Wednesday, 17 Jul 2024

Apakah Sayur Kol Bagus Untuk Diet?

6 minutes reading
Thursday, 20 Jul 2023 21:29 0 80 Muti Karya

Nesiaverse.com – Apakah sayur atau kembang kol bagus untuk menu diet? hal ini menjadi banyak pertanyan para pelaku diet yang menggunakan sayuran dan buah-buahan sebagai minumannya. Mengingat sayuran sendiri terbagi 2 kelompok, yaitu sayuran yang bagus bagi diet dan sayuran yang tidak cocok dikonsumsi untuk diet. Kemudian sayur kol masuk kelompok yang mana?

Tidak dapat dipungkiri lagi, jika sayuran merupakan sumber nutrisi dan gizi yang baik dan sehat untuk tubuh. Sehingga mengkonsumsi sayuran menjadi salah satu menu wajib ketika kamu akan menjalani program diet. Namun, dalam mengkonsumsi sayuran juga kamu harus bisa memilihnya, pasanya ada sayuran yang akan membantu diet kamu dan ada juga sayur yang justru membuat diet kamu gagal.

Apakah Sayur Kol Bagus Untuk Diet?

Apakah Sayur Kol Bagus Untuk Diet?

Kadar vitamin, mineral dan serat yang tinggi bisa didapatkan dari sayuran. Sehingga sayuran menjadi salah satu menu diet yang sangat direkomendasikan bagi para pelaku diet. Sayuran memiliki kadar serat yang tinggi namun lemak dan karbohidrat di dalamnya sangat rendah. Karena inilah sayuran cocok bagi pelaku diet.

Kemudian bagaimana dengan sayur kol? apakah bagus dikonsumsi untuk pelaku diet? Mengingat kol merupakan salah satu sayuran yang diklaim memiliki banyak kandungan vitamin, mineral dan serat. Berikut penjelasannya.

Kembang kol merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat bagus dikonsumsi saat diet. Pasalnya sayuran satu ini bisa dijadikan sebagai alternatif makanan pengganti nasi. Kemudian, adapun kandungan nutrisi di dalam kembang kol diantaranya ada vitamin B, vitamin C, vitamin K, serat folat serta serat kalium.

Sehingga kol memang menjadi salah satu menu diet yang cukup bermanfaat dan direkomendasikan. Kamu bisa mengkonsumsinya dengan cara mengolah yang sehat, yaitu dikukus maupun ditumis sebentar. Kamu bisa mengkombinasikannya dengan wortel juga. Dalam satu cangkir sayur kol cincang, kamu akan mendapatkan kadar kalori 27 kkal, 2 gram serat serta 2 gram protein di dalamnya.

Manfaat Sayur Kol Untuk Diet

Apakah Sayur Kol Bagus Untuk Diet?

Dilansir dari laman Healthline, berikut beberapa manfaat mengkonsumsi sayur kol untuk program diet. 

  • Memenuhi kebutuhan vitamin C, hal ini dikarenakan vitamin C yang dikandung oleh sayur kol memiliki volume yang cukup besar, jika kamu mengkonsumsinya. Vitamin C sangat bermanfaat bagi kesehatan s seseorang, diantaranya dapat meningkatkan imunitas tubuh dan membantu proses penyerapan nutrisi. 
  • Menjaga sistem imunitas tubuh, mengkonsumsi sayur kol dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh juga, hal ini dikarenakan kandungan vitamin didalamnya. Sehingga jika kamu mengkonsumsinya secara rutin, kesehatan kamu akan terjaga.
  • Menjaga sistem pencernaan agar bekerja dengan baik, kol memiliki kandungan serat yang cukup baik. Hal inilah yang mampu melancarkan sistem pencernaan ketika kamu melakukan program diet. Selain itu kandungan dalam sayur kol juga akan menjaga sistem pencernaan sehingga mencegah terjadinya sembelit. 
  • Membantu menurunkan berat badan, sayur kol merupakan salah satu sayuran yang memiliki kalori rendah, namun kaya akan nutrisi. Sehingga dengan mengkonsumsi sayur kol saat diet akan membuat kamu kenyang lebih cepat.
  • Meningkatkan kesehatan tulang, dengan mengkonsumsi kol yang kaya akan vitamin K, tentunya kesehatan tulang kamu akan terjaga. 

Dalam mengonsumsi sayur kol ini, kamu harus memperhatikan cara pengolahannya. Kamu dilarang untuk menggoreng sayur kol, apalagi dengan banyaknya minyak yang digunakan. Hal tersebut dapat memicu tingkat kolesterol yang tentunya tidak sehat. Alih-alih kamu mendapatkan manfaat dan diet kamu berlangsung dengan baik, kamu justru akan mendapatkan peningkatan berat badan. Maka, dalam mengolah kol kamu harus berhati-hati.

Selain sayuran kol, ada beberapa jenis sayuran yang bagus untuk dikonsumsi saat diet. Sayuran ini akan mempercepat proses penurunan berat badan nantinya. Berikut beberapa sayuran, selain sayur kol yang bagus untuk diet.

Bayam

Bayam merupakan sayuran yang memiliki kadar kalori dan karbohidrat yang sangat rendah. Hal inilah yang membuat bayam cocok dijadikan olahan sayur untuk kamu yang sedang diet. Selain itu bayam juga dikenal kaya akan nutrisi. Diantaranya terdapat kandungan vitamin A, vitamin E hingga vitamin K.

Sayur bayam juga bersifat antioksidan yang mana memiliki 2 jenis antioksidan di dalamnya, berapa lutein dan beta karoten. Maka, akan membantu menjadi tubuh dan mencegah dari segala macam penyakit, salah satunya mampu menurunkan resiko terjangkitnya kanker. Dalam sebuah penelitian dikatakan bahwa bayam memiliki manfaat untuk menurunakan tekanan darh dan menjaga kesehatan jantung.

Selada

Selada bukan hanya memiliki kandungan kalori yang rendah, selada juga dikenal dengan kandungan nutrisinya yang cukup tinggi. Selada yang dimaksud adalah selada air, yang mana dalam 34 gram memiliki kandungan 4 kalori saka. Selain itu selada air juga memiliki nutrisi penting seperti serat, vitamin A, vitamin C, vitamin K dan kalsium. Maka, akan baik jika kamu mengonsumsi selada sebagai salah satu menu diet kamu. 

Rumput Laut

Rumput laut sangat cocok dikonsumsi karena kandungan zat gizi mikro seperti yodium, kalsium, zat besi hingga magnesium di dalamnya. Sehingga dengan kamu mengkonsumsi rumput laut sebagai salah satu menu diet akan meningkatkan persentase keberhasilan dari program diet kamu. Dengan mengkonsumsinya secara rutin, akan membantu mengurangi berat badan dengan cepat. Selain itu, rumput laut memiliki kandungan fucoidan yang mampu mendorong proses pemecahan lemak, sehingga sangat bagus untuk membantu program diet kamu.

Daun Bit

Daun bit merupakan salah satu sayuran yang bisa digunakan untuk membantu urusan diet kamu. Selain sayuran kol kamu bisa mengkonsumsi daun bit, kamu bahkan bisa mengolahnya dengan cara menulisnya dengan dipadukan oleh sedikit penambahan rasa dan bumbu dapur.

Selain itu kamu juga bisa menggunakan daun bit yang dihaluskan menjadi selai atau isian roti dalam menu sarapanmu. Daun bit memiliki kandungan beta karoten serta vitamin A yang cukup tinggi. Sehingga akan membantu kamu untuk menjaga kesehatan tubuh saat periode diet.

Kale

Kale merupakan sayuran yang bisa menurunkan berat badan dengan cepat. Hal ini dikarenakan satu cangkir kale sendiri hanya memiliki jumlah 7 kkal dan 1 gram serat. Maka, tentunya sangat cocok dikonsumsi oleh kamu yang menjalani program diet. Kale memiliki tekstur yang jauh lebih kasar daripada sayuran lainnya.

Sehingga kamu membutuhkan waktu yang lebih lama ketika mengkonsumsi buah satu ini. Dengan mengkonsumsi sayur kale, kamu akan mendapatkan rasa kenyang yang bisa mendorong penurunan berat badan juga. Dalam cara mengolahnya, kamu bisa menjadikannya sayur, cemilan renyah hingga jus kale untuk sarapan pagimu saat diet.

Brokoli

Brokoli adalah sayuran yang wajib ada dalam menu diet kamu. Brokoli memiliki senyawa fitokimia, yang mana mampu memaksimalkan proses pembakaran lemak dalam tubuh. Sehingga dengan begitu mengkonsumsi brokoli mampu membantu program diet kamu. 

Kamu bisa mengkonsumsi brokoli dengan cara mengolah yang sehat, yaitu dikukus, sehingga nutrisi didalamnya tetap terjaga. Bahkan brokoli sama dengan sayuran kol yang memiliki zat yang mampu menangkal risiko penyakit kanker. Maka, kamu bisa mengkonsumsi brokoli sebagai teman diet kamu.

Demikian pembahasan mengenai sayur kol apakah bagus untuk diet atau sebaliknya. Sekarang kamu sudah mengetahui manfaat dari sayuran kol dan cara mengelolanya dengan baik dan benar. Bahkan kamu mendapatkan beberapa alternatif pengganti sayur kol, agar kamu tidak bisa mengkonsumsinya.