Monday, 17 Jun 2024

Buah yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Diabetes

4 minutes reading
Saturday, 18 Feb 2023 06:10 0 129 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Dengan kadar gula tinggi yang akan membuat penderita diabetes yang memiliki berbagai pantangan makanan yang tidak boleh dimakan, salah satunya tidak boleh makan makanan sembarangan untuk penderita diabetes ada beberapa jenis buah-buahan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Pada dasarnya buah-buahan yang mengandung nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh dan termasuk juga untuk penderita diabetes melitus, namun ternyata untuk penderita diabetes yang tidak boleh sembarangan mengkonsumsi buah-buahan hal ini dikarenakan terdapat beberapa buah mengandung banyak gula sehingga perlu membatasi dalam mengkonsumsi buah-buahan.

Dimana Mayo Clinic yang telah menyebutkan bahwa ternyata terdapat beberapa buah yang mengandung lebih banyak gula di dalamnya daripada yang lainnya, namun demikian bukan berarti penderita diabetes tidak boleh mengkonsumsi buah-buahan tersebut sama sekali.

Sehingga terdapat beberapa buah yang menjadi pantangan atau tidak boleh dimakan penderita diabetes, hanya saja untuk penderita diabetes yang perlu memperhatikan jumlah buah yang dikonsumsi jangan sampai berlebihan.

Buah yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Diabetes

Buah yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Diabetes

Kandungan karbohidrat yang terdapat didalam buah-buahan yang sangat penting perlu kamu perhatikan hal ini dikarenakan bisa mempengaruhi pada kadar gula darah didalam tubuh, besar kecil porsi yang bisa kamu makan yang terkandungan dari kandungan karbohidrat di dalam buah tersebut.

Adapun untuk beberapa jenis buah yang tidak boleh dimakan atau menjadi pantangan penderita diabetes yaitu sebagai berikut:

Buah Tin

Buah Tin menjadi salah satu jenis buah yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes secara berlebihan, hal ini yang dikarenakan buah Tin yang mengandung karbohidrat dan gula yang sangat tinggi dalam porsi 100 gram yang terdapat 19,18 gram karbohidrat dan juga sekitar 16,26 gram kandungan gula di dalamnya.

Semangka

Dimana dalam porsi sekitar 100 gram buah Semangka yang memiliki indeks glikemik (IG) cukup tinggi yaitu sekitar 72 sehingga membuat buah Semangka ini termasuk ke dalam salah satu buah pantangan atau tidak boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes jika dimakan secara berlebihan.

Ceri

Buah Ceri yang termasuk ke dalam salah satu jenis buah yang kaya akan kandungan karbohidrat dan gula sehingga untuk penderita diabetes sebaiknya tidak memakan buah yang satu ini, dalam porsi sekitar 100 gram buah Ceri yang mengandung karbohidrat sekitar 16 gram dan juga gula sekitar 12,8 gram.

Pir

Buah Pir yang mengandung karbohidrat sekitar 15,1 gram dan kandungan gula 9,69 gram di dalam porsi 100 gram, sehingga dengan begitu untuk penderita diabetes sebaiknya untuk tidak mengkonsumsi buah Pir apalagi dalam porsi yang berlebihan.

Pisang

Buah yang tidak boleh dimakan penderita diabetes yaitu buah Pisang yang termasuk ke dalam salah satu jenis buah mengandung karbohidrat yang tinggi di dalamnya, buah Pisang dalam keadaan matang yang mengandung sekitar 23 gram karbohidrat.

Untuk penderita diabetes masih aman mengkonsumsi buah Pisang dengan porsi yang cukup, tetapi jika dalam jumlah yang berlebihan maka buah Pisang ini tidak aman untuk penderita diabetes sehingga kamu perlu untuk membatasi dalam mengkonsumsi buah yang satu ini.

Anggur

Penderita tidak boleh mengkonsumsi buah Anggur dalam jumlah yang banyak dan disarankan untuk mengurangi dalam mengkonsumsi buah Anggur agar kadar gula darah tidak melonjak, hal ini karena buah Anggur yang mengandung karbohidrat dan gula yang cukup tinggi dimana dalam porsi 100 gram terdapat sekitar 15,5 gram gula dan 18,1 gram karbohidrat .

Apel

Buah yang tidak boleh dimakan penderita diabetes yaitu ada buah Apel yang tidak boleh dimakan secara berlebihan, hal ini dikarenakan buah Apel yang memiliki kadar karbohidrat dan gula yang tinggi dimana dalam 100 gram yang terdapat sekitar 14,8 gram karbohidrat dan gula sekitar 12,2 gram.

Nanas

Buah Nanas menjadi salah satu buah pantangan atau tidak boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes dalam porsi yang berlebihan, hal ini karena buah Nanas yang mengandung kadar glukosa cukup tinggi sekitar 10  gram pada setiap porsi 100 gram sehingga dengan begitu buah ini tidak baik dikonsumsi untuk penderita diabetes secara berlebihan.

Mangga

Buah Mangga yang dikenal sebagai salah satu buah yang mengandung gula yang tinggi dan buah Mangga ini tidak boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes secara berlebihan, dalam 100 gram buah Mangga yang terdapat sekitar 15 gram dan gula sekitar 13,7 gram.

Buah Kering

Untuk buah yang tidak boleh dimakan penderita diabetes yang terakhir yaitu buah-buahan yang sudah kering terutama buah yang ditambahkan gula, untuk porsi buah kering yang telah direkomendasikan yaitu sekitar 30 gram dan porsi ini setara dengan satu sendok makan buah kering.

Selain beberapa jenis buah-buahan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes secara berlebihan diatas kamu juga tidak boleh atau perlu mengurangi buah-buahan yang dibuat minuman jus buah, hal ini dikarenakan bisa meningkatkan kadar gula darah secara cepat dibandingkan dengan buah-buahan yang langsung dimakan selagi masih segar.

Hal ini berlaku walaupun kamu tidak menambahkan pemanis tambahan apapun ke dalam jus buah tersebut, untuk beberapa buah yang tidak boleh dimakan penderita diabetes masih bisa dan boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes asalkan tidak mengkonsumsinya secara berlebihan.

Mungkin hanya itu saja beberapa jenis buah yang tidak boleh dimakan penderita diabetes yang perlu kamu ketahui, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.