9 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Wajah

5 minutes reading
Saturday, 8 Jul 2023 14:00 0 93 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Berbagai macam manfaat kunyit sangat banyak untuk digunakan dalam kesehatan maupun kecantikan. Salah satunya adalah manfaat kunyit untuk wajah kamu yang mengalami masalah kulit wajah.

Emang bisa ya memakai kunyit buat wajah? Tentu bisa kok! Asal kamu bisa mengolahnya dengan baik. Misalnya kamu olah menjadi masker kunyit untuk wajah, dengan cara yang sudah kamu ketahui.

Kunyit ini sangat populer di bidang medis juga, lho! Kandungan senyawa kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin, demetoksikurkumin, dan bisdemetoksikurkumin yang bisa dijadikan obat tradisional alami.

Dalam beberapa penelitian juga mengatakan bahwa kunyit bermanfaat sebagai anti-inflamasi, antioksidan, serta anti-bakteri yang berperan di bidang kecantikan guna membantu mengatasi masalah kulit wajah.

Jadi, untuk kamu yang ingin memakai kunyit sangat bisa kamu gunakan dalam mengatasi berbagai masalah kulit wajah kamu. Emang apa saja manfaat kunyit untuk wajah? Nah, simaklah dengan seksama!

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Wajah

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Wajah

Si kuning satu ini sering kita sebut dengan kunyit yang kaya akan manfaatnya di berbagai bidang kesehatan serta kecantikan. Bagaimana tidak? Kandungan kurkumin yang ada di dalamnya memiliki sifat anti radang dan antimikroba. Hal itu sangat bermanfaat untuk kulit wajah kamu, seperti yang ada di bawah ini:

Mengatasi Jerawat

Sudah sering terdengar bukan? Kalau kunyit ini bisa mengobati jerawat serta meredakan jerawat yang sedang meradang. Karena bantuan dari kurkumin didalamnya sebagaimana yang telah tadi disebutkan.

Selain itu sifat antimikroba yang ada pada kunyit, membantu kamu dalam mengatasi bakteri-bakteri penyebab jerawat. Sehingga akan mencegah terjadinya jerawat baru yang akan muncul di kulit wajah kamu.

Meredakan Kemerahan

Memiliki wajah yang berjerawat seringkali kulit kamu menjadi kemerahan karena terjadinya peradangan akibat jerawat. Hal itu juga menimbulkan rasa sakit, gatal-gatal, serta nyeri khususnya untuk kamu yang memiliki jerawat batu.

Nah, sifat anti-inflamasi pada kunyit lah yang berperan dalam mengatasi serta mengurangi kemerahan yang sedang kamu alami di kulit wajah dan mengurangi rasa sakit yang kamu rasakan saat mengalami peradangan akibat jerawat.

Mencerahkan Wajah

Ini sih manfaat yang paling diminati banyak orang pastinya. Siapa sih yang gak mau wajahnya putih, cerah, bersih dari noda-noda membandel akibat bekas jerawat? Tentu kita semua juga ingin dan kunyit lah solusinya!

Kunyit ini memiliki kandungan kurkumin dan merupakan antioksidan yang memberi efek antiradang poten serta vitamin C didalamnya. Membantu mencerahkan kulit kusam dan meratakan warna kulit kamu.

Menyamarkan Kantung Mata

Siapa nih yang punya mata panda? Pasti sebutkan kalo punya kantung mata yang menghitam akibat dari paparan sinar UV atau bahkan dari kurang tidur hingga mata kamu lelah. Membuat kamu jadi kurang percaya diri.

Tapi tenang! Hal itu bisa diatasi oleh kunyit dalam mengatasi mata panda. Anti-inflamasi pada kunyit ini mampu menstimulasi aliran darah di area kulit wajah sehingga lingkaran hitam di bawah mata bisa tersamarkan.

Menghambat Penuaan Dini

Semakin kamu tidak melindungi kulit wajah dari sinar UV atau radikal bebas yang dapat merusak jaringan kulit kamu, itu akan dapat mempercepat menimbulkan berbagai tanda penuaan dini, lho.

Nah, manfaat kurkumin yang ada pada kunyit ini bisa memperbaiki kulit kamu yang rusak akibat radikal bebas sehingga membuat kulit wajah kamu mengalami banyak tanda penuaan seperti keriput serta flek.

Melembabkan Wajah Secara Alami

Buat kamu yang memiliki jenis kulit yang kering, boleh banget nih mencoba pake kunyit dengan cara dijadikan masker yang dapat kamu buat di rumah. Selain mudah, menggunakan bahan alami seperti ini juga cukup aman.

Kandungan minyak atsiri yang terdapat pada kunyit memberikan kelembaban secara alami untuk kulit wajah kamu, lho! Tidak hanya itu, kunyit juga dapat membantu proses pengangkatan sel kulit mati secara alami.

Mengatasi Psoriasis Wajah

Apa itu psoriasis pada wajah? Ini merupakan sebuah penyakit pada kulit akibat peradangan yang menyebabkan kulit kamu bersisik, menebal, iritasi hingga sampai kulit kamu mengelupas.

Antimikroba pada kunyit dapat membunuh bakteri jahat yang membuat kulit kamu mengalami hal ini. Serta anti inflamasi dapat mengurangi peradangan akibat iritasi yang sangat parah.

Mengurangi Sebum di Wajah

Selain melembabkan kulit kering, kunyit juga dapat mengurangi produksi minyak berlebih, lho. Minyak berlebih di wajah dapat menyebabkan pori-pori tersumbat sehingga menimbulkan komedo.

Kamu bisa menggunakan kunyit untuk dijadikan masker wajah dengan cara dicampurkan dengan air lemon atau bisa juga menggunakan madu yang di aduk rata dengan bubuk kunyit.

Mengobati Luka di Wajah

Wajah yang terluka akibat kecerobohan kamu saat beraktivitas maupun luka akibat jerawat, bisa diatasi dengan kunyit agar mempercepat penyembuhan luka yang kamu dapatkan.

Hal ini karena kunyit dapat menurunkan respon tubuh terhadap luka serta membantu mengatasi infeksi di kulit kamu berkat sifat antiseptiknya pada kunyit guna mengobati luka.

Itulah beberapa manfaat kunyit untuk wajah dalam mengatasi masalah kulit kamu. Masih banyak lagi manfaatnya bukan hanya untuk kecantikan melainkan dalam bidang kesehatan juga sangat berpengaruh.

Dapat Menyembuhkan eksim yang kamu derita di kulit kamu yang tak kunjung sembuh-sembuh bisa diatasi oleh kunyit juga, lho. Karena kurkuma di dalam kunyit ini sangat amat membantu hal itu.

Namun, para penelitian diluar sana masih harus menjalani penyelidikan lebih dalam lagi mengenai kunyit yang digunakan untuk kecantikan. Jadi kamu juga harus selalu hati-hati dalam menggunakannya.

Selalu perhatikan setiap respon kulit kamu saat menggunakan kunyit untuk wajah. Jika mengalami iritasi atau bahkan makin memperparah kondisi kulit kamu, segeralah hentikan pemakaian!

Tidak semua jenis kulit cocok untuk menggunakan kunyit pada wajah, jadi kamu juga perlu mengecek dlu keadaan kulit kamu sebelum memakainya. Apalagi yang memiliki kulit sensitif sangatlah rentan.

Perlu diingat untuk tidak berlebihan dalam memakainya dan segera konsultasi kepada dokter kulit jika terjadi sesuatu pada kulit kamu setelah pemakaiannya. Agar tidak mengalami masalah kulit yang lebih serius lagi. Goodluck and stay safe!

x