10 Makanan Penurun Asam Urat Agar Cepat Sembuh

6 minutes reading
Tuesday, 11 Jul 2023 21:17 0 132 Muti Karya

Nesiaverse.com – Ada beberapa makanan yang mampu memberikan manfaat sebagai penurun gejala asam urat. Tidak hanya pengobatan medis saja yang harus dikonsumsi penderita asam urat. Namun perbaikan dari segi pola dan menu makanan juga memiliki pengaruh yang sangat besar. Bahkan perbedaan jenis makanan mampu menurunkan gejala asam urat. 

Serangan asam urat sendiri merupakan penyakit yang bisa dialami mereka dengan segala usia, memang didominasi oleh orang tua, namun tidak sedikit juga anak muda yang menderita asam urat. Maka, sendari bisa dicegah dna diredakan kamu bisa memulainya dari sekarang. 

Makanan Penurun Asam Urat Agar Cepat Sembuh

10 Makanan Penurun Asam Urat Agar Cepat Sembuh

Asam urat yang tinggi umumnya dipicu oleh makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh penderitanya. Maka, kamu harus lebih selektif dna berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan. Selain itu kamu juga harus menghindari pantangan makanan, minuman hingga buah-buahan bagi penderita asam urat. Dilansir dari Doctor.NDTV mengatakan bahwa bahan kimia yang diproduksi oleh tubuh ketika memecahkan purin adalah asam urat. 

Asam urat sendiri akan semakin tinggi ketika kadar purin yang dipecahkan dalam tubuh memiliki jumlah yang banyak. Sehingga nantinya ketika tubuh tidak bisa mengeluarkannya, maaka akan mengendap dan menempel menjadi kristal asam urat. Nah, asam urat yang menumpuk dan mengkristal tersebut umumnya terjadi pada sendi di tubuh, hal inilah yang akan menimbulkan rasa nyeri. Bahkan dalam beberapa kasus rasa nyeri yang ditimbulkan sangat ekstrim dan menyebabkan sakit yang kronis. 

Selain pantangan, ada beberapa makanan yang dapat membantu penurunan asam urat, sehingga menjadi salah satu efektif untuk mengatasi asam urat secara mandiri. Berikut kami sudah merangkum beberapa rekomendasi makanan dan minuman penurun asam urat yang aman. 

Makanan Yang Kaya Serat

Makanan yang bisa menurunkan asam urat jika dikonsumsi secara rutin adalah makanan yang kaya akan serat. Makanan yang memiliki kandungan serat yang banyak ammap membantu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Kamu bisa mendapatkan makanan yang kaya serat dari berbagai jenis makanan, misalnya biji-bijian, sayuran seperti brokoli dan seledri. 

Oat merupakan salah satu makanan yang bisa dikonsumsi karena kadar serat yang tinggi. Makanan yang kaya akan serat adalah makanan yang memiliki banyak manfaat bagi penderita asam urat, karena dengan proses penyerapan asam urat yang ampuh meredakannya. 

Vitamin C

Dengan mengkonsumsi vitamin C kamu bisa meredakan keluhan asam urat. Vitamin C menjadi salah satu makanan yang mampu menurunkan asam urat. Vitamin C bisa kamu dapatkan dari berbagai macam buah buahan. Kebutuhan vitamin C sehari-hari bisa kamu penuhi dari buah-buahan.

Bahkan dalam sebuah penelitian dikatakan bahwa dengan mengonsumsi 500 mg vitamin C setiap harinya maka mampu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Waktu yang dibutuhkan untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh juga sangat singkat. Kamu bisa mengkonsumsi jus jeruk ataupun jeruk nipis karena keduanya memiliki kandungan vitamin C yang baik.

Air

Air merupakan salah satu pembersih tubuh yang bekerja secara alami. Dengan mengkonsumsi air makan akan membantu mengeluarkan racun dari tubuh. Kamu harus memenuhi kebutuhan cairan tubuh, setidaknya kamu harus meminum air sebanyak 10 hingga 12 gelas per harinya. Sehingga kebutuhan cairan dalam tubuh terpenuhi dengan sempurna.

Selain itu air mampu menghilangkan asam urat dalam tubuh melalui sistem ekskresinya. Maka, meskipun terlihat sepele, namun mengkonsumsi air merupakan salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh. 

Sayuran

Sayuran mampu mengurangi kadar asam urat yang sangat tinggi di dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi sayuran secara rutin nantinya kamu bisa menurunkan kadar asam urat didalam tubuh, dan terkendali secara baik seperti brokoli, timun, kangkung, tomat. Meskipun begitu ada beberapa sayuran yang harus kamu hindari atau batasi porsi konsumsinya. 

Diantara sayur sayuran yang harus kamu hindari konsumsinya adalah asparagus, kembang kol hingga bayam. Sayuran tersebut tidak cocok dikonsumsi oleh pengidap asam urat, karena justru mampu meningkatkan kadar asam urat dengan mengkonsumsinya. 

Dark Chocolate

Salah satu makanan atau cemilan yang bisa kamu konsumsi untuk meredakan asam urat adalah dark chocolat. Coklat hitam atau dark chocolate memiliki kandungan Theobromine, yang merupakan alkaloid dengan struktur menyerupai kafein. Kandungan tersebut sangat tinggi dan bisa kamu dapatkan dalam dark chocolate. 

Dengan kandungan Alkaloid Theobromine di dalam dark chocolate akan membantu meredakan atau penurunan asam urat yang tinggi. Karena nantinya otot-otot bronkus pada paru-paru akan mengendur juga. Dalam beberapa penelitian mengatakan jika mengkonsumsi dark chocolate akan bekerja lebih efektif daripada kafein. 

Wortel

Selanjutnya ada wortel yang merupakan slash atau makanan penurun asam urat. Wortel sama seperti mentimun yang memiliki manfaat bagi kesehatan yang sangat baik. Jika kamu memiliki keluhan asam urat, makan wortel bisa kamu konsumsi secara rutin. Wortel sendiri kaya dengan antioksidan sehingga mampu mengontrol produksi enzim. 

Enzim yang dimaksud merupakan enzim yang memproduksikan sintesis asam urat dalam tubuh. Maka, dengan mengkonsumsi wortel nantinya bisa meredakan asam urat. Selain itu wortel juga mampu mengeluarkan kandungan asam urat didalam tubuh, sehingga asam urat dalam tubuh akan mengalami penurunan. 

Tomat

Tomat bisa meredakan asam urat dengan mudah karena kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya. Sama dengan sayuran, tomat sangat kaya akan antioksidan maka kamu bisa mengkonsumsinya secara rutin. Memiliki vitamin C membuat tomat mampu mengurangi kadar asam urat yang tinggi di dalam tubuh.

Ikan Salmon

Ikan salni sangat baik dikonsumsi oleh penderita asam urat, hal ini dikarenakan ikan salmon memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang sangat tinggi. Kandungan asam lemak omega 3 yang tinggi mampu mengurangi pembengkakan dan peradangan dalam tubuh. Begitupun dengan penderita asam urat. Ikan salmon merupakan ikan yang rendah kadar purin didalamnya, tidak seperti ikan sarden dan ikan makarel. Kamu harus menghindari ikan sarden dan makarel. 

Susu Rendah Lemak

Susu segar yang rendah lemak mampu mengatasi asam urat. Susu segar dengan berbagai produk olahan seperti yogurt maupun keju bisa kamu konsumsi dengan aman. Pasalnya susu rendah lemak memiliki kandungan protein yang mampu menurunkan kadar asam urat di dalam darah, sehingga mengurangi risiko kambuhnya asam urat yang berulang-ulang. 

Teh Hijau

Selain susu rendah lemak, kamu juga bisa mengkonsumsi teh hijau. Teh hijau memiliki manfaat untuk penurunan asam urat. Bahkan menurut penelitian, teh hijau kaya antioksidan dan mampu menghambat produksi asam urat dalam tubuh. Penghambatan tersebut dikarenakan zat antioksidan bernama katekin yang dikandung dalam teh hijau. Bahkan teh hijau mampu mencegah terjadinya pembekuan kristal asam urat.

Demikian pembahasan mengenai beberapa jenis makanan penurun asam urat yang meliputi, makanan, minuman hingga buah-buahan. Dengan mengetahui daftar makanan penurun asam urat, nantinya kamu bisa mengkonsumsinya sehingga akan terhindar dari kambuhnya asam urat dan rasa nyeri yang kronis.

x