Monday, 17 Jun 2024

Tips Agar Bayi Cepat Gemuk Dalam 1 Minggu

6 minutes reading
Monday, 17 Jul 2023 19:44 0 222 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Gimana sih tips agar bayi cepat gemuk dalam 1 minggu? Ingin si bayi cepat gemuk tapi tidak tau gimana cara dan tips yang tepat dalam merawatnya supaya cepat gemuk dan sehat? Langsung saja baca artikel ini sampai selesai jika kamu masih bingung apa yang harus kamu lakukan guna membuat si bayi gemuk hanya dalam 1 minggu.

Semua moms pasti ingin sekali melihat anaknya tumbuh dan kembang secara pesat agar dapat membuatnya terlihat lebih gemuk serta sehat. Hanya dengan melihatnya tumbuh dengan baik, membuat kamu menjadi ikut tenang dan tidak perlu khawatir lagi mengenai pertumbuhan si bayi.

Memiliki tubuh yang gemuk berisi, tentu saja membuat moms senang karena si bayi ternutrisi dengan baik dan sehat. Namun terkadang ada kalanya si bayi tumbuh dengan lambat dan tidak ada progres dalam pertumbuhan berat badannya sehingga membuatnya terlihat kurus dan lesu. Membuat kamu menjadi khawatir dibuatnya.

Tapi jangan khawatir moms, kamu sudah mengunjungi artikel yang tepat! Kini kamu dapat mengatasi cara membuat si bayi tumbuh cepat hanya dalam 1 minggu sehingga membuatnya terlihat gemuk dan sehat. Simaklah beberapa tipsnya dibawah ini!

Tips Agar Bayi Cepat Gemuk Dalam 1 Minggu

Tips Agar Bayi Cepat Gemuk Dalam 1 Minggu

Merawat bayi memang harus super duper teliti dan hati-hati jika tidak ingin terjadi hal-hal yang diluar kontrol kamu sebagai moms. Memang sangat melelahkan, tapi itu semua juga demi buah hati tercinta agar selalu tetap sehat.

Jadi kamu jangan bosan-bosan untuk selalu memperhatikan sekecil apapun itu dalam merawatnya yang memberikan efek positif untuk tumbuh kembang si bayi. Mau itu asupan nutrisi, vitamin, dan lain sebagainya.

Lalu gimana nih tips atau cara merawat si bayi agar cepat gemuk hanya dalam 1 minggu? Emangnya mungkin dan bisa? Tentu saja moms! Berikut di bawah ini ada beberapa tipsnya yang bisa kamu coba:

Memberinya ASI Sesering mungkin

Langkah yang pertama adalah dengan memberikan ASI secara eksklusif. Memberi ASI sesering mungkin kepada si bayi dapat mempercepat peningkatan berat badannya mencapai angka ideal. Jadi kamu harus memberinya secara teratur setiap 2-3 jam sehari dengan durasi menyusui selama 20 menit.

Dengan begitu kebutuhan ASI si bayi dapat terpenuhi dengan baik, membuatnya lebih cepat gemuk walau hanya dalam 1 minggu. Kamu juga harus memperhatikan posisinya saat ingin menyusui, agar si bayi dan kamunya juga mendapatkan posisi yang nyaman sehingga si bayi pun dapat meminumnya dengan baik.

Kamu juga bisa memberinya nutrisi tambahan dari susu formula, jika memang ASI kamu tidak cukup dalam memproduksinya dikarenakan hal medis tertentu. Sehingga si bayi merasa kurang dan masih butuh asupan nutrisi lainnya yang belum terpenuhi dari ASI kamu.

Asupan Vitamin dan Mineral Harian

Langkah kedua adalah dengan memberinya vitamin dan mineral harian. Tidak cukup dengan ASI atau susu formula lainnya, tapi si bayi pun membutuhkan asupan vitamin dan mineral harian. Membantu menyeimbangkan nutrisi dalam tubuh si bayi dengan vitamin dan mineral yang cukup.

Vitamin bermanfaat membentuk imunitas tubuh hingga meningkatkan fungsi organ lainnya. Seperti vitamin A, C yang bagus dalam menjaga kekebalan tubuh si bayi. Banyak juga produk vitamin untuk bayi mulai dari 0-12 bulan yang terbaik untuk si bayi guna mempercepat pertumbuhan dan kembang agar lebih cepat gemuk dan sehat.

Serta mineral juga berperan penting sebagai proses tumbuh kembang si bayi dalam menjaga kesehatannya seperti membentuk tulang yang kuat, memproduksi hormon dan membantu mempertahankan denyut jantung si bayi agar tetap stabil.

Jangan Membuat si Bayi Stres

Langkah ketiga adalah jangan membuat si bayi merasa stres. Siapa bilang hanya kamu saja yang bisa merasakan stres saat mengurus bayi? Tentu saja bayi pun bisa merasakan hal yang sama, yaitu stres. Hal ini dapat menghambat pertumbuhan si bayi sehingga membuatnya sering kali rewel.

Perlu untuk kamu memperhatikan jam tidurnya agar memberikan istirahat dan tidur yang cukup kepada si bayi. Dengan tidur yang cukup dan berkualitas membuat si bayi tidak akan merasa kelelahan yang membuatnya stres akan hal itu. Memperoleh energi yang lebih banyak lagi saat ia tertidur.

Selalu memanjakan si bayi dengan menggendongnya, memeluknya dengan hangat, menyanyikannya, memandikannya, sehingga si bayi merasakan kehangatan dan kenyamanan dari si ibu. Menghilangkan stresnya dan membuatnya ceria serta riang kembali.

Memijat si Bayi

Keempat adalah dengan memberinya pijatan. Wah ternyata bayi juga butuh pijatan nih moms! Dengan kamu memijatnya secara perlahan dan lembut itu akan menstimulasi fisik si bayi serta meregangkan saraf dan otot si bayi agar lebih rileks. Jadi kamu harus sering-sering memijatnya.

Hal ini juga bisa membantu memperbaiki pencernaan si bayi dengan memijat bagian perutnya dengan hati-hati atau juga kamu panggil ahlinya agar lebih aman daripada melakukannya sendiri. Jika pencernaan si bayi lancar, asupan nutrisinya pun akan tercerna dengan baik dan lebih optimal.

Mulailah dengan bagian perut, lengan, kaki, punggung, secara lembut dan hati-hati jangan terlalu kencang karena si bayi masih memiliki tulang yang rapuh serta kulit yang masih sangat sensitif. Membuatnya lebih rileks dan nyaman membuat mental si bayi lebih tenang, tidak merasakan stres.

Mulai Memberikan MPASI

Terakhir adalah dengan memulai memberikannya MPASI. Jika si bayi sudah memasuki usia 6 bulan keatas, kamu sudah boleh memberikan MPASI yang kaya akan nutrisi dan gizi yang baik dalam memberikan kebutuhan sehari-hari. Bisa berupa susu formula ataupun makanan berupa buah-buahan atau sayuran.

Berilah buah dan sayuran yang segar kepada si bayi seperti alpukat, pisang, brokoli, wortel dan lain sebagainya. Harus kamu olah terlebih dahulu ya moms! Kamu juga dapat memberinya variasi dalam bentuk bubur atau jus agar diminum langsung oleh si bayi dengan baik. Karena dengan ususnya yang masih rentan harus kamu haluskan terlebih dahulu.

Selain itu bisa juga dengan memberinya produk MPASI yang sudah tersedia di berbagai apotik atau supermarket terdekat agar mempermudah kamu dalam memberinya, tidak susah payah di olah sendiri dan juga sudah lengkap gizi, vitamin dan nutrisi lainnya yang membuat si bayi cepat gemuk dan sehat.

Itulah beberapa tips agar bayi cepat gemuk dalam 1 minggu yang bisa kamu tiru dan lakukan setiap harinya. Selalu rutin dan konsisten dalam melakukannya supaya si bayi tumbuh dengan baik. Berikan perawatan yang terbaik kepada si bayi ya moms! Jangan menyepelekan hal sekecil apapun.

Perhatikan juga kesehatannya, jangan lalai dalam merawatnya. Rutin konsultasi ke dokter anak agar mendapatkan arahan yang lebih jelas lagi dari ahlinya. Perhatikan juga dalam memberi perawatan atau makanan yang sekiranya salah dan berakibat fatal untuk si bayi. Good Luck Semoga membantu!