Monday, 15 Apr 2024

10 Tempat Wisata di Bondowoso Untuk Anak dan Keluarga yang Murah dan Lagi Hits

9 minutes reading
Wednesday, 19 Jul 2023 06:37 0 159 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Ternyata tempat wisata atau destinasi wisata yang ada di Bondowoso tidak kalah menarik serta indah dari tempat wisata dari daerah lainnya, untuk kamu yang berencana mengunjungi Bondowoso maka perlu mengetahui dengan daftar tempat wisata di Bondowoso untuk anak dan keluarga yang murah dan lagi hits sangat sayang dilewatkan.

Bondowoso adalah sebuah Kabupaten yang ada di Jawa Timur, Indonesia dan ibukotanya yaitu Kecamatan Bondowoso, ibu kota kabupaten yang strategis berada di persimpangan jalur dari Kecamatan Besuki dan Kabupaten Situbondo menuju Jember.

Kabupaten Bondowoso sendiri merupakan satu-satunya kabupaten dengan tidak memiliki wilayah pesisir laut di wilayah Tapal Kuda, Jawa Timur, pada tahun 2020 penduduk yang ada di Kabupaten Bondowoso berjumlah 776.151 jiwa dengan memiliki kepadatan penduduk sekitar 498 jiwa/km2.

Ternyata Bondowoso sendiri yang dilengkapi dengan memiliki sejuta pesona dan juga panorama alam yang sangat indah menakjubkan, namun untuk sebagian tempat wisata tersebut yang masih tersembunyi sehingga banyak orang yang belum mengetahui dengan keindahan dan juga tempat wisata yang mempesona ada di Bondowoso.

Untuk kamu yang ingin berkunjung atau berlibur ke Bondowoso tetapi masih belum tahu apa saja tempat wisata yang ada di sana dengan memiliki pemandangan yang cocok dijadikan tempat wisata, maka jangan khawatir karena dibawah ini akan diulas beberapa rekomendasi tempat wisata di Bondowoso untuk anak dan keluarga yang murah dan lagi hits bisa dikunjungi.

Tempat Wisata di Bondowoso Untuk Anak dan Keluarga yang Murah dan Lagi Hits

Sudah dikatakan sebelumnya bahwa Bondowoso tersebut yang memiliki banyak tempat wisata alam yang sangat menakjubkan dan keren tidak kalah dengan berbagai tempat wisata di daerah lainnya, dilihat dari garis kontur Wilayah Bondowoso tidak mempunyai garis pantai sehingga tidak bisa dipungkiri bahwa untuk tempat wisata pantai tidak akan ditemui di Bondowoso.

Selain dengan menawarkan keindahan alam yang dapat memanjakan mata terdapat juga segelintir kisah sejarah cukup menarik untuk ditelusuri, sehingga jika kamu berniat berlibur ke Bondowoso tidak hanya dapat menikmati keindahan alam saja namun bisa sekaligus belajar sejarah kuno di daerah tersebut.

Suhu udara di Bondowoso yang sejuk karena wilayah ini terletak diantara beberapa gunung seperti Kaki Gunung Ijen, Kaki Gunung Raung, Kaki Gunung Argopuro dan masih banyak lagi yang lainnya, dengan memiliki potensi alam pegunungan membuat banyak para wisatawan tertarik untuk berlibur ke Bondowoso.

Pada saat musim libur akhir pekan sudah tidak dan kamu ingin mencoba berlibur ke tempat wisata yang baru maka bisa dengan mencoba mengunjungi Bondowoso, adapun untuk beberapa tempat wisata di Bondowoso untuk anak dan keluarga yang murah dan lagi hits bisa dikunjungi yaitu sebagai berikut:

Wisata Museum Kereta Api Bondowoso

Tidak banyak orang yang tahu bahwa ternyata pada zaman dahulu pada masa kolonial Belanda bahwa di Bondowoso menjadi pusat industri kereta api sehingga membuat Bondowoso mempunyai museum kereta api disana, untuk kamu yang ingin mencari tempat wisata di Bondowoso untuk anak dan keluarga yang murah dan lagi hits maka bisa dengan datang ke Museum Kereta Api Bondowoso tidak hanya dijadikan tempat wisata namun juga wisata edukasi juga,

Karena didalam Museum Kereta Api Bondowoso terdapat sejarah perkembangan kereta api di Pulau Jawa sejak era kolonial Belanda sehingga para pengunjung bisa mempelajarinya dan dibuka setiap hari mulai dari pagi sampai sore hari, jika kamu yang mungkin pecinta sejarah maka tempat wisata yang satu ini wajib untuk dikunjungi.

Wisata Taman Bunga Villa Afdeling Jampit

Taman Bunga Villa Afdeling Jampit yang berlokasi di Kawasan Jampit, Sempol, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur dan bisa menjadi salah satu tempat wisata di Bondowoso untuk anak dan keluarga yang murah dan lagi hits untuk dikunjungi, dimana untuk tempat wisata yang satu ini menawarkan daya tarik utama yaitu berupa taman bunga dengan dilengkapi bangunan villa yang telah didirikan dengan gaya arsitektur indis.

Taman Bunga Villa Afdeling Jampit ini yang lokasinya terletak di dataran tinggi membuat suhu udara di sekitar tempat wisata yang cenderung terasa sangat sejuk dan sangat cocok untuk bersantai, selain itu pengunjung juga bisa melakukan berbagai aktivitas wisata yang sangat menarik seperti berfoto dengan menggunakan latar belakang villa, berkunjung ke taman bunga dan masih banyak lagi yang lainnya.

Wisata Pemandian Tasnan Bondowoso

Pemandian Tasnan Bondowoso termasuk ke dalam salah satu tempat wisata di Bondowoso untuk anak dan keluarga yang murah dan lagi hits wajib dikunjungi pada saat hari libur sudah tiba dengan menawarkan berbagai macam aktivitas wisata yang sangat menarik untuk digunakan dan nikmati, dimana untuk wisata Pemandian Tasnan Bondowoso tersebut ternyata sudah ada sejak era kolonial Belanda menurut sumber referensi yang kami gunakan.

Untuk beragam fasilitas yang tersedia di tempat tersebut seperti wahana permainan air, kolam renang, atau bisa juga pengunjung bersantai di bawah pohon pinus yang rindang bisa memberikan udara yang sejuk, selain itu juga terdapat spot foto menarik yang bisa digunakan untuk hunting foto dan masih banyak lagi lainnya dan untuk kamu yang tertarik berlibur ke sini maka berada di Desa Taman, Kecamatan Grujugan, Kab. Bondowoso dengan memiliki harga tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang.

Wisata Alun-Alun Bondowoso

Alun-alun Bondowoso bisa menjadi salah satu tempat wisata di Bondowoso untuk anak dan keluarga yang murah dan lagi hits untuk dikunjungi yang berlokasi di Jl. Jaksa Agung, Kotakulon, Kec. Bondowoso, Kabupaten Bondowoso, dimana Alun-alun Bondowoso adalah tempat wisata yang sangat populer di Bondowoso dan bahkan tidak pernah sepi pengunjung baik itu pada saat hari libur maupun akhir pekan.

Disini para pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas wisata yang menarik seperti bersepeda, jogging, bersantai sambil nongkrong pada malam hari dan masih banyak lagi yang lainnya, bahkan selain itu Alun-alun Bondowoso juga bisa menjadi salah satu tempat wisata kuliner dan pengunjung bisa menikmati berbagai jenis olahan kuliner khas Bondowoso dengan memiliki harga yang relatif murah sehingga sangat cocok untuk berlibur bersama keluarga.

Wisata Air Terjun Tancak Kembar

Tempat wisata alam lainnya yang terdapat di Bondowoso untuk anak dan keluarga yang murah dan lagi hits yaitu ada Air Terjun Tancak Kembar dan sangat sayang dilewatkan pada saat berada di daerah yang satu ini, sesuai dengan namanya bahwa aliran air terjun yang terbagi menjadi dua dengan ukuran yang hampir sama sehingga tempat wisata alam tersebut dinamakan dengan air terjun Tancak Kembar.

Air terjun Tancak Kembar memiliki aliran air yang cukup tinggi yaitu sekitar 77 meter dan 50 meter dan aliran airnya yang tergolong cukup deras dengan  memiliki air yang relatif jernih sangat cocok untuk kamu yang pecinta alam, jika kamu tertarik untuk berlibur ke tempat wisata Air Terjun Tancak Kembar maka lokasinya berada di Desa Andongsari Kec. Pakem, Kab. Bondowoso.

Wisata Taman Krocok Bondowoso

Wisata Taman Krocok Bondowoso merupakan salah satu pintu masuk obyek wisata rafting Bosamba dengan memiliki kondisi alam yang masih tergolong cukup asri ditambah lagi dengan suasana yang sejuk, sehingga membuat Taman Krocok Bondowoso tersebut sangat cocok dijadikan sebagai salah satu tempat wisata alam di Bondowoso untuk anak dan keluarga yang murah dan lagi hits bisa dikunjungi yang berlokasi di Desa Taman, Kec. Taman Krocok, Kab. Bondowoso.

Untuk kamu yang ingin mencoba untuk menghilangkan rasa penat dan lelah setelah melakukan berbagai aktivitas seharian yang cukup menguras tenaga maka kamu bisa dengan mengunjungi taman yang satu ini yang bisa dijadikan sebagai tempat bersantai, bahkan selain itu biasanya sebelum melakukan aktivitas rafting para wisatawan rafting Bosamba yang akan singgah sejenak di Taman Krocok Bondowoso untuk melakukan persiapan.

Wisata Perkebunan Kopi Arabika Kalisat Jampit

Kabupaten Bondowoso memiliki perkebunan kopi yang bernama Perkebunan Kopi Arabika Kalisat Jampit  yang merupakan perkebunan kopi milik PTPN XII Kalisat Jampit dengan memiliki luas sekitar 4.000 hektare yang terletak pada ketinggian sekitar 900 mdpl, Perkebunan Kopi Arabika Kalisat Jampit tersebut menjadi salah satu tempat wisata di Bondowoso untuk anak dan keluarga yang murah dan lagi hits bisa kamu kunjungi pada saat musim libur akhir pekan sudah tiba.

Disini para pengunjung yang bisa melihat bagaimana kopi ditanam, di petik, diolah dan bahkan sampai menjadi bubuk kopi yang sudah siap untuk dikonsumsi, bahkan jika kamu mau maka bisa mencoba untuk menikmati kopi Arabika langsung di warung di komplek perkebunan tersebut, selain bisa menikmati keindahan alam dan juga suasana yang menenangkan namun kamu juga berlibur sekaligus mendapatkan wawasan mengenai perkebunan kopi dan sangat cocok untuk kamu yang seorang pecinta kopi sejati.

Wisata Tasnan Forest

Tasnan Forest menjadi salah satu tempat wisata di Bondowoso untuk anak dan keluarga yang murah dan lagi hits sangat sayang ditinggalkan dan tempat wisata tersebut merupakan sebuah hutan pinus Tasnan menjadi spot berfoto ria, Hutan Tasnan sudah dikelola dengan baik sehingga sudah dilengkapi dengan anjungan di atas pohon, lampion gantung, hammock beraneka warna, ayunan kayu, hingga amfiteater dengan kursi kayu yang dapat menjadi latar yang sangat  menarik dalam berswafoto disana.

Selain memiliki banyak fasilitas yang telah disediakan di hutan Tasnan tetapi dilengkapi dengan udara sekitar yang sejuk ditambah lagi ada kicauan burung yang sangat merdu sehingga akan membuat kamu semakin betah bersantai atau berlibur di sini, jika berniat untuk mengunjungi tempat wisata hutan Tasnan maka lokasinya berada di Desa Taman, Kecamatan Grujugan, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur dengan memiliki biaya tiket masuk sekitar Rp 5.000 per orangnya dan kamu sudah bisa menikmati semuanya yang ada disana.

Wisata Kawah Ilalang

Kawah Ilalang yang berlokasi di Desa Kalianyar, Kec. Sempol, Kabupaten Bondowoso bisa menjadi salah satu tempat wisata alam di Bondowoso untuk anak dan keluarga yang murah dan lagi hits dikunjungi pada saat musim libur akhir pekan sudah tiba, sesuai dengan namanya bahwa tempat wisata yang satu ini memiliki daya tarik utama yaitu kawah dipenuhi dengan ilalang dan pada musim penghujan kawah tersebut dilihat dari kejauhan seperti hamparan permadani yang berwarna hijau keputihan.

Selain dapat menikmati pemandangan alam yang menakjubkan pengunjung bisa bersantai sambil melakukan beberapa foto dengan latar belakang hamparan ilalang, tempat wisata tersebut dapat dikunjungi kapan saja karena dibuka setiap hari selama 24 jam dan belum dikenakan biaya tiket masuk hanya saja pengunjung akan membayar Rp 5.000 untuk biaya parkir kendaraan dan pengunjung sudah bisa menikmati suasana alam yang sejuk dan indah dilihat.

Wisata Situs Megalitikum Bondowoso

Terakhir tempat wisata di Bondowoso untuk anak dan keluarga yang murah dan lagi hits wajib dikunjungi ada Situs Megalitikum Bondowoso dengan memiliki pemandangan alam yang sangat menakjubkan, untuk tempat wisata yang satu ini khusus untuk kamu yang pecinta obyek wisata sejarah karena di tempat ini tidak hanya menawarkan keindahan alam saja namun para pengunjung bisa melihat beraneka ragam dolmen dan sarkofagus peninggalan era batu besar secara langsung.

Dimana untuk memudahkan para wisatawan para pengelola obyek wisata yang telah mengelola lokasi tempat wisata tersebut demikian rupa sehingga aman dan ramah terhadap wisatawan, untuk kamu yang berniat mengunjungi tempat wisata Situs Megalitikum Bondowoso ini yang berlokasi di Desa Glingseran, Kec. Beringin, Kab. Bondowoso dan pengunjung bisa berkunjung kapan saja karena dibuka setiap hari dimulai dari pagi sampai petang.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan rekomendasi beberapa tempat wisata di Bondowoso untuk anak dan keluarga yang murah dan lagi hits wajib dikunjungi pada saat berkunjung ke daerah yang satu ini bersama keluarga untuk menghabiskan waktu liburan yang seru dan menyenangkan.