Thursday, 18 Jul 2024

Berapa Kali Olahraga Dalam Seminggu Untuk Menurunkan Berat Badan?

6 minutes reading
Monday, 31 Jul 2023 19:44 0 188 Muti Karya

Nesiaverse.com – Banyak yang masih bingung, mengenai frekuensi berapa kali olahraga dalam seminggu untuk membantu menurunkan berat badan? Tidak hanya mengatur pola maka yangs ehat dnas eimbang saja, namun olahraga memiliki peranan yang penting untuk menurunkan berat badan. Selain frekuensi dalam melakukan kegiatan olahraga kamu harus mengetahui juga jenis olahraga yang dapat membantu untuk menurunkan berat badan dengan baik dan benar. 

Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang berpengaruh bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan. Olahraga sendiri merupakan salah satu aktivitas yang baik dilakukan kapan saja dan dimana saja, bahkan manfaat dari olahraga tidak sekedar untuk menyehatkan dan menjaga daya tahan tubuh seseorang. Namun, olahraga dapat membantu untuk menurunkan berat badan dengan cepat. 

Berapa Kali Olahraga Dalam Seminggu Untuk Menurunkan Berat Badan?

Berapa Kali Olahraga Dalam Seminggu Untuk Menurunkan Berat Badan ?

Membakar kalori tubuh beserta lemak merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan dan membutuhkan kerja keras yang cukup ekstra. Food and Drug Administration atau FDA, sepakat bahwa olahraga merupakan salah satu aktivitas terbaik yang dapat membakar lemak dan menurunkan berat badan dengan baik. Hal ini dikarenakan olahraga dapat memacu kerja jantung lebih cepat, mcilroy saja cardio dan aerobik. Kegiatan olahraga tersebut dapat menurunkan berat badan dengan baik. 

Waktu yang tepat untuk berolahraga sendiri sebaiknya dilakukan pada pagi hari sebelum sarapan. Hal ini didasarkan pada penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Nutrition and Metabolism pada tahun 2016 lalu. Dalam studi tersebut menunjukkan bahwa dengan berolahraga sebelum sarapan pagi, hal ini dapat membakar  lemak dalam tubuh lebih banyak. Sebelum seseorang sarapan kondisi perut masih kosong, sehingga sumber energi yang dibakar adalah dari lemak tubuh. 

Ketika lemak tubuh yang dibakar maka cadangan energi yang sudah siap digunakan pun akan terpakai. Sementara jika kamu sarapan terlebih dahulu, ketika berolahraga maka yang akan dibakar adalah makanan yang masuk atau masih didalam perut. Sehingga sulit untuk menurunkan berat badan melalui olahraga ketika sudah sarapan. Maka, waktu yang baik dilakukan untuk berolahraga adalah pagi hari. Untuk frekuensi atau berapa kali olahraga dalam seminggu untuk menurunkan berat badan adalah 4 hingga 7 kali dalam seminggu.

Selain itu kamu harus memperhatikan frekuensi jumlah latihan, dimana minimal latihan atau olahraga dalam seminggu adala 150 menit untuk normal. Namun, jika kamu memiliki tujuan untuk menurunkan berat badan, maka jumlah frekuensi mingguan kamu bisa 180 menit hingga 420 menit dimana bisa kamu bagi, mulai dari 30 menit per harinya hingga 1 jam per harinya. Jika kamu menggunakan pola olahraga dalam 1 minggu full. Namun kamu juga bisa menggunakan pola olahraga 4 hari dalam seminggu, sehingga setiap 4 kali dalam seminggu kamu berolahraga dengan durasi 45 menit saja. Selain itu kamu juga dapat melakukan olahraga selama 1 jam setengah untuk 5 kali berolahraga dalam seminggu dengan frekuensi mingguan 420 menit. 

Namun, kamu harus memperhatikan pemilihan waktu dan pola olahraga mingguan yang disesuaikan dengan kemampuan dan kondisi fisik serta aktivitas harian kamu. Jangan sampai kamu melakukan olahraga berlebihan yang justru membuat badan kamu menjadi lemas dan mengganggu aktivitas sehari-hari kamu. Maka, pastikan kamu memilih pola olahraga yang cocok untuk di praktekan. 

Selain itu, kamu harus menentukan jenis olahraga yang dapat membantu untuk menurunkan berat badan tubuh kamu. Sehingga nantinya proses penurunan berat badan dapat sukses dengan hasil yang memuaskan juga. Berikut kami sudah merangkum beberapa jenis olahraga yang dapat membantu menurunkan berat badan dalam waktu seminggu. 

Jalan Kaki

Jalan kaki merupakan salah satu jenis olahraga yang paling cocok dilakukan pada pagi hari. Olahraga satu ini bagus untuk membantu menurunkan berat badan seseorang, bahan mudah untuk dilakukan. Bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan maka dapat melakukan aktivitas olahraga jalan kaki, karena kamu tidak membutuhkan perlengkapan khusus. 

Kamu dapat berjalan kaki setiap harinya, atau menyesuaikan dengan jadwal olahraga kamu, misalnya 4 atau 5 kali dalams eminggu. Selain itu dalam melakukan kegiatan jalan kaki sebagai salah satu olahraga  untuk menurunkan berat badan kamu bisa melakukannya dengan frekuensi 30 menit hingga 45 menit per harinya.

Jogging

Selain olahraga jalan kaki, kamu bisa melakukan jogging, yang mana olahraga satu ini merupakan tingkatkan atas setelah jana kaki. Yang membedakan jalan kaki dan jogging hanya speed atau kecepatannya saja. Nah, kamu dapat menggunakan jenis olahraga satu ini untuk mendukung penurunan berat badan dalam waktu seminggu saja.

Jogging merupakan jenis olahraga yang dapat membantu kamu untuk membakar kalori tubuh mulai dari 300 hingga 370 kalori, dalam frekuensi olahraga sekitar 30 menit lamanya. Selain itu intensitas kamu dalam berlari atau jogging juga akan mempengaruhi kecepatan kamu untuk membakar lemak dalam tubuh. Namun, sesuaikan dengan kemampuan dan kondisi fisik kamu ya. 

Bersepeda

Bersepeda merupakan salah satu aktivitas olahraga yang bisa kamu lakukan di luar ruangan, guna untuk membakar kalori atau lemak dalam tubuh. Aktivitas olahraga satu ini menjadi  jenis olahraga yang baik untuk membantu menurunkan berat badan yang menyenangkan. Dalam berolahraga sepeda ini kamu dapat membakar kalori mulai dari 280 hingga 360 kalori dalam frekuensi dan kecepatan statis yang kamu lakukan selama 30 menit lamanya. 

Sehingga bersepeda dapat membantu kamu untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Karena dengan bersepeda nantinya   kerja jantung akan lebih cepat dna memicu sistem pembakaran kalori dan lemak bekerja lebih cepat dalam membakarnya. Maka, penting untuk memasukan daftar olahraga bersepeda ketika kamu ingin menurunkan berat badan dengan olahraga selama seminggu penuh. 

Interval Training

Interval training atau disebut dengan high- intensity interval training merupakan salah satu jenis olahraga kardio yang intens dan bermanfaat untuk membakar kalori pada tubuh dengan waktu yang cepat. Sehingga olahraga interval training ini cocok dilakukan dengan durasi 10 hingga 30 menit lamanya. Kamu dapat melakukan olahraga interval training ini untuk menurunkan berat badan dengan cepat. 

Dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of Strength and Conditioning Research pada tahun 2015 lalu, dikatakan bahwa HIIT atau Interval training sendiri merupakan salah satu jenis olahraga yang dapat membakar 20 hingga 30% kalori didalam tubuh, jika dibandingkan dengan olahraga lainnya. Kamu dapat melihat tutorialnya di youtube dna mengikutinya sesuai kemampuan dan kondisi fisik kamu. 

Yoga 

Terakhir, ada olahraga yoga yang sudah terbukti dapat membantu menurunkan berat badan dengan baik dalam jumlah kalori yang berkurang secara bertahap. Melakukan olahraga yoga sendiri kamu dapat melakukannya secara online mulai dari mengakses youtube. Yoga  merupakan salah satu jenis olahraga yang baik untuk mendukung kesehatan mental pada seseorang. 

Selain itu olahraga yoga juga dapat membantu kamu untuk menurunkan berat badan dalam waktu seminggu. Karena nantinya kamu dapat mengontrol tubuh dan hawa nafsu yang membuat lapar. Hal inilah yang akan membuat nafsu makan kamu tidak berlebihan, selain itu kamu akan membakar kalori dengan beberapa gerakan yoga di dalamnya.

Kemudian ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan untuk membantu aktivitas penurunan berat badan kamu. 

  • Menjaga pola makan, dengan memperhatikan gizi dalam makanan yang dikonsumsi. 
  • Menyelingi dengan cemilan sehat seperti yogurt dan buah.Memenuhi kebutuhan cairan tubuh.
  • olahraga dengan rutin, dan sesuaikan dengan frekuensi yang kamu gunakan polanya dengan konsisten.
  • Istirahat yang cukup di malam hari
  • Mengelolah stress dengan baik, sehingga tidak dapat memicu kenaikan berat badan
  • Menghindari konsumsi minuman seperti alkohol dan minuman bersoda. 

Demikian pembahasan mengenai frekuensi berapa kali seseorang melakukan kegiatan olahraga dalam seminggu, untuk menurunkan berat badan. Dengan mengetahui pola dna frekuensi yang cocok sesuai dengan kondisi dan kemampuan kamu. Maka, akan mempermudah kamu untuk membantu menurunkan berat badan sesuai pada takaran tubuh kamu.