan untuk kamu yang memiliki jenis kulit yang kering lebih baik hindari memakai masker kunyit ini. Rawatlah memakai skincare kamu yang cocok di kulit wajah, itu akan lebih aman dan hasilnya bisa kamu dapatkan.

Menimbulkan Ruam Kemerahan

Masih nyambung nih sama reaksi alergi yang telah dijelaskan diatas sana. Menimbulkan ruam kemerahan juga dapat menjadi tanda bahwa kamu memiliki alergi terhadap kunyit yang kamu gunakan.

Sangat bahaya jika sudah ke tahap yang menimbulkan berbagai macam reaksi alergi seperti ini. Harus kamu langsung pergi ke dokter agar ditangani langsung oleh ahlinya agar mencegah hal ini lebih serius lagi.

Jangan panik saat kamu mengalami tanda-tanda seperti ruam kemerahan ini, selalu sigap meminta pertolongan orang terdekat untuk menghubungi dokter. Jangan sampai kamu garuk atau membasuhnya dengan air.

Jerawat Makin Meradang

Kunyit memang memiliki sifat antibakteri yang baik untuk membunuh bakteri-bakteri penyebab jerawat sehingga dapat mencegah timbulnya jerawat baru di kulit wajah kamu.

Tapi sekali lagi harus kamu ingat bahwa tidak semua jenis kulit wajah selalu cocok menggunakannya. Atau bahkan jika kamu memiliki jerawat yang meradang dan sangat parah.

Bayangkan apa yang akan terjadi saat tahu ternyata kulit kamu tidak cocok dan wajah juga lagi berjerawat banget terus pake kunyit, yang ada jerawat makin meradang! Sehingga membuat jerawat terasa makin sakit dan terjadi peradangan di kulit wajah.

Itulah beberapa bahaya efek samping masker kunyit untuk wajah yang perlu kamu ketahui. Jangan langsung mencoba-coba tanpa di tes dulu ya! Cobalah untuk mengatasinya dengan dioleskan pada kulit tangan kamu dan diamkan selama 24 jam lalu liat perubahannya. Selalu perhatikan respon kulit kamu saat memakainya.

Jangan dipakai terlalu berlebihan atau sering! Kamu bisa memakai produk yang lebih aman dan sudah diproses secara resmi saja ya ladies. Jadi cantik dan terawat dengan memakai skincare yang sudah aman lebih baik daripada membuat sendiri menggunakan bahan yang kamu sendiri tidak tau memprosesnya. Goodluck jangan patah semangat!