Monday, 15 Apr 2024

8 Pantangan Diet OCD Yang Harus Dihindari

6 minutes reading
Wednesday, 19 Jul 2023 18:36 0 144 Muti Karya

Nesiaverse.com – Dalam melakukan diet OCD ada beberapa pantangan yang harus kamu perhatikan, sebagai pelaku diet. Pantangan selama melakukan program  diet OCD penting untuk kamu ketahui, guna meningkatkan persentase keberhasilan dan kesuksesan diet kamu. Dengan cara menghindari pantangannya makan diet kamu akan berjalan lancar dan efektif. 

OCD atau Obsessive Corbuzier’s Diet menjadi salah satu metode diet yang populer, serta kembali viral saat ini. Pasalnya diet ini sangat aman dilakukan dan bersifat efektif karena memiliki sistem kerja diet yang tidak berbeda jauh dengan puasa. Karena diet OCD ini memiliki pengaturan jam makan dan puasa yang akan membantu kamu untuk  menurunkan berat badan. 

Pantangan Diet OCD Yang Harus Dihindari

8 Pantangan Diet OCD Yang Harus Dihindari

Untuk meningkatkan hasil dari program diet OCD yang sedang atau akan kamu jalani, penting untuk mengetahui pantangan diet OCD. Setidaknya ilmu dan pengetahuan kamu bertambah dengan mengetahui makanan apa saja yang tidak disarankan atau menjadi pantangan saat menjalani diet OCD. 

Dalam melakukan diet OCD sendiri memang tidak ada aturan selain periode waktu puasa dan periode waktu makan. Sehingga saat kamu melakukan diet OCD kamu bisa memakan apapun yang kamu inginkan dalam periode makan tentunya. Kamu harus mematuhi jendela makan yang sudah kamu pilih, misalnya jendela 16 jam maupun 24 jam. Sehingga kamu tinggal melakukannya secara konsisten selama seminggu. 

Langsung saja, berikut kami sudah merangkum beberapa pantangan dalam melakukan diet OCD yang perlu kamu perhatikan. 

Hindarilah Mengkonsumsi Buah-Buahan Secara Berlebihan

Pantangan pertama yang harus kamu ketahui bahwa mengkonsumsi buah-buahan secara berlebihan saat menjalani diet OCD dilarang. Hal ini dikarenakan buah tidak hanya memiliki sumber nutrisi yang tinggi saja, namun di dalamnya memiliki kandungan gula yang jika dikonsumsi secara berlebihan justru akan membuat diet OCD kamu gagal. Menurut penelitian dikatakan bahwa setidaknya terdapat 10% kandungan gula yang terdapat dalam buah, berdasarkan berat dari buah itu sendiri. 

Ada beberapa jenis buah yang memiliki kandungan gula yang sangat tinggi, diantaranya apel, anggur, jeruk dan buah mangga. Kamu bisa mengetahuinya dengan mengkonsumsinya secara langsung, karena akan terasa rasa manisnya bukan. Meskipun kandungan gula dalam buah bagus, namun jika porsinya besar dan berlebihan justru akan menghambat proses pembakaran lemak dan meningkatkan berat badan secara pesat juga. 

Menghindari Makanan Ringan Yang Tidak Sehat

Dalam melakukan diet OCD memang tidak ada pantangan menu makanan, namun alangkah baiknya bagi kamu untuk menghindari konsumsi makanan ringan yang tidak sehat. Sebenarnya masalah yang akan ditimbulkan dari banyaknya ngemil inilah yang akan membuat diet kamu gagal. Namun juga kamu bisa mendatangkan berbagai macam ancaman bagi kesehatan kamu. Karena hal ini dapat memicu penumpukan lemak yang justru akan menambahkan berat badan kamu.

Kamu perlu mengetahui bahwa banyak jenis cemilan sehat, jangan memilih makanan ringan yang tidak sehat dan memiliki kandungan lemak berlebih, minyak hingga tepung yang tidak terjamin kehigienisannya. Pastikan bahan yang dikandung adalah bahan yang baik bagi pelaku diet, sehingga tidak akan memicu naiknya berat badan kamu, saat justru kamu ingin menurunkan berat badan. 

Menghindari Junk Food

Junk food merupakan makanan yang sebenarnya tidak baik dikonsumsi bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan junk food memiliki kandungan yang rendah akan gizi apalagi nutrisi, bahkan di dominasi oleh lemak jahat dan minyak tras, adanya kandungan pengawet hingga bumbu penyedap dan pewarna yang mampu mengganggu sistem pencernaan. Jika sistem pencernaan sudah terganggu maka akan mempengaruhi sistem metabolisme juga. 

Saat kamu melakukan program diet OCD, kamu disarankan untuk berhenti dan menghindari konsumsi junk food, karena diet kamu akan sia-sia nantinya. Lebih baik menghindarinya dan belajar mengonsumsi makanan yang jauh lebih sehat, kamu tentunya tidak ingin diet kamu sia-sia bukan ? hanya karena junk food saja. 

Menghindari Kacang-Kacangan Dengan Porsi besar

Kacang-kacangan memang bagus bagi tubuh, namun juga jika kamu mengkonsumsinya secara berlebihan memang tidak bagus, khususnya bagi kamu yang menjalani diet OCD. Kacang-kacangan menjadi salah satu makanan yang menjadi pantangan bagi pelaku diet OCD. Hal ini dikarenakan kandungan pada kacang yang jika dikonsumsi secara berlebihan akan memiliki kadar kalori yang sangat tinggi. 

Kacang tanah atau almond memang memiliki rasa yang sangat enak dan memiliki nutrisi yang tinggi. Selain itu di dalam kacang tanah atau almond terdapat kandungan vitamin E, protein hingga omega 3. Namun semua itu tidak akan berfungsi dan bekerja dengan baik jika kamu mengkonsumsinya secara berlebihan, karena diet kamu akan gagal terlebih dahulu. 

Menghindari Konsumsi Mie Instan

Makanan yang tidak bisa ditolak siapapun menjadi pantangan paling berat bagi pelaku diet OCD. Karena mie instan merupakan makanan paling favorite bagi siapapun, dengan begitu tentunya sulit untuk menghindari mie instan dengan varian rasa yang menggoda. Namun, mie instan sendiri merupakan salah satu penyebab seseorang gagal dalam dietnya, bahkan meningkatkan berat badan secara drastis juga.

Mie instan sendiri memiliki bahan pengawet, sehingga komposisi inilah yang akan mengganggu program diet OCD kamu. Sehingga lebih baik untuk menghindari konsumsi mie instan saat kamu menjalani program diet OCD ini. Meskipun sulit untuk menghindarinya, jika kamu memiliki tekad dan semangat untuk keberhasilan diet yang sempurna, kamu bisa melakukannya. 

Susu Tinggi Lemak

Susu memang menjadi salah satu minuman yang kamu harus berhati-hati mengkonsumsinya saat menjalankan program diet. Salah salah bukannya mendapatkan nutrisi yang tepat dari susu yang dikonsumsi, justru kamu akan mendapatkan sumber lemak baru pada tubuh. Maka, hindarilah atau meminimalkan konsumsi susu dengan tinggi lemak. Jika kamu ingin mengonsumsi susu, maka kami menyarankan untuk mengkonsumsi susu low fat, sehingga aman dari ancaman dan risiko lemak yang bertambah. Selain itu, pastikan kamu mengonsumsinya dalam porsi yang tepat dan tidak berlebihan. 

Keripik Kentang

Cemilan keripik kentang juga termasuk salah satu makanan yang sebaiknya kamu hindari saat menjalankan diet OCD. Keripik kentang menjadi salah satu cemilan yang memiliki banyak penikmat, karena rasanya yang gurih dan teksturnya yang kriuk. Namun justru hal itulah pemicu berat badan seseorang meningkat drastis.

Rasa gurih yang membuat kita terus ketagihan dan lupa dengan program dietlah yang akan membuat diet gagal. Memiliki kandungan penyedap rasa hingga pengawet membuat cemilan satu ini sebaiknya kamu hindari saat melakukan diet. Makanan yang memiliki banyak kandungan garam atau makanan asin, mampu menggagalkan diet kamu dengan cepat.

Buah Kaleng

Buah kaleng masuk ke daftar pantangan pelaku diet OCD, karena buah kaleng merupakan buah-buahan segar yang sudah melalui banyak proses. Karena hal itulah yang akan membuat nutrisi dan vitamin di dalamnya tidak sebaik buah-buahan asli sebelum diolah. Selain itu buah kaleng juga memiliki komponen tambahan berupa gula dan pengawet, maka diet kamu akan gagal karena kandungan ini dalam buah kaleng. Maka, saran kami adalah hindari konsumsi buah kaleng, dan konsumsilah buah asli dengan porsi yang wajar dan tidak berlebihan. 

Demikian beberapa pantangan dalam melakukan diet OCD yang wajib kamu ketahui. Kamu bisa mengonsumsi makanan sehat yang cocok untuk mendukung program diet kamu. Pastikan kamu menghindari pantangan yang sudah kami bahas di atas, untuk hasil yang sempurna.