Saturday, 22 Jun 2024

Buah yang Tidak Boleh Untuk Ibu Hamil

8 minutes reading
Saturday, 18 Feb 2023 06:11 0 318 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Mungkin masih banyak ibu hamil yang belum tahu ternyata terdapat beberapa jenis buah yang dilarang dikonsumsi selama kehamilan, hal ini menjadi salah satu hal yang sangat penting perlu kamu ketahui dan untuk mengetahuinya buah yang tidak boleh untuk ibu hamil kamu bisa dengan di bawah ini.

Ibu hamil selama masa kehamilan memang harus banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin seperti buah dan sayuran, dengan asupan nutrisi terpenuhi yang membuat bayi didalam kandungan bisa tumbuh sehat.

Tetapi tidak semua jenis makanan dan minuman yang termasuk juga buah-buahan bisa dikonsumsi selama kehamilan, dimana terdapat beberapa buah yang tidak boleh untuk ibu hamil dan ini bisa menyebabkan masalah pada kesehatan dan juga kandungan.

Nah untuk itu ibu hamil perlu mengetahui beberapa buah yang tidak boleh untuk ibu hamil yang harus dihindari, untuk mengetahuinya bisa dengan menyimak penjelasannya dibawah ini.

Buah yang Tidak Boleh Untuk Ibu Hamil

Jenis buah-buahan yang begitu sangat banyak yang memberikan manfaatnya yang sangat beragam untuk kesehatan, namun ternyata terdapat beberapa jenis buah-buahan yang dilarang dikonsumsi oleh ibu hamil walaupun di satu sisi buah ini memiliki manfaat yang baik untuk ibu hamil tetapi terdapat risiko yang tertentu pada kesehatan.

Dimana terdapat beberapa buah yang tidak boleh dikonsumsi dengan berbagai alasannya seperti membuat kadar asam didalam perut yang meningkat dan beresiko membuat janin cacat atau mengalami keguguran, tentu saja hal ini yang sangat dihindari oleh ibu hamil dan sangat takut jika mengalami keguguran.

Adapun untuk beberapa buah yang tidak boleh untuk ibu hamil yang perlu diketahui oleh ibu hamil yaitu sebagai berikut:

Nanas

Buah Nanas yang bisa menyebabkan ibu hamil yang mengalami keguguran dan ini menjadi salah satu jenis buah yang tidak boleh untuk ibu hamil, buah Nanas sangat beresiko terhadap ibu hamil hal ini dikarenakan kandungan bromelain dalam buah Nanas yang bisa memecahkan protein.

Kandungan bromelain yang bisa melunakkan serviks atau leher rahim merupakan salah satu bagian ujung rahim menyempit dan ujung inferior atau bagian bawah yang mengarahkan ke vagina pada sistem reproduksi wanita, jika serviks melunak yang dikarenakan buah Nanas yang bisa mengakibatkan mengalami keguguran atau persalinan dini.

Pepaya

Ibu hamil yang mengkonsumsi buah Pepaya mentah yang menjadi salah satu jenis buah yang tidak boleh untuk ibu hamil hal ini dikarenakan buah Pepaya yang mengandung lateks yang bisa menyebabkan kontraksi, mengkonsumsi Pepaya mentah atau setengah matang yang masih mengandung lateks didalamnya yang bisa konsentrasi tinggi sehingga dengan begitu bisa menghasilkan kontraksi uterus.

Sehingga buah Pepaya yang mentah atau setengah matang tidak aman dikonsumsi untuk ibu hamil, selain itu juga buah Pepaya yang mengandung papain didalamnya yang bisa menyebabkan induksi persalinan dan bahkan lateks beserta papain yang bisa menyebabkan alergi.

Anggur

Buah Anggur menjadi salah satu buah yang tidak boleh untuk ibu hamil dan ini banyak yang masih belum tahu, hal ini dikarenakan buah Anggur yang mengandung resveratrol yang bisa membuat hormon menjadi tidak stabil dan senyawa resveratrol ini yang merupakan salah satu bagian dari antioksidan yang terdapat pada buah Anggur merah.

Apalagi selama masa kehamilan cukup sensitif karena terdapat perubahan hormon yang tertentu dan salah satunya progesteron, ditambah lagi jika mengkonsumsi buah ini maka hormon yang semakin tidak stabil dan ini sangat merugikan untuk ibu hamil.

Mangga

Buah Mangga yang matang termasuk ke dalam salah satu jenis buah yang tidak boleh untuk ibu hamil hal ini dikarenakan buah Mangga yang mengandung gula yang cukup tinggi didalamnya, dengan kandungan gula ini yang meningkatkan risiko terhadap ibu hamil serta bayi di kandungan terutama untuk ibu hamil penderita diabetes.

Sedangkan untuk bayi didalam kandungan yang dikhawatirkan bisa mengalami kelebihan berat badan sehingga bisa menyulitkan selama proses persalinan, sehingga untuk ibu hamil sebaiknya untuk menghindari mengkonsumsi buah Mangga yang satu ini.

Durian

Durian termasuk ke dalam salah satu jenis buah yang tidak boleh untuk ibu hamil jika selama kehamilan mengkonsumsi buah Durian yang ternyata bisa memiliki risiko besar, buah Durian yang dikenal sebagai salah satu buah yang bisa menggugurkan kandungan terkhususnya mengkonsumsinya dengan jumlah berlebihan.

Buah Durian yang mengandung alkohol dan juga asam yang berasal dari asam arachidonat, kandungan karbohidrat dan gula yang tinggi, dengan kandungan tersebut yang bisa membuat janin kelebihan berat badan jika ibu hamil mengkonsumsinya secara berlebihan dan tentunya dengan kelebihan berat badan yang akan menyulitkan pada saat proses persalinan.

Nangka

Buah Nangka menjadi salah satu jenis buah yang tidak boleh untuk ibu hamil hal ini dikarenakan buah Nangka yang mengandung senyawa yang dapat membuat perut menjadi terasa panas, rasa panas ini yang akan timbul karena lambung mengalami iritasi yang diakibatkan oleh produksi asam lambung naik atau meningkat.

Dimana buah Nangka yang mengandung serat tinggi di dalamnya sehingga bisa membuat perut bekerja menjadi lebih berat dalam menghasilkan asam lambung untuk dapat mencernanya, selain itu juga buah Nangka ini tidak boleh dikonsumsi untuk ibu hamil penderita diabetes dan juga maag.

Semangka

Buah Semangka memang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh namun ternyata buah Semangka ini yang termasuk ke dalam jenis buah yang tidak boleh untuk ibu hamil, dimana ternyata untuk ibu hamil yang mengkonsumsi buah Semangka yang bisa menyebabkan diabetes gestasional hal ini dikarenakan sifat diuretik didalamnya.

Dimana sifat diuretik yang bisa membuang nutrisi ibu hamil beserta janinnya dan kandungan nutrisi ini sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dan janinnya, selain itu juga kadar gula yang terkandung dalam buah Semangka yang bisa membuat kadar glukosa didalam darah yang meningkat dan ini bisa menyebabkan ibu hamil terserang diabetes gestasional.

Melon

Buah yang tidak boleh untuk ibu hamil yang lainnya yaitu buah Melon jenis Melon merah dan Cantaloupe, dimana untuk ibu hamil yang mengkonsumsi buah melon jenis tersebut yang bisa meningkatkan risiko prematur hingga cacat janin hal ini dikarenakan kulit luarnya yang tercemar dengan bakteri.

Salah satu bakterinya yaitu bakteri salmonella yang bisa membuat ibu hamil terancam terkena virus Toxoplasma, Rubella, Cytomegalovirus (CMV) atau virus TORCH, virus ini yang sangat berbahaya untuk ibu hamil yang bisa mempengaruhi kesehatan diri sendiri dan juga bayi didalam kandungan.

Pisang

Buah Pisang yang dipercaya bisa mengatasi sembelit untuk masa kehamilan mudah hingga tua namun  ternyata buah Pisang ini yang menjadi salah satu jenis buah yang tidak boleh untuk ibu hamil dalam kondisi tertentu yaitu seperti penderita diabetes, dimana buah Pisang yang mengandung chitinase merupakan semacam latkes berbahaya untuk penderita diabetes ditambah lagi buah ini yang tinggi kandungan gula.

Selain itu juga buah Pisang yang mengandung protein yang cukup tinggi dan kandungan ini sangat berbahaya untuk janin, dimana sebaiknya selama kehamilan menghindari mengkonsumsi makanan yang tinggi protein ini dikhawatirkan menyebabkan pertumbuhan bayi yang berlebih dan akan menyulitkan persalinan.

Persik

Buah Persik termasuk ke dalam jenis buah yang tidak boleh untuk ibu hamil hal ini dikarenakan buah Persik yang dianggap sebagai buah panas, sehingga untuk ibu hamil yang mengkonsumsi buah Persik dengan jumlah yang banyak bisa menyebabkan panas didalam tubuh dan ini meningkatkan risiko perdarahan internal dan bahkan keguguran.

Sehingga untuk ibu hamil yang mengidam memakan buah Persik sebaiknya mengkonsumsinya dengan jumlah sedang tanpa kulit, hal ini dikarenakan folikel kecil yang terdapat pada kulit buah Persik yang bisa menyebabkan iritasi di tenggorokan, dengan begitu memicu peradangan tenggorokan sehingga kesulitan menelan yang diakibatkan oleh infeksi dari buah yang satu ini.

Kurma

Buah Kurma memang memiliki banyak manfaatnya untuk ibu hamil namun jika mengkonsumsi buah Kurma secara berlebihan menjadi salah satu buah yang tidak boleh untuk ibu hamil, hal ini dikarenakan buah bisa mengalami kenaikan berat badan di atas rata-rata, diabetes gestasional dan juga gula darah yang melonjak naik dan efek samping ini berasal dari kandungan gula yang tinggi didalam buah Kurma.

Asam Jawa

Asam Jawa yang mengandung vitamin C yang tinggi sehingga membuat buah Asam Jawa ini menjadi salah satu buah yang tidak boleh untuk ibu hamil, kandungan vitamin C yang cukup tinggi bisa berdampak dalam menekan proses produksi progesteron di dalam tubuh selama kehamilan.

Sehingga untuk ibu hamil yang mengkonsumsi Asam Jawa ini apalagi secara berlebihan yang bisa meningkatkan risiko terjadinya keguguran, menyebabkan kerusakan sel pada janin dan juga melahirkan secara prematur.

Kelapa

Buah Kelapa yang dikenal memiliki banyak manfaatnya untuk kesehatan namun ternyata buah Kepala menjadi salah satu buah yang tidak boleh untuk ibu hamil, dimana buah Kelapa ini yang bisa menyebabkan alergi pada beberapa kasus untuk ibu hamil, memicu diare, meningkatkan reaksi alergi untuk tubuh dan juga meningkatkan kadar gula.

Selain itu juga untuk ibu hamil yang makan buah Kelapa yang bisa menurunkan kualitas air ketuban hal ini dikarenakan mengganggu keseimbangan cairan elektrolit, sehingga dengan begitu air ketuban menjadi tidak sehat dan jika kualitas cairan ketuban terganggu maka bisa membahayakan kesehatan janin apalagi jika melakukan persalinan caesar.

Mungkin hanya itu saja beberapa jenis buah yang tidak boleh untuk ibu hamil yang bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan selama kehamilan, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.