Thursday, 18 Jul 2024

Bahaya Makan Buah Naga Jika Berlebihan

4 minutes reading
Monday, 12 Dec 2022 21:54 0 280 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Pastinya sudah kenal dengan salah satu buah yang memiliki warna dominan merah jambu ini yaitu buah Naga dengan memiliki rasa yang nikmat dan juga menyehatkan, namun ternyata terdapat beberapa bahaya dari mengkonsumsi buah Naga yang secara berlebihan dan untuk kamu yang ingin tahu dengan efek sampingnya bisa dengan menyimak ulasan di bawah ini.

Buah Naga yang merupakan salah satu buah tropis yang termasuk ke dalam jenis kaktus yang berasal dari marga Selenicereus dan juga Hylocereus, dengan memiliki bentuk bulat  lonjong yang mirip dengan buah nanas tetapi memiliki sirip atau sisik berwarna hijau dengan daging buah seperti buah Kiwi yang berwarna merah muda dan juga ada yang berwarna putih.

Selain itu juga buah Naga ini yang kaya akan kandungan gizi dan juga nutrisi di dalamnya, sehingga tidak heran jika buah Naga ini yang menjadi salah satu buah favorit untuk kalangan masyarakat karena buah Naga yang baik untuk kesehatan dengan rasanya yang manis.

Namun walaupun buah Naga ini yang sangat baik untuk kesehatan tetapi juga terdapat efek samping atau bahaya dari mengkonsumsi buah Naga secara berlebihan, untuk kamu yang penasaran dengan bahaya dengan menyimak penjelasan dibawah.

Bahaya Makan Buah Naga Jika Berlebihan

Bahaya Makan Buah Naga Jika Berlebihan

Buah Naga yang menjadi salah satu buah yang dikonsumsi oleh banyak orang, dan untuk mengkonsumsinya bisa secara langsung atau diolah menjadi jus dan juga olahan lainnya, tidak heran jika buah ini menjadi salah satu buah favorit untuk semua orang.

Buah Naga yang kaya akan kandungan gizi dan nutrisi didalamnya yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, kandungan nutrisi tersebut diantaranya yaitu terdapat serat, kalori, karbohidrat, vitamin A, vitamin C, magnesium, kalsium. protein dan juga zat besi.

Namun walaupun demikian buah Naga Yang memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak, namun jika mengkonsumsi buah Naga ini secara berlebihan yang ternyata bisa menyebabkan timbulnya masalah kesehatan.

Berikut beberapa bahaya dari mengkonsumsi buah Naga secara berlebihan yaitu sebagai berikut:

Menimbulkan Reaksi Alergi

Bahaya dari mengkonsumsi buah Naga yang secara berlebihan yang menimbulkan efek sampingnya yaitu timbulnya reaksi alergi untuk beberapa orang yang telah mengkonsumsi buah ini, dimana untuk reaksi alergi yang muncul bisa ditandai dengan rasa gatal atau kesemutan pada bagian mulut, lidah atau bibir yang membengkak, mual, meradang, kulit gatal hingga muntah-muntah.

Pada saat kamu mengkonsumsi buah Naga dan mengalami masalah seperti ini reaksi alergi maka sebaiknya untuk segera menghentikan mengkonsumsi buah Naga, dan juga segera untuk berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Antioksidan yang Kelebihan

Dimana buah naga yang mengandung antioksidan didalamnya yaitu seperti vitamin C dan juga komponen antioksidan yang lainnya yang termasuk dengan karotenoid, polifenol, dan juga fitonutrien di dalamnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Kandungan antioksidan ini yang akan bekerja menargetkan sel radikal bebas berpotensi merusak sistem tubuh jika mengkonsumsinya dengan jumlah cukup, Namun jika mengkonsumsi buah Naga secara berlebihan dalam jumlah yang baka dengan jangka panjang yang dapat merusak sel-sel tubuh yang sehat pada tubuh.

Mengalami Gangguan Pencernaan

Bahaya mengkonsumsi buah Naga secara berlebihan yang selanjutnya yaitu mengalami gangguan pencernaan, dimana dengan mengkonsumsi buah naga secara berlebihan yang dapat membuat nutrisi lain yang dikonsumsi tidak dapat diserap dengan baik pada saat melewati usus.

Sehingga dengan begitu menyebabkan gangguan pencernaan yaitu seperti mengalami sakit perut, perut kembung dan bahkan sampai dengan penyumbatan usus, sehingga untuk menghindari hal ini terjadi maka konsumsi buah Naga secara cukup jangan sampai berlebihan.

Risiko Terjadinya Hipoglikemia

Buah Naga yang menjadi salah satu buah yang baik untuk dikonsumsi para penderita diabetes hal ini dikarenakan kandungan serat di dalam buahnya yang bisa mengurangi penyerapan gula di dalam darah, dan juga  kandungan karbohidrat yang akan menjadi energi sehingga dapat menyeimbangi dari efek samping gula.

Namun jika mengkonsumsi buah Naga ini secara berlebihan juga berbahaya untuk kesehatan tubuh dimana dapat menyebabkan penurunan penyerapan gula di dalam darah sehingga menyebabkan meningkat risiko hipoglikemia, kondisi kadar gula yang didalam darah mengalami penurunan secara drastis dan bisa menimbulkan berbagai gejala seperti lelah, pusing, bibir kesemutan, keringat berlebihan dan bahkan hingga pingsan.

Urine Menjadi Berwarna Merah Mudah

Bahaya atau efek samping mengkonsumsi buah Naga secara berlebihan yang dapat menyebabkan urine menjadi berwarna merah muda jika kamu mengkonsumsi buah Naga dengan dagingnya yang berwarna merah, namun jangan khawatir karena  warna urine yang dapat kembali seperti biasanya pada saat buah Naga didalam tubuh sudah keluar sepenuhnya.

Mungkin hanya itu saja beberapa bahaya buah Naga yang perlu kamu ketahui dan untuk menghindari efek samping atau bahaya mengkonsumsi buah Naga yang secara berlebihan, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.