Monday, 17 Jun 2024

6 Vitamin Untuk Diet Agar Tetap Sehat

6 minutes reading
Wednesday, 23 Aug 2023 20:15 0 160 Muti Karya

Nesiaverse.com – Dalam menjalankan program diet, asupan vitamin perlu kamu perhatikan, untuk mendapatkan hasil diet yang memuaskan dan baik. Memiliki berat badan yang ideal memang dambaan atau impian semua orang, terutama perempuan. Selain menjaga asupan dan pola makan, olahraga dan kebutuhan vitamin juga berperang penting. Hal tersebut berguna untuk mendukung proses penurunan berat badan bekerja dengan baik. 

Memang tidak ada vitamin yang bekerja secara tiba-tiba untuk menurunkan berat badan. Namun, dengan mendapatkan nutrisi yang seimbang akan mendukung proses metabolisme tubuh yang berjalan dengan lancar atau baik. Hal ini diungkap dalam Perpustakaan Kedokteran Nasional Amerika Serikat. Sehingga penting untuk memperhatikan asupan nutrisi dan vitamin selama masa diet berlangsung. 

Vitamin Untuk Diet Agar Tetap Sehat

Tidak hanya mengatur pola makan dan jenisnya saja, vitamin dan mineral dapat membantu dan berperan penting untuk menurunkan berat badan. Yang mana terdapat beberapa jenis vitamin yang baik dikonsumsi untuk mendukung program diet kamu. Kamu tidak hanya harus berfokus pada pengaturan pola makan dan menyingkirkan kebutuhan vitamin. Kamu harus memenuhi kebutuhan mineral dan vitamins ecara siembang. 

Menurunkan berat badan memang bukan perkara yang mudah. Menurunkan berat badan tidak hanya meminimalkan asupan makanan saja, namun juga kamu harus memenuhi nutrisi dan vitamin secara bersamaan. Hal ini guna menghindari kamu mengalami kekurangan gizi selama masa diet. 

Berikut beberapa jenis vitamin yang dapat kamu konsumsi untuk mendukung program diet kamu, sehingga berjalan lebih efektif lagi. 

Vitamin B

Vitamin B termasuk deretan vitamin yang dapat kamu gunakan untuk diet. Hal ini dikarenakan fungsi dari vitamin B yang dibutuhkan dan penting dalam tubuh. Vitamin B sendiri merupakan sekelompok vitamin yang akan larut di dalam air. Vitamin B memiliki peranan penting dalam proses metabolisme makanan menjadi energi dalam tubuh. Hal ini di catatan dalam National Institutes of Health’s Office of Dietary

Fungsi dari vitamin B ini akan membantu proses pemecahan karbohidrat, protein dan lemak yang masuk ke tubuh dan mengubahnya menjadi sumber energi. Ketika kamu tidak memenuhi kebutuhan vitamin B dalam tubuh, hal ini dapat memicu kamu mengalami gangguan dalam proses diet atau proses penurunan berat badan. Sehingga vitamin B merupakan salah satu jenis vitamin yang harus kamu penuhi agar program diet kamu berjalan dengan lancar. Kamu bisa mendapatkan vitamin B ini dalam kacang-kacangan, susu, pisang, telur dan kentang. 

Vitamin D

Berikutnya ada vitamin D yang mana vitamin satu ini sangat penting dan berfungsi untuk membantu dan menjaga sistem imunitas tubuh seseorang. Dalam sebuah studi juga dikatakan jika kadar vitamin D seseorang rendah hal ini akan berdampak dan berkaitan dengan kondisi atau gangguan berat badan, yaitu obesitas. 

Maka, konsumsi vitamin D dengan kadar yang sesuai dan memenuhi kebutuhannya justru dapat membantu dan terbukti untuk mengurangi lemak perut secara signifikan. Maka, kamu dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan vitamin D selama program diet kamu berlangsung. Untuk bisa mendapatkan kamu disarankan untuk berjemur dibawah sinar matahari, guna mengaktifkan fungsi dari vitamin D dalam tubuh. Kamu daa mengkonsumsi vitamin D dengan mengkonsumsi ikan salmon, jamur, tahu maupun susu kedelai. 

Vitamin C

Vitamin C adlaahalah satu sumber vitamin yang memiliki peranan utama untuk membantu menurunkan proses berat badan atau untuk mendukung program diet kamu. Selain itu vitamin C bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Vitamin C juga membantu produksi lebih banyak pembuluh darah, tulang rawan, otot, kolagen tulang dan berfungsi untuk menjaga atau melindungi sel dalam tubuh dari berbagai risiko kerusakan. 

Kamu bisa mendapatkan vitamin C ini dari buah-buahan segar. Misalnya buah seperti jambu biji, stroberi maupun buah jeruk. Vitamin C juga bisa kamu dapatkan melalui sayuran seperti paprika, brokoli, kubis brussel maupun ubi jalar. Vitamin C juga dapat meningkatkan dan melancarkan sistem pencernaan seseorang. Dengan begitu racun dalam tubuh akan berkurang dengan cepat. 

Zat Besi

Zat besi merupakan salah satu jenis vitamin yang akan membantu tubuh untuk menghasilkan energi sekaligus dengan nutrisi. Zat besi bekerja dengan membawa oksigen ke seluruh sel-sel hingga otot dalam tubuh seseorang. Nutrisi ini akan membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh. Sehingga kamu dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan vitamin atau zat besi satu ini. 

Kadar zat besi yang sedikit atau rendah dalam tubuh ini akan mengurangi sistem ketahanan atau kekebalan fisik seseorang. Bahkan tingkat performa ketika kamu berolahraga juga bisa menurun dan akan menyebabkan gangguan dalam penurunan berat badan. Nantinya kamu akan kesulitan untuk meraih berat badan ideal kamu. Zat besi sendiri bisa diperoleh dari berbagai jenis makanan mulai dari sayur kangkung, sayur bayam, daging merah tanpa lemak, kerang hingga kacang-kacangan. 

Magnesium

Magnesium memiliki peranan dalam produksi energi paling besar. Hal ini dikarenakan magnesium sendiri berperan dalam proses kontrol dan monitoring kadar gula darah sekaligus tekanan darah dalam tubuh. Gula darah dan tekanan darah yang tidak terkendali akan menyebabkan risiko dan gejala gangguan berat badan seperti obesitas. Dalam beberapa kasus tak terkendalinya tekanan darah dalam tubuh dapat menimbulkan penyakit lainnya. 

Magnesium ini bisa kamu dapatkan dari berbagai jenis makanan mulai dari sayuran berdaun hijau yang kaya akan serat dan magnesium. Kamu juga dapat mengonsumsi jenis kacang-kacangan hingga biji-bijian untuk memenuhi kebutuhan vitamin atau magnesium dalam tubuh. Sehingga penurunan berat badan akan bekerja secara efektif juga. 

Kalsium

Kalsium merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, selain itu bermanfaat untuk mendukung proses penurunan berat badan saat program diet kamu. Kalsium berperan untuk membuat tulang dan fungsi otot kamu bekerja lebih baik lagi. Selain itu kamu juga akan mendapatkan manfaat dari segi kesehatan jantung dan dapat mengontrol tekanan darah yang akan bermanfaat menghindari kamu dari berbagai gangguan berat badan. 

Dengan terpenuhinya asupan kalsium dalam tubuh juga kamu dapat tetap menjaga kesehatan tubuh dan jantung bahkan meskipun kamu sedang menjalani program diet. Hal ini penting untuk diperhatikan guna untuk meningkatkan proses atau laju penurunan serta pembakaran kalori dan lemak dalam tubuh. 

Seperti yang sebelumnya kami bahas bahwa dalam program diet kamu harus menyeimbanginya dengan kegiatan atau aktivitas olahraga dan pemenuhan vitamin dalam tubuh. Sehingga manfaat dari kalsium inilah yang mendukung juga dalam proses aktivitas olahraga kamu dan terhindar dari berbagai macam risiko cedera. 

Itulah pembahasan mengenai jenis vitamin dan nutrisi yang berguna untuk membantu dan mendukung program diet kamu bekerja secara efektif. Dengan memperhatikan asupan makanan, vitamin dan intensitas olahraga maka program diet kamu akan memiliki tingkat keberhasilan yang lebih baik lagi. Sehingga kamu akan mendapatkan berat badan ideal lebih cepat namun tetap sehat dan terpantau baik.