Thursday, 18 Jul 2024

5 Waktu Terbaik Untuk Makan Kurma

6 minutes reading
Wednesday, 19 Apr 2023 19:54 0 233 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Pada saat bulan Ramadan kurma menjadi salah satu buah favorit kebanyakan orang dan biasa dikonsumsi pada saat berbuka puasa, dalam mengkonsumsi buah Kurma juga ternyata terdapat waktu terbaik agar nutrisi yang terkandung dalam buah ini terserap dengan sempurna pada tubuh.

Untuk kamu yang ingin mengkonsumsi makanan yang berat tetapi takut kalori yang dimakannya terlalu banyak atau takut gendut sehingga dengan begitu takut pada saat ingin makan, maka solusi yang terbaiknya yaitu dengan mencoba mengkonsumsi buah Kurma karena pada saat tubuh mulai menyerap nutrisi yang terkandung di dalam buah Kurma yang akan membuat rasa lapar menghilang.

Buah Kurma merupakan salah satu jenis buah yang unik dengan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, Kurma sendiri adalah tanaman palma termasuk ke dalam kelompok genus Phoenix dan buah ini termasuk buah tertua yang dibudidayakan di Timur Tengah.

Dimana buah Kurma ini yang sudah bertebaran dimana-mana baik itu di pasar tradisional maupun di supermarket dengan harganya yang terjangkau, biasanya buah Kurma yang kerap dijumpai yaitu buah Kurma yang sudah dikeringkan dengan memiliki warna coklat yang memiliki rasa manis.

Selain rasanya yang manis buah Kurma juga yang mengandung banyak nutrisi didalamnya yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, dan bahkan sudah banyak juga  yang menjadikan buah Kurma ini sebagai pengobatan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan atau penyakit.

Nah untuk kamu yang ingin mendapatkan manfaat dari buah Kurma ini secara maksimal dan nutrisinya terserap sempurna, maka kamu bisa dengan menyimak waktu terbaik makan Kurma untuk bisa mendapatkan kandungannya dengan baik.

Waktu Terbaik Makan Kurma

Waktu Terbaik Makan Kurma

Kurma yang berasal dari dataran sekitaran Teluk Persia dan buah ini juga yang sudah lumayan lama dijadikan sebagai makanan pokok di daerah Timur Tengah dan Afrika, untuk di pasaran buah Kurma ini yang tersaji dalam dua jenis varian yaitu Kurma yang kering dan Kurma yang masih segar.

Untuk jenis Kurma kering yang memiliki tekstur berkerut dan tidak ada kandungan air didalamnya, sedangkan untuk jenis Kurma segar yang memiliki tekstur kulit yang halus dan memiliki kandungan air lebih basah.

Buah Kurma yang memiliki banyak kandungan nutrisi didalamnya yang ternyata dibutuhkan oleh tubuh, sebagian besarnya buah Kurma ini mengandung karbohidrat, terdapat juga kandungan lainnya seperti protein, magnesium, potasium, fiber, mineral dan juga vitamin yang lainnya.

Dengan berbagai kandungan yang terdapat pada buah Kurma ini yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, kandungan serat dalam buah Kurma yang tinggi yang bermanfaat untuk membantu melancarkan sistem pencernaan sehingga dapat menghindari konstipasi.

Selain itu juga buah Kurma ini yang mengandung antioksidan yang tinggi yang memiliki peran penting untuk membantu mengurangi risiko terkena gangguan jantung, diabetes, dan bahkan hingga kanker dan alzheimer.

Sebuah penelitian juga yang mengungkapkan bahwa dengan mengkonsumsi buah Kurma ini yang mampu digunakan untuk meningkatkan kinerja otak, dapat meningkatkan daya ingat dan juga kemampuan belajar sehingga dalam hal ini buah Kurma yang dapat digunakan untuk mengurangi risiko alzheimer.

Dimana untuk manfaat yang terdapat pada buah Kurma ini yang sangat banyak bisa didapatkan hanya dengan mengkonsumsinya secara rutin, memakan buah Kurma ini yang bisa dikonsumsi kapan saja tetapi ada waktu terbaik untuk makan Kurma agar nutrisinya bisa didapatkan dengan sempurna.

Makan buah Kurma pada saat lapar yang hanya akan mengatasi kelaparan saja, sedangkan makan di waktu terbaik makan Kurma yang dapat memaksimalkan penyerapan nutrisi yang ada pada buah Kurma tersebut karena di waktu tertentu tubuh yang dapat maksimal dalam mencerna makanan.

Untuk proses sistem pencernaan yang terjadi pada saat makanan masuk ke dalam rongga mulut, dengan berbagai enzim didalam mulut ini yang akan berfungsi untuk melunakkan makanan sehingga makanan tersebut yang dapat dengan mudah dicerna organ seperti usus dan lambung, adapun untuk beberapa waktu terbaik makan Kurma yang bisa kamu ketahui yaitu sebagai berikut:

Sarapan

Waktu terbaik untuk makan Kurma agar bisa memaksimalkan nutrisi yang terdapat didalam buah tersebut yaitu pada saat sarapan, dimana buah Kurma yang efektif memasok at gula dan fiber ke tubuh sehingga sebaiknya untuk mengkonsumsi buah Kurma ini di pagi hari sebelum melakukan berbagai aktivitas.

Dengan mengkonsumsi buah Kurma pada saat sarapan selain membantu memberi energi namun buah Kurma juga yang dapat menjaga perut kamu kenyang dengan waktu yang cukup lama, apalagi sekarang bulan Ramadhan maka konsumsi buah Kurma di waktu sahur yang akan memberi energi dan menunda lapar ketika berpuasa.

Menjelang Sore

Pada sore hari tentu saja energi dalam grafik yang menurun karena sudah melakukan berbagai aktivitas, sehingga tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi buah Kurma menjelang sore bertujuan untuk membantu menambah pasokan gula alami dan fiber ke dalam tubuh.

Dengan pasokan gula dan serat didalam buah Kurma ini yang akan membuat tubuh kamu menjadi kembali lebih segar dan tidak akan merasa lemas dan lesu, namun pada saat puasa tentu saja bisa mengkonsumsi buah Kurma ini ketika berbuka puasa untuk membantu mengembalikan kadar gula darah didalam tubuh sebelum mengkonsumsi makanan yang berat.

Saat Lapar

Sudah kita ketahui bahwa buah Kurma ini yang mengandung banyak kalori dan tinggi serat di dalamnya sehingga buah Kurma ini yang sangat bagus dan waktu terbaik makan Kurma pada saat merasa lapar, sehingga untuk kamu yang merasa lapar tetapi malas mengambil makanan besar maka alternatifnya bisa mengambil buah Kurma untuk memasok kalori di dalam tubuh.

Sebelum Melakukan Olahraga

Buah Kurma yang mengandung gula yang tinggi di dalamnya tetapi ini tidak akan membuat gula darah menaik atau langsung melonjak tinggi, justru dengan mengkonsumsi buah Kurma ini yang akan membuat pelepasan karbohidrat yang ada didalam tubuh terjadi secara perlahan.

Sehingga dengan begitu bisa menjadi bahan bakar pada saat berolahraga, jadi waktu terbaik makan Kurma yaitu sebelum melakukan olahraga yaitu dengan mengkonsumsi sekitar 2 hingga 4 buah Kurma.

Pada Saat Lapar Tengah Malam

Tidak sedikit orang yang bangun tidur tengah malam yang dikarenakan merasa lapar, namun hal ini yang bisa diatasi hanya dengan mengkonsumsi buah Kurma dan buah ini juga menjadi salah satu makanan yang aman dikonsumsi di tengah malam.

Buah Kurma yang memiliki kandungan serat yang tinggi di dalamnya yang akan membuat kamu merasa kenyang dengan jangka waktu yang cukup lama, hal ini yang dikarenakan kandungan serat yang memiliki waktu yang lebih lama untuk bisa dicerna.

Mungkin hanya itu saja ulasan atau informasi mengenai beberapa waktu terbaik untuk bisa memakan buah Kurma agar nutrisi yang terkandung pada buah ini dapat terserap dengan sempurna, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.