Wednesday, 17 Jul 2024

10 Sayuran Yang Baik Untuk Sistem Pencernaan

6 minutes reading
Friday, 19 May 2023 16:23 0 301 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Kesehatan sistem pencernaan yang hal penting perlu dijaga dan untuk menjaganya tentu saja dengan menjaga pola makan yang sehat salah satunya dengan mengkonsumsi sayuran, lalu apa saja jenis sayuran yang baik untuk pencernaan yuk simak ulasan disini untuk mengetahuinya.

Sekarang ini sudah banyak sekali penelitian dari ilmuwan yang menyatakan mengenai kandungan serat yang terdapat didalam bahan pangan yang memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan sistem pencernaan manusia, dengan rendah serat yang bisa menyebabkan banyak kasus penyakit kronis seperti apendisitis, jantung koroner, divertikulosis hingga kanker kolon.

Sayuran menjadi salah satu sumber serat pangan yang sangat mudah untuk ditemukan di dalam bahan makanan dan sayuran yang menjadi menu makanan yang selalu ada sehari-hari, baik dalam keadaan mentah dijadikan sebagai lalapan segar maupun berbagai macam masakan yang sehat dan enak.

Tetapi seiring dengan  berjalan waktu belakangan ini sudah banyak hadir makanan cepat saji yang semakin populer dan banyak masyarakat yang mudah mengabaikan dengan manfaat dari mengkonsumsi sayuran, padahal banyak jenis sayuran yang memberikan manfaat baik untuk sistem pencernaan.

Untuk kamu yang ingin tahu dengan apa saja jenis sayuran yang baik untuk pencernaan yang dapat kamu konsumsi, maka untuk mengetahuinya kamu bisa dengan simak penjelasannya dibawah ini.

Sayuran yang Baik untuk Pencernaan

Sayuran Yang Baik untuk Pencernaan

Untuk jenis sayuran yang baik untuk pencernaan ini yang memiliki kandungan serat yang tinggi, selain baik untuk sistem pencernaan kandungan serat juga yang dapat membantu memenuhi asupan nutrisi harian dan penting untuk kesehatan secara keseluruhan.

Terdapat beberapa jenis sayuran yang memiliki kandungan serat  yang tinggi bisa dikonsumsi secara rutin dan sebaiknya terdapat pada setiap menu makanan harian, hal ini karena baik untuk sistem pencernaan namun jika kamu kurang suka dengan sayuran maka bisa dengan mencoba beberapa tips agar tidak kekurangan asupan serat dari sayuran.

Jenis sayuran yang mengandung serat tinggi tidak hanya baik untuk sistem pencernaan saja tetapi juga baik untuk kesehatan jantung, menurunkan berat badan dan bahkan mengontrol gula darah, adapun untuk beberapa jenis sayuran yang baik untuk pencernaan yaitu sebagai berikut:

Sayur Ubi Jalar

Ubi jalar jika dikonsumsi dengan kulitnya yang menjadi salah satu makanan yang luar biasa dapat memberikan manfaat untuk kesehatan sistem pencernaan, sehingga ubi jalar yang menjadi salah satu jenis sayuran yang baik untuk pencernaan yang dapat kamu coba konsumsi.

Hal ini dikarenakan ubi jalar yang memiliki kandungan serat, mangan dan juga karbohidrat kompleks, dengan beragam kandungan tersebut yang dapat memberikan manfaat untuk membantu dalam mengobati tukak lambung dan juga masalah pada sistem pencernaan yang lainnya.

Sayur Bayam

Bayam yang memiliki kandungan serat yang tinggi kandungan ini yang akan membantu untuk memenuhi kebutuhan serat harian, selain itu Bayam yang menjadi salah satu jenis sayuran yang baik untuk pencernaan yang dapat kamu coba konsumsi.

Dalam setiap 100 gram sayur Bayam ini yang mengandung serat sekitar 2,4 gram, rendah kalori yaitu 23, selain itu juga sayuran Bayam yang menjadi sumber dari zeaxanthin dan lutein yang merupakan zat antioksidan yang baik untuk kesehatan mata.

Sayur Asparagus

Sayur asparagus yang memiliki kandungan serat yang tinggi yang baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, sehingga dengan begitu sayuran ini menjadi salah satu jenis sayuran yang baik untuk pencernaan.

Dalam 90 gram asparagus yang terdapat sekitar 1,8 gram serat dengan rendah kalori sekitar 20, sehingga selain baik untuk sistem pencernaan dengan memakan sayuran asparagus ini yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Sayur Wortel

Sayur Wortel yang menjadi salah satu jenis sayuran yang baik untuk pencernaan dengan memiliki kandungan serat yang tinggi bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan salah satunya untuk sistem pencernaan agar tetap baik, dimana sayuran ini juga yang terkenal sebagai salah satu sayuran yang baik untuk mata.

Wortel yang mengandung serat sekitar 2,8 gram dalam porsi setiap 100 gram dengan juga ini yang sangat fantastis dan memiliki kalori yang rendah, sayuran Wortel selain tinggi serat namun mengandung zat antioksidan yaitu beta karoten yang bisa menjadi vitamin A untuk membantu menjaga kesehatan Mata.

Sayur Kembang Kol

Sayur yang baik untuk pencernaan yang lainnya yaitu kembang kol dengan memiliki kandungan serat yang tinggi yang bisa memberikan manfaat untuk sistem pencernaan, dalam setiap 128 gram kembang kol  yang terdapat sekitar 3 gram serat dan 25 kalori yang cocok dikonsumsi untuk kamu yang ingin diet.

Bahkan selain itu juga kembang kol yang memiliki kandungan nutrisi lainnya yaitu kolin dimana kandungan kolin ini yang memiliki peran penting untuk neurotransmitter, sehingga dengan begitu mengkonsumsi sayuran kembang kol ini yang secara tidak langsung juga dapat membantu menjaga kesehatan sistem saraf.

Sayur Buncis

Kandungan serat yang tinggi terdapat pada sayur Buncis yang bisa memberikan manfaat untuk kesehatan sistem pencernaan, dimana sayuran ini selain mengandung serat yang tinggi namun sayuran Buncis juga yang memiliki banyak manfaat lainnya untuk kesehatan.

Hal ini dikarenakan sayur Buncis yang diperkaya dengan kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin K, serat dan juga asam folat didalamnya, sayuran ini juga yang merupakan sumber lutein dan zeaxanthin yang kuat selain untuk kesehatan pencernaan sayuran ini bermanfaat untuk menurunkan kanker dan penyakit jantung tertentu, meningkatkan penglihatan dan bahkan mencegah cacat lahir.

Sayur Okra

Sayur Okra yang memiliki kandungan serat yang tinggi yang memberikan manfaat untuk sistem pencernaan dan menjadi salah satu jenis sayuran yang baik untuk pencernaan, sayuran jenis ini bisa kamu masukkan ke dalam menu masakan harian untuk bisa mendapatkan manfaatnya untuk kesehatan sistem pencernaan.

Selain itu juga sayur Okra ini yang menjadi sumber baik untuk beberapa kandungan vitamin terutama vitamin C dan juga vitamin K1, dimana vitamin C yang memiliki peran dalam fungsi sistem imun atau daya tahan tubuh sedangkan untuk vitamin K1 berfungsi dalam pembekuan darah.

Sayur Brokoli

Untuk salah satu jenis sayuran yang baik untuk pencernaan yang lainnya yaitu Brokoli yang dimana sayuran ini yang mengandung serat yang tinggi memberikan manfaat untuk membantu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan,  meningkatkan kesehatan tulang dan gigi, kesehatan jantung, otak dan juga yang lainnya.

Sayuran Brokoli juga cocok dikonsumsi untuk merakan yang ingin menjalankan hidup sehat dan juga berusaha untuk diet atau menurunkan berat badan, dengan kandungan serat sekitar 2,6 gram dan hanya 35 kalori serta mengandung protein sekitar 2,4 gram yang bisa memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh.

Sayur Kubis Brussel

Sayur Kubis Brussel atau brussel sprout ini yang merupakan salah satu jenis sayuran yang baik untuk pencernaan yang dapat kamu coba konsumsi, dengan memiliki kandungan serat yang tinggi yang bisa memberikan manfaat untuk meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.

Selain itu juga sayur kubis brussel ini yang dapat memberikan beragam kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan lainnya yaitu seperti kandungan vitamin B9 alias folat, vitamin K, kalium, dan juga molekul antioksidan yang dapat melawan penyakit kanker.

Sayur Kubis

Salah satu jenis sayuran yang baik untuk pencernaan yaitu Kubis dengan memiliki kandungan serat yang tinggi baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, dimana dalam 89 gram Kubis yang mengandung serat sekitar 2 gram dengan 22 kalori dan juga mengandung vitamin C yang dapat membantu memenuhi sekitar 85% kebutuhan vitamin C harian.

Mungkin hanya itu saja beberapa sayuran yang baik untuk pencernaan yang perlu kamu ketahui dan bisa kamu coba konsumsi secara rutin untuk bisa mendapatkan manfaatnya untuk kesehatan sistem pencernaan, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.