Monday, 17 Jun 2024

Bahaya Dan Efek Samping Es Batu Untuk Wajah

6 minutes reading
Monday, 3 Jul 2023 23:09 0 194 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Tahukah kamu selain manfaat es batu untuk perawatan kecantikan kulit, ternyata es batu juga memiliki dampak buruk untuk untuk kulit wajah kita. Kenapa bisa? Karena ada beberapa penyebabnya yang dapat memberikan dampak buruk bagi kulit. Disini akan di bahas apa saja bahaya dan efek samping es batu untuk wajah secara menyeluruh.

Memang es batu memiliki banyak manfaat untuk kulit wajah, seperti dapat mengencangkan kulit, mengecilkan pori-pori, mengurangi kemerahan dan lain-lain. Hal itu juga yang membuat es batu populer di kalangan para wanita yang ingin tampil cantik dan perawatan sederhana yang sangat membantu kita untuk mengatasi berbagai masalah kulit.

Tapi perlu kamu ketahui juga, es batu itu terbuat dari air yang dibekukan sehingga membentuk sebuah benda padat yang dapat menghasilkan suhu dingin jika kita gunakan untuk wajah. Suhu dingin itulah yang memberi manfaat untuk kulit wajah kita selama ini dikala kita memakainya.

Namun yang jadi permasalahannya adalah, apakah air yang dibekukan itu bersih atau tidak? Bisa saja kamu hanya menggunakan air yang biasa kamu pakai untuk mandi, mencuci, dan sebagainya. Siapa tahu dalam air itu mengandung zat-zat dan mikroba yang berbahaya kan?

Maka dari itu perlu untuk kita memperhatikan kualitas air yang akan di gunakan dan di bekukan untuk keperluan wajah kita nantinya. Jangan sampai memakai air yang kotor, gunakanlah air mineral yang biasa kita minum lalu bekukan untuk kita gunakan pada wajah.

Jika air itu mengandung beberapa mikroba dan zat kimia yang tidak kita ketahui dan itu dapat merusak kulit wajah kita. Semua orang tidak menginginkan hal itu bukan? Jadi pastikan dan ingat selalu untuk selalu mengecek air yang akan di jadikan es batu ya! Apalagi untuk dikonsumsi. Dengan demikian, jika hal itu terjadi inilah dampak dan bahaya es batu untuk wajah saat kamu menggunakan air yang salah dan tidak higienis!

Bahaya Dan Efek Samping Es Batu Untuk Wajah

Bahaya Dan Efek Samping Es Batu Untuk Wajah

Kok bisa es batu memberi dampak buruk untuk wajah? Jawabannya adalah bisa! Namun jika dalam keadaan tertentu saja yang dapat membahayakan kulit wajah. Karena sesuatu yang berlebihan itu selalu tidak baik efeknya untuk kita, apalagi menggunakan bahan-bahan yang tidak higienis yang bisa memberikan dampak buruk, seperti di bawah ini:

Pembekuan Pada Kulit

Kamu pernah gak menggunakan es batu yang secara langsung ditempelkan pada kulit wajah tanpa membungkusnya dengan kain terlebih dahulu? Itu adalah hal yang tidak boleh kamu lakukan lagi. Karena es batu akan dapat menempel pada kulit kita dan susah dilepas.

Hal itu dapat menyebabkan pembekuan pada kulit dan jika digunakan terlalu lama pada area yang sama es batu dapat merusak jaringan kulit bahkan luka, lho! Suhu dingin yang dihantarkan melalui es batu lama kelamaan si kulit dapat membeku.

Membuat Kulit Kering

Faktor yang membuat kulit kita kering, ternyata dapat disebabkan oleh es batu. Itu karena kamu yang menggunakannya terlalu berlebihan dan membuat si kulit ini menjadi kering akibat minyak di wajah kita secara tidak langsung terangkat oleh es batu.

Suhu dingin es batu dapat mengurangi produksi minyak alami di kulit berkurang dan membuat si kulit ini kering, pecah-pecah dan bahkan kulit di wajah mengelupas karena iritasi yang dapat mengganggu keseimbangan kelembaban kulit kita.

Kerusakan Pembuluh Darah

Suhu dingin yang disebabkan oleh es batu dengan jangka waktu yang lama, dapat membuat pembuluh darah kita rusak. Apalagi jika kamu menempelkannya secara langsung pada permukaan kulit wajah, itu hal yang sangat fatal dan berbahaya.

Pembuluh darah yang secara tiba-tiba menyempit dan menghalangi aliran darah ke kulit, dapat menyebabkan kerusakan yang pada akhirnya mengakibatkan peradangan kulit, kemerahan di wajah, dan bahkan memperburuk kondisi jerawat.

Reaksi Alergi

Setiap orang pasti memiliki alergi dalam hal-hal tertentu, apalagi yang memiliki alergi terhadap suhu dingin dari es batu. Orang yang terkena alergi suhu dingin yang dihasilkan oleh es batu dapat mengalami berbagai reaksi.

Hal itu jika pengguna enggan ingin melakukan perawatan menggunakan es batu, dapat menyebabkan reaksi gatal-gatal, kemerahan atau bahkan bengkak akibat hal itu. Maka jika kamu yang memiliki alergi terhadap suhu dingin, hindarilah penggunaan es batu!

Mati Rasa Atau Kebas

Paparan suhu dingin yang sangat ekstrem atau mendiamkannya dalam waktu yang cukup lama pada wajah, akan mengakibatkan mati rasa di area yang terkena suhu dingin yang terlalu lama akibat es batu yang ditempelkan langsung pada kulit tanpa penghalang.

Walaupun hal ini berlangsung secara singkat dan tidak secara permanen, harus tetap diwaspadai karena jika dilakukan terus menerus akan membuat rasa kebas ini tidak mengenakan dan bisa saja mendapatkan masalah yang lebih serius lagi.

Infeksi Pada Kulit

Air yang digunakan untuk membuat es batu, tanpa kita ketahui kebersihanya dapat menjadi sarang perkembangbiakan kuman dan bakteri, lho! Bahkan kalau kita membeli es batu di warung-warung atau tempat yang sama sekali kita gak tau mereka membuatnya dengan air apa dan menyimpannya di tempat yang seperti apa perlu di waspadai.

Karena jika es batu yang kamu beli itu terkontaminasi bakteri lalu di gunakan pada wajah, dapat mengakibatkan infeksi pada kulit. Sungguh mengerikan bukan? Bayangkan berapa banyak bakteri yang menempel pada kulit kita? apalagi jika masuk pada luka yang ada diwajah kita, sudah pasti akan menjadi infeksi pada kulit.

Itulah beberapa contoh yang menjadi bahaya dan efek samping es batu untuk wajah. Selalu menjaga kebersihan air yang akan di jadikan es batu juga ya! Lebih bagus lagi kalau kamu membuatnya sendiri di rumah agar lebih mengetahui kebersihannya. Jangan menggunakannya terlalu sering dan berlebihan juga, jika kamu tidak ingin terkena efek sampingnya.

Meskipun penggunaan es batu banyak membantu kita, namun itu tidak akan memberikan solusi jangka panjang untuk kita. Makanya selalu dibarengi lagi dengan perawatan kulit lainnya agar lebih maksimal. Jangan hanya menggunakan es batu untuk membuat kulit kita lebih fresh dan segar.

Menggunakan produk yang tepat dan menjaga pola hidup yang baik, itu jauh lebih mempengaruhi perkembangan kulit kamu. Karena es batu hanya dapat memberi kita sensasi dari suhu dinginnya itu. Namun jangan berkecil hati, hal itu juga dapat mensupport agar skincare kamu lebih menyerap kedalam kulit.

Penting untuk diingat, boleh-boleh saja kita menggunakan es batu, tapi gunakan dengan bijak jangan berlebihan dan terlalu sering. Cek juga kondisi kulit kamu dan pasti kan kulit kamu tidak memiliki masalah terhadap suhu dingin. Berhentikan pemakaian jiga kulit kamu mengalami masalah yang serius dan konsultasi pada dokter agar dapat ditangani secara langsung oleh ahlinya.