Thursday, 18 Jul 2024

Umur Berapa Anak Kucing Boleh Makan Nasi?

4 minutes reading
Tuesday, 1 Aug 2023 19:52 0 199 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Di umur berapa anak kucing boleh makan nasi? Penasaran? Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mengetahui terkait dimulai dari umur berapakah anak kucing boleh memakan nasi.

Anak kucing yang terhitung masih belia dan belum menginjak umur 6 minggu biasanya masih diberi asupan ASI dari induknya terlebih dahulu atau diberi susu formula jika memang anak kucing tersebut tidak mendapatkan ASI dari induknya.

Jika anak kucing sudah menginjak umur diatas 6 minggu barulah kamu boleh memberikannya makanan pendamping seperti dry food atau wet food sebagai awal mula untuk memperkenalkan makanan lain, selain susu atau ASI.

Lalu bagaimana dengan memberinya makan berupa nasi? Apakah boleh dari usia yang sudah melebihi umur 6 minggu keatas? Nah, disini akan memberikan beberapa informasi terkait hal itu, jadi simaklah penjelasannya dibawah ini dengan seksama!

Umur Berapa Anak Kucing Boleh Makan Nasi?

Umur Berapa Anak Kucing Boleh Makan Nasi

Secara umum, kucing boleh makan makanan berat seperti ikan, daging, dry food, wet food dan juga nasi setelah kucing tersebut memiliki gigi atau berkisar antara umur 1,5 hingga 2 bulan.

Namun sebelum itu, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu mengenai apa saja makanan yang bisa dimakan kucing dan makanan apa saja yang tidak boleh diberikan untuk kucing, supaya kamu tidak asal dalam memberi makanan.

Kucing pada umumnya menyukai makanan seperti ikan, mau itu ikan laut ataupun ikan tawar. Selain itu kucing juga termasuk hewan karnivora yang memakan daging sebagai sumber utama makanannya seperti daging ayam, sapi, bahkan kambing.

Jadi sudah dipastikan makanan kesukaan kucing itu berupa aneka daging-dagingan. Karena kucing lebih membutuhkan protein yang banyak untuk membantu pertumbuhannya dibanding memakan makanan yang memiliki kandungan karbohidrat banyak.

Contohnya seperti nasi. Karena nasi ini lebih memiliki banyak kandungan karbohidrat daripada protein, jadi tidak akan begitu mempengaruhi pertumbuhannya terutama untuk anak kucing yang masih kecil tidak akan berefek apapun.

Apalagi kalau diberikan terus menerus akan menyebabkan gangguan pencernaan si kucing seperti diare, mencret, dan muntah-muntah. Namun jika kamu ingin memberinya nasi pastikan hanya sedikit saja jangan dalam jumlah porsi yang berlebihan.

Untuk usia anak kucing yang boleh diberikan nasi sekitar umur 2 bulan. Di umurnya yang sudah menginjak 2 bulan atau bahkan 2 bulan keatas, anak kucing sudah boleh diberi makanan selain ASI seperti wet food, dry food, dan makanan padat seperti nasi.

Pastinya kamu pernah sesekali disaat ada kucing yang datang ke rumah untuk minta makan dan kamu memberinya nasi. Memang tidak apa-apa jika diberikan dalam jumlah yang sedikit, tapi tidak boleh diberikan setiap hari untuk dikonsumsi kucing kamu.

Mau itu anak kucing, kucing dewasa, atau kucing lansia bahkan kucing ras lainnya. Karena sudah seperti yang dikatakan sebelumnya diatas, bahwasannya kucing ini tidak boleh diberi makan nasi karena tidak akan mempengaruhi apapun untuk tubuhnya.

Alih-alih hanya akan membahayakan sistem pencernaannya. Selain tindakan itu sangat sia-sia, dampak atau efeknya juga akan buruk untuk kucing kamu. Jadi dipikir-pikir dulu lagi ya, jika kamu mau memberi makan nasi kepada kucing kamu atau kucing liar yang datang ke rumah.

Terutama untuk anak kucing yang baru saja menjalani tahap awal pertumbuhan, seharusnya kamu memberikan makanan berkualitas atau makanan lainnya seperti produk makanan kucing Whiskas, Royal Canin, dan lain sebagainya. Agar pertumbuhan mereka semakin berkembang.

Bukan hanya berkembang, tapi mendapatkan hasil yang baik serta dapat membantu kesehatan dan pertumbuhan anak kucing kamu lebih baik lagi. Tidak akan sia-sia lagi karena kamu sudah memberikan makanan yang tepat untuk anak kucing kamu konsumsi.

Itulah beberapa informasi tentang di umur berapa anak kucing boleh memakan nasi yang mungkin perlu kamu ketahui agar tidak salah memberikannya makan saat di usianya yang masih terhitung belum cukup mampu untuknya memakan makanan padat seperti nasi. Pastikan untuk melihat dulu bagaimana atau sudah sejauh mana pertumbuhannya.

Usahakan untuk tidak sembarangan memberikan makanan seperti nasi terlalu sering atau bahkan dianjurkan untuk tidak memberi makan nasi kepada kucing. Belilah produk makanan yang sudah tersedia dan diformulasikan untuk kucing mulai dari produk susunya sampai ke makanan padat lainnya. Good Luck semoga membantu.