Thursday, 20 Jun 2024

Apakah Yoga Bisa Menurunakan Berat Badan?

6 minutes reading
Sunday, 6 Aug 2023 20:37 0 184 Muti Karya

Nesiaverse.com – Masih banyak pertanyaan terkait yoga, yaitu apakah yoga bisa membantu menurunkan berat badan? pertanyaan ini kerap kali dilontarkan, lantaran yoga merupakan salah satu jenis olahraga yang terlihat ringan, sehingga membuat pertanyaan ini terus bermunculan.

Yoga merupakan olahraga yang menggabungkan antara fisik dan pikiran, namun yoga juga memiliki varian jenis gerakan dan manfaat, salah satunya untuk menurunkan berat badan. 

Yoga bisa menjadi salah satu jenis olahraga yang bisa kamu gunakan untuk menurunkan berat badan khususnya ketika kamu menjalani program diet.

Nah, untuk memaksimalkan manfaat dari yoga untuk menurunkan berat badan sendiri kamu harus mengetahui beberapa jenis gerakan dan pose yang tepat untuk kamu lakukan. Sehingga pembakaran kalori dan lemak tubuh berjalan dengan baik. 

Apakah Yoga Bisa Menurunkan Berat Badan?

Apakah Yoga Bisa Menurunakan Berat Badan?

Yoga merupakan salah satu jenis olahraga yang berfokus pada kekuatan, kelenturan dan pernapasan. Sehingga jika dibandingkan dengan olahraga lain yang pad aumumnya, seperti basket, badminton dan lainnya olahraga yoga tidak tergolong olahraga yang berat.

Selain itu yoga juga merupakan aktivitas fisik yang dinilai tidak melelahkan. Padahal, yoga untuk menurunkan berat badan merupakan jenis olahraga yang ampuh untuk program diet. 

Pada sebuah penelitian yang dilansir di Journal Clinical and Diagnostic Research pada tahun 2016 dikatakan, bahwa dalam sebuah penelitian pembuktian bahwa latihan yoga yang rutin dapat mengontrol kondisi obesitas pria yang tinggal di perkotaan alias kaum urban. Sehingga dari penelitian ini terbukti bahwa yoga dapat membantu untuk menurunkan berat badan juga. 

Dalam penelitian tersebut dikatakan bahwa terdapat 80 orang pria dewasa yang memiliki tubuh obesitas. DIketahui 40 orang melakukan aktivitas olahraga yoga secara teratur dalam 3 bulan, kemudian sisanya 40 orang melakukan aktivitas bebas selain yoga.

Maka, dalam 3 bulan tersebut mereka melakukan yoga selama 5 kali dalam seminggu dengan durasi 90 menit. Maka, hasilnya terdapat penurunan persen lemak bagi tubuh 4- orang yang melakukan aktivitas yoga dalam beberapa bulan tersebut.

Diketahui terdapat penurunan berat lemak di area pinggan dan lengan atas yang terjadi ketika melakukan kegiatan rutin yoga. Tidak hanya lingkar pinggang dan panggul yang menurun saja, namun berat lemak juga terbakar dengan baik. Bagaimana cara kerja yoga bisa menurunkan berat badan?

Yoga Mempengaruhi Cara Pemilihan Makanan

Menurut salah seorang does di University of Minnesota School of Kinesiology di Amerika Serikat menyatakan, bahwa yoga dapat menurunkan berat badan tetap tidak seperti cara pad aumumnya. Penurunan berat badan ini terjadi ketika adanya aktivitas fisik yang dilakukan lebih banyak jika dibandingkan kalori yang masuk pada tubuh. Sementara tiga tidak bekerja seperti itu. 

Dengan melakukan latihan yoga, kamu hanya membakar edit kalori dalam tubuh, dibandingkan dengan olahraga lain seperti berenang atau jogging. Namun, yoga akan membantu kamu meningkatkan fokus serta kesadaran terhadap tubuh.

Salah satunya adalah mengendalikan pemilihan makanan.Sehingga makanan yang kamu konsumsi adalah makanan yangs ehat, alhasil kamu akan mengalami penurunan berat badan juga pada akhirnya. 

Yoga Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Yoga bukanlah aktivitas fisik yang tinggi intensitasnya. Namun, kamu juga harus ingat, bahwa kelas yoga bisa berlangsung selama 75 hingga 90 menit lamanya. Sehingga akan berlatih secara terus menerus. Kondisi inilah yang nantinya membuat otot bekerja sepanjang waktu, sehingga otot akan berkontraksi dan relaksasi secara berulang0ulang. 

Dengan melakukan aktivitas yoga tersebut secara rutin, yaitu 4 hingga 5 kali seminggu, maka kana meningkatkan metabolisme tubuh lebih cepat. Sehingga berujung pada pembakaran kalori yang lebih cepat dari biasanya. Dengan begitu penurunan berat badan juga akan berjalan dengan baik.

Gerakan Yoga Untuk Menurunkan Berat Badan

Setiap gerakan dalam olahraga yoga memiliki manfaat yang berbeda-beda, salah satunya adalah gerakan yang mampu mendukung penurunan berat badan. Berikut kami sudah merangkum gerakan yoga yang dapat menurunkan berat badan. 

Posisi Sun Salutation atau Surya Namaskara

Apakah Yoga Bisa Menurunakan Berat Badan?

Gerakan atau posisi yoga pertama yang bisa kamu gunakan adalah SunSlautation atau Surya namaskara ini. Gerakan ini dapat membantu untuk menurunkan berat badan, berikut tata caranya. 

  • Pertama, kamu bisa memulainya dengan posisi berdiri, kemudian lanjutkan dengan menarik napas untuk menjaga agar posisi punggung menjadi lurus. Kau harus membentuk sudut 90 derajat. 
  • Kemudian lanjutkan dengan meluruskan lengan ke bagian bawah, hingga jari-jari kamu menyentuh lantai. Posisikan jari tangan didepan jari kaki juga. 
  • Lanjutkan dengan menarik napas kembali dengan posisi tubuh tengkurap, stumpulah tubuh kamu menggunakan kedua lengan bawah dan kaki seperti posisi plank.Tahanlah posisi plank ini selama 5 hingga 10 detik, tarik dan hembuskan nafas perlahan. 
  • Turunkan lutut ke lantai perlahan dengan menurunkan dada dan dagu ke arah lantai. Lanjutkan dengan meluruskan lengan dan mengangkat tubuh dengan posisi kepala yang mendongan. Dengan posisi lutut menyentuh lantai. 
  • Kemudian, mulai ubah postur tubuh kamu, angkatlah pinggul ke atas kemudian letakkan telapak tangan menyentuh lantai di depan. Sementara telapak kaki dibentangkan hingga posisinya akan menyerupai huruf V yang terbalik. Tahanlah posisi ini selama 5 hingga 8 detik lamanya. 
  • Setelah itu, angkatlah tubuh hingga kembali ke posisi 2 , berdiri tegak ke posisi awal sambil menarik nafas. Mulailah kembali posisi sun salutation tersebut. 

Posisi Boat

Posisi boat adalah gerakan yoga yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan juga, kamu dapat mencobanya dengan mengikuti tata cara berikut ini. 

  • Pertama, mulailah dengan posisi duduk di atas matras dengan mengerikan kelud lutut di depan kamu. Kedua kaki menapak rata di lantai. 
  • Lanjutkan dengan telapak tangan yang menghadap ke atas, meluruskan lengan ke depan hingga tangan akan sejajar posisinya dengan mulut. 
  • Mulai condongkan tubuh ke belakang, hingga membentuk sudut 45 derajat dengan lantai. 
  • Secara perlahan mulai angkat kaki dari lantai hingga sejajar dengan lutut. Jika bisa meluruskan bagian kaki hingga membentuk huruf V. 
  • Tahanlah posisi tersebut selama 30 detik, kemudian aturan pernafasan untuk menjaga bagian bahu kamu tetap rileks. Lakukan gerakan posisi boot ini sebanyak 5 kali. 

Posisi Plank

Plank merupakan salah satu bagian dari pose yoga, yang dapat membantu menurunkan berat badan paling sederhana. Plank juga memiliki fungsi untuk melatih kekuatan otot perut dan punggung. Berikut cara untuk melakukan posisi plank. 

  • Pertama, pastikan posisi kamu tengkurap terlebih dahulu. Lanjutkan dengan menyangga tubuh menggunakan kedua siku dan ujung kaki. Usahakanlah kedua siku sejajar dengan bahu. 
  • Kemudian angkatlah badan dengan tumpuan siku atau lengan dalam bersamaan dengan ujung kaki.
  • Pertahankan posisi plank tersebut selama 1 menit, kemudian tengkurap kembali dan beristirahat. Untuk gerakan plank sendiri kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan durasi plank yang lebih rendah misalnya hanya 10 detik, 20 detik, 30 detik, 45 detik, 50 detik baru 1 menit.

Demikian pembahasan mengenai pertanyaan apakah yoga bisa menurunkan berat badan? Maka, jawabannya bisa. Kamu hanya perlu menggunakan gerakan atau pose yoga yang dihadirkan khusus untuk membantu menurunkan berat badan. Lakukanlah secara bertahap sehingga dapat membantu kamu menurunkan berat badan dengan cara yang sehat.