Monday, 15 Apr 2024

Cara Mengatasi Sempoyongan Karena Asam Lambung

6 minutes reading
Monday, 3 Jul 2023 23:13 0 116 Muti Karya

Nesiaverse.com – Asam lambung bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya sempoyongan, cara untuk mengatasi gejala sempoyongan ketika asam lambung kambuh sangat penting diketahui. Asam lambung merupakan penyakit medis yang umumnya dikarenakan terjadinya kenaikan asam lambung ke kerongkongan melalui saluran pencernaan.

Asam lambung bisa terjadi pada anak-anak maupun orang dewasa. Asam lambung bisa membuat seorang yang mengalaminya mengalami sempoyongan hingga jatuh pingsan. Penyakit ini akan timbul secara tiba-tiba kenaikan asam lambung sendiri menjadi salah satu penyebab yang serius ketika seseorang sempoyongan hingga pingsan. 

Cara Mengatasi Sempoyongan Karena Asam Lambung

Cara Mengatasi Sempoyongan Karena Asam Lambung

Sempoyongan adalah kondisi dimana seseorang merasa pening, lemas tidak berenergi sehingga bisa pingsan kapan saja. Asam lambung atau dikenal dengan Gastroesophageal reflux disease (GERD) menjadi salah satu penyebab terjadinya sempoyongan pada seseorang. 

Penyakit yang berawal dari gangguan pencernaan yang membuat asam lambung naik dari perut hingga ke kerongkongan ini memang memberikan efek yang luar biasa. Tentunya asam lambung terjadi karena beberapa faktor yang mengakibatkan rasa lemas hingga sempoyongan. 

  • Turunnya nafsu makan bisa menimbulkan dan memicu asam lambung, sehingga pola makan tidak teratur dn nutrisi harian tubuh tidak terpenuhi.
  • Kurang tidur merupakan salah satu hal yang mampu memicu terjadinya asam lambung naik hingga ke esofagus dan kerongkongan. Perbaikilah kualitas tidur kamu sehingga badan tidak lemas dan memancing sempoyongan setelah asam lambung naik. 
  • Stres merupakan kondisi kesehatan psikis yang mampu menaikan asam lambung dengan cepat. Stres mampu memicu asam lambung hingga ke tahap ekstrim. Maka, perhatikan kondisi psikis kamu juga. 

Setelah mengetahui beberapa faktor penyebabnya, berikut beberapa gejala yang terjadi ketika asam lambung naik dan menimbulkan efek sempoyongan. 

  • Timbulnya Heartburn dimana terdapat rasa panas dan tak nyaman di area perut bagian atas hingga sampai ke dada
  • Regurgitasi, merupakan kondisi asam dan pahit yang dirasakan mulai dari tenggorokan hingga ke mulut adalah hal yang sangat bisa dirasakan ketika asam lambung naik
  • Perut terasa begah atau kembung karena gas berlebih didalam tubuh, namun sulit keluar
  • Sering kali sendawa, dimana produksi gas dalam tubuh berlebih sehingga sendawa sering kali terjadi
  • Timbulnya rasa mual berlebih, bahkan dalam beberapa kasus bisa membuat pengidapnya muntah hingga lemas

Pening hingga sempoyongan akan muncul ketika asam lambung naik, bahkan dalam beberapa kondisi mampu mempengaruhi bagian dalam telinga selingga mengalami ketidak seimbangan berahir sempoyongan. Sempoyongan adalah gejala yang sering kali dialami oleh penderita GERD atau asam lambung. 

Berikut kami sudah merangkum beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi sempoyongan karena asam lambung naik. 

Hindari Makan Secara Berlebihan

Salah satu penyebab terjadinya asam lambung yang memicu sempoyongan adalah pola makan yang berlebihan. Bagi kamu yang sulit mengatur porsi makan, maka mulai saat ini perhatikan isi piring makanmu. Porsi makan berlebih dan besar adalah hal yang tidak dianjurkan, karena hal inilah yang akan memicu asam lambung naik. 

Perhatikan porsi makanmu, atur dan perkecil porsi makanmu namun dengan frekuensi yang sering. Hal ini guna mengurangi volume berlebih pada area lambung, sehingga akan terhindar dari naiknya asam lambung ke bagian esofagus dan memicu nyeri di bagian ulu hati. 

Mengurangi Makanan Berlemak

Jika kamu memiliki permasalahan pada sistem pencernaan, maka kamu harus mengatur konsumsi makanan berlemak. Makanan yang berlemak sebaiknya kamu hindari, hal inilah yang mampu membuat badan terasa lemas dari akibat asam lambung yang naik. Makanan berlemak, alkohol hingga coklat adalah makanan yang harus kamu hindari sebisa mungkin. 

Makanan tersebut akan menyebabkan proses relaksasi pada bagian katup esofagus dan bagian lambung. Sehingga akan mempermudah naiknya asam lambung dan menyerang bagian ulu hati. 

Jangan Rebahan Setelah Makan

Kebiasaan buruk yang sering dilakukan dan diabaikan orang-orang adalah rebahan setelah makan. Rebahan setelah makan akan membuat tubuh melakukan proses pencernaan terhambat. Nettonya hal inilah yang akan mengganggu proses pencernaan dalam tubuh. Bahkan kebiasan buruk inilah yang menyebabkan asam lambung naik dan memicu kondisi sempoyongan hingga jatuh pingsan. 

Berhenti Merokok

Jika kamu tidak ingin mengalami sempoyongan karena asam lambung naik, maka alangkah baiknya untuk menghilangkan kebiasaan merokok kamu. Tanpa kamu sadari merokok merupakan kegiatan yang mampu memperburuk kondisi tubuh kamu. Selain memperburuk kondisi paru-paru, merokok tidak baik bagi kesehatan lambung. 

Memiliki kandungan nikotin menjadi salah satu penyebab peningkatan asam lambung di dalam tubuh. Bahkan perokok memiliki resiko dua kali lipat mengalami ulkus lambung. Maka, kami sarankan untuk berhenti merokok karena bisa terjadi komplikasi juga. Maka, alangkah lebih baik untuk menghindari rokok dan berhenti, untuk mendapatkan tubuh yang bugar dan sehat dari asam lambung yang kerap kali terjadi. 

Tidak Mengkonsumsi Obat Sembarangan

Asam lambung bisa meningkat karena beberapa jenis obat tertentu yang dikonsumsi tubuh, hal ini mampu meningkatkan jumlah asam lambung dengan cepat. Perlu kamu ketahui dan waspadai bahwa obat penghilang rasa nyeri seperti anti inflamasi non steroid (OAINS) adalah salah satu jenis obat yang mampu memicu asam lambung naik. Maka, pastikan kamu tidak mengonsumsi obat yang mengandung anti inflamasi non steroid. 

Konsumsi Obat Asam Lambung

Kondisi sempoyongan karena asam lambung salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan obat asam lambung. Obat asam lambung memiliki fungsi untuk menetralkan asam lambung, sehingga akan mengurangi aktivitas pepsin. Selain itu obat ini akan mempercepat penyembuhan ulkus dan mengurangi rasa kekambuhan yang dialami penderitanya. 

Menghindari Makanan Pemicu Asam Lambung Naik

Makanan yang masam mampu memicu dna meningkatkan naiknya kadar asam lambung dalam tubuh seseorang. Maka salah satu cara mengatasi sempoyongan karena asam lambung adalah dengan meminimalkan serta menghindari konsumsi makanan yang memicu asam lambung naik. Makanan yang mampu memicu asam lambung naik adalah makanan yang sangat pedas, minuman berkafein yang dikonsumsi secara terus menerus, seringnya mengkonsumsi  minuman beralkohol, seringnya mengkonsumsi minuman bersoda, hingga sering makan makanan berasam masam. 

Tidak Berbaring Saat Asam Lambung Naik

Terakhir ketika asam lambung naik, maka kamu bisa mengatasinya dengan menghindari posisi berbaring karena akan membuat asam lambung semakin naik. Hal tersebut tidak hanya memicu badan lemas dan sempoyongan, namun seseorang bisa kehilangan kesadaran juga. Cara untuk mengatasinya adalah dengan meletakan bantal sehingga posisi badan kamu sepertiga terduduk. Nantinya asam lambung tidak akan naik dan tubuh kamu akan merasakan rileks. Cara satu ini bisa kamu lakukan setelah mengkonsumsi obat asam lambung. 

Demikianlah beberapa cara untuk mengatasi sempoyongan karena asam lambung yang naik. Tentunya kamu tidak ingin mengalami sempoyongan apalagi jika pingsan dan dilarikan ke rumah sakit. Maka, kamu harus menyadari kondisi tubuh sedari dini sehingga bisa menghindari faktor penyebab seseorang mengalami sempoyongan karena asam lambung.