Thursday, 18 Jul 2024

5 Senam Menurunkan Berat Badan dan Mengecilkan Perut Buncit

6 minutes reading
Friday, 28 Jul 2023 23:50 0 82 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Senam menurunkan berat badan dan mengecilkan perut buncit yang bisa dilakukan sehari-hari, senam apa saja sih? Penasaran? Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu pengen tau senam apa saja yang bisa ngecilin perut buncit.

Memiliki perut buncit itu emang gak banget! Apalagi penampilan tubuh itu pastinya sangat penting buat wanita maupun pria. Terutama dibagian perut dan pinggang, kalo perut kamu buncit otomatis lekukan pinggang juga jd gk bakalan keliatan ramping atau langsing.

Emang ya perut buncit itu selalu gak bisa dikondisikan, membuat badan kamu jadi gak terlihat ramping, langsing, dan estetik lagi. Pengen banget punya perut yang gak gampang buncit tiap habis makan, tapi gak tau gimana caranya biar gak buncit. Setidaknya biar gak nonjol banget.

Tenang saja, kamu bisa mengatasi hal itu kok! Dengan cara mengikuti pelatihan senam yang bisa menurunkan berat badan sekaligus perut buncit. Jadi simaklah dibawah ini mengenai senam apa saja yang bisa mengatasi permasalah tersebut dengan baik dan benar serta menyehatkan.

Senam Menurunkan Berat Badan dan Mengecilkan Perut Buncit

Sebelum itu ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu mengenai apa saja yang membuat berat badan kamu naik drastis dan buncit, sebelum mulai mencari cara mengatasi masalah tersebut dengan baik dan benar.

Banyak sekali penyebab yang membuat kebanyakan orang mengalami perut buncit akibat berat badannya yang naik. Bisa juga ada beberapa faktor medis juga yang membuat perut kamu menjadi buncit seperti adanya gangguan pencernaan, dan penumpukan cairan.

Kenaikan berat badan bisa disebabkan karena faktor pola hidup yang tidak sehat seperti terlalu banyak mengonsumsi junk food, makanan yang mengandung banyak lemak jenuh yang dapat membuat tubuh kamu gemuk hingga obesitas yang tidak wajar.

Akibat jarangnya berolahraga juga sangat berpengaruh, lho! Hanya dengan makan saja tapi tidak dibarengi dengan olahraga bisa membuat berat badan kamu naik serta perut buncit. Karena menumpuknya lemak di setiap bagian tubuh kamu yang tidak dibakar dengan olahraga.

Di zaman sekarang, memiliki tubuh yang gemuk berlebihan itu hanya akan menjadi sarang penyakit seperti diabetes, darah tinggi, hingga serangan jantung. Mengerikan bukan? Maka dari itu ayolah mulai menjalankan hidup atau diet sehat untuk menurunkan berat badan kamu.

Kamu juga bisa menghilangkan lemak di perut kamu dengan melakukan berbagai gerakan senam. Nah, disini akan dituliskan beberapa macam senam yang bisa kamu lakukan sendiri untuk membantu kamu mengatasi berat badan, diantaranya adalah:

Senam Aerobik

Pertama dengan senam aerobik. Aerobik adalah senam dengan melakukan gerakan-gerakan yang terpola, biasanya saat melakukan senam aerobik ini selalu disertai dengan iringan musik untuk senam agar bisa mengikuti iringan irama dan ritme gerakannya dalam durasi yang sudah ditentukan.

Dengan melakukan senam aerobik ini membantu kamu melancarkan peredaran darah dan mendapatkan pasokan oksigen dalam tubuh meningkat. Menjaga kesehatan jantung juga agar bekerja secara optimal, dan dapat mengencangkan tubuh kamu agar terasa lebih ringan. Dapat membantu membakar lemak dibagian kaki, perut serta paha.

Lakukan dengan rutin, selain itu juga dengan kamu melakukan senam aerobik ini dapat meningkatkan mood kamu juga, lho! Mengurangi resiko penyakit yang membuat otot-otot kamu jadi kaku, seperti sakit pinggang, nyeri otot dan lain sebagainya. Melakukan senam aerobik juga dapat menurunkan berat badan kamu secara perlahan.

Senam Perut

Kedua ada senam perut. Senam perut ini memang ditujukan untuk memperkecil perut kamu yang buncit dan bisa melangsingkan perut kamu secara perlahan. Sangat efektif untuk membakar kalori serta memperamping perut kamu. Biasanya gerakan senam perut itu meliputi sit up, vertical leg crunch, the stomach vacuum, bicycle crunch serta gerakan mengangkat kaki.

Cara-cara melakukannya adalah sebagai berikut:

  1. Sit Up dilakukan dengan mengambil posisi berbaring dengan kaki yang yang terlipat bisa juga dengan bantuan teman kamu untuk memegangi bagian kaki agar mempermudah, lalu lakukan gerakan bangun dan tidur lagi secara berulang-ulang.
  2. Vertical Leg Crunch dilakukan dengan mengambil posisi berbaring terlebih dahulu, lalu angkat kaki secara vertikal dan tekuk perut, angkat kepala dan bahu dengan mengangkat tangan juga ke arah ujung kaki,
  3. The Stomach Vacuum dilakukan dengan berdiri tegak di lantai dan letakan tangan di pinggul, lalu buang nafas secara perlahan.
  4. Bicycle Crunch adalah kombinasi dari gerakan sit up dan gerakan seperti sedang mengayuh sepedah dengan posisi berbaring di matras. Tekuk lutut dan bahu siku kanan dan kiri mendekati lutut secara bergilir.
  5. Gerakan Mengangkat Kaki dilakukan dengan cara berbaring lalu angkat kaki kamu secara perlahan dengan arah vertikal atau lurus ke atas berulang-ulang.

Yoga

Ketiga ada yoga. Yoga ini terkenal dengan gerakannya yang sangat kompleks dan ringan untuk dilakukan sehari-hari. Fakta menarik tentang yoga ini merupakan gerakan kombinasi antara pikiran dan tubuh untuk merilekskan pikiran dan melenturkan tubuh kamu agar tidak kaku. Gerakannya sangat beragam mulai dari menggunakan teknik pernafasan hingga meditasi.

Selain itu biasanya yoga juga melakukan gerakan-gerakan statis ringan untuk melenturkan dan mengencangkan otot-otot tubuh. Membantu kamu mendapatkan bentuk tubuh yang langsing, karena dengan yoga juga akan mengurangi stres yang kamu alami dengan gerakan yang merilekskan pikiran.

Zumba

Keempat ada zumba. Zumba juga sebenarnya termasuk dalam kategori senam aerobik yang memadukan beberapa gerakan tarian seperti salsa, flamenco, dan tarian modern lainnya. Zumba juga biasanya dilakukan dengan iringan musik agar bisa mengikuti sesuai irama dan ritme musik. Sangat menyenangkan dan bagus untuk kesehatan tubuh kamu.

Membantu kamu menurunkan berat badan secara perlahan asal kamu rutin melakukannya. Selain itu juga zumba ini membantu kamu menjaga kesehatan jantung serta mengurangi resiko terkena penyakit kardiovaskular. Dengan zumba juga dapat membentuk otot-otot serta dapat menguatkan sendi, sehingga kamu bisa mendapatkan tubuh yang ideal dan bye bye pada perut buncit.

Senam Bakar Lemak

Terakhir ada senam bakar lemak. Senam bakar lemak ini bisa kamu lakukan dengan cara mengikuti gerakan-gerakan yang membantu membakar lemak tubuh kamu seperti olahraga lompat tali, bersepeda, naik turun tangga, dan gerakan olahraga lainnya. Adapun gerakan senam bakar lemak ini seperti melakukan gerakan-gerakan dinamis dan statis.

Mengkombinasikan kedua gerakan tersebut sebagai pendinginan dengan melakukan gerakan statis , dan pemanasan dengan melakukan gerakan dinamis secara berulang-ulang. Atau bisa juga kamu lakukan dengan mengikuti instruktur senam bakar lemak lainnya supaya mendapat arahan yang lebih baik lagi dan efektif.

Itulah beberapa senam menurunkan berat badan dan mengecilkan perut buncit yang bisa kamu tiru atau lakukan di rumah, bisa juga dengan mengikuti kelas senam biar makin semangat bersama banyak orang dan untuk pemula supaya bisa dilatih langsung oleh instruktur senam.

Selalu konsisten untuk melakukannya dan dibarengi juga dengan diet sehat serta hindari makanan junk food yang bisa bikin kamu gemuk, obesitas dan gak sehat juga buat tubuh kamu. Sering-sering mengkonsumsi buah, sayur, kacang, dan air mineral yang cukup. Goodluck.