Thursday, 20 Jun 2024

Penyakit yang Tidak Boleh Makan Alpukat

4 minutes reading
Monday, 12 Dec 2022 21:59 0 323 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Ternyata tidak semua orang bisa memakan buah Alpukat yang satu ini, terdapat beberapa penyakit yang tidak boleh makan Alpukat karena ini dapat menyebabkan dampak  yang buruk untuk kesehatan sehingga hal ini menjadi salah satu yang perlu diketahui sebelum memakan buah Alpukat.

Buah Alpukat merupakan salah satu buah yang digemari oleh semua orang dan buah ini juga yang ternyata memiliki banyak manfaatnya untuk kesehatan, sehingga tidak heran jika banyak orang menyukai buah yang satu ini, namun ternyata buah Alpukat ini tidak semua orang bisa memakannya.

Banyak orang yang mengira jika buah Alpukat ini yang menjadi salah buah yang sehat dan baik untuk kesehatan tubuh, hal ini memang benar karena buah Alpukat yang memiliki banyak kandungan nutrisi didalamnya diantaranya ada vitamin C, vitamin E, vitamin K, vitamin B6, magnesium. riboflavin, omega 3, beta karoten, potasium dan juga masih banyak lagi yang lainnya.

Dengan memiliki kandungan nutrisi yang banyak tersebut sehingga buah Alpukat ini yang memiliki banyak manfaatnya untuk kesehatan, namun terdapat beberapa penyakit yang tidak boleh makan Alpukat untuk mengetahuinya bisa simak ulasan berikut.

Penyakit yang Tidak Boleh Makan Alpukat

Penyakit yang Tidak Boleh Makan Alpukat

Buah Alpukat yang terkenal dengan memiliki kandungan nutrisi yang banyak dan bagus untuk kesehatan tubuh, namun terdapat beberapa penyakit yang tidak boleh makan Alpukat dan ini akan menyebabkan efek samping atau dampaknya untuk orang yang mengidap penyakit tertentu.

Untuk itu berikut beberapa penyakit yang tidak boleh makan Alpukat yaitu sebagai berikut:

Ginjal

Buah Alpukat yang mengandung potasium cukup tinggi yang dapat membahayakan pada kesehatan ginjal, sehingga untuk kamu yang penderita ginjal sebaiknya untuk tidak mengkonsumsi buah Alpukat dengan jumlah yang banyak.

Dengan kadar potasium yang tinggi dapat menyebabkan ginjal yang tidak berfungsi dengan baik yang dimana awalnya sudah susah berfungsi ditambah lagi sulit bekerja dengan baik, namun untuk yang tidak memiliki penyakit ginjal maka hal ini tidak menjadi masalah.

Masalah Pencernaan

Penyakit yang tidak boleh makan Alpukat selanjutnya yaitu untuk penderita penyakit berkaitan dengan masalah pencernaan yaitu seperti iritasi gastrointestinal yang akan membuat iritasi yang menjadi lebih parah.

Selain itu juga untuk penyakit maag dan asam lambung yang sebaiknya untuk tidak mengkonsumsi buah ini, karena dapat menyebabkan rasa yang tidak nyaman pada perut dan ini bisa menyebabkan asam lambung mudah naik dan merasa mual.

Kolesterol

Penyakit yang tidak boleh makan Alpukat selanjutnya yaitu untuk penderita kolesterol, mungkin banyak orang yang masih bingung karena mengkonsumsi buah Alpukat ini yang dapat membantu menurunkan kolesterol namun hal ini hanya berlaku untuk kolesterol tinggi saja.

Namun untuk kamu yang memiliki kolesterol rendah yang ekstrim tidak disarankan untuk mengkonsumsi buah Alpukat, hal ini dikarenakan buah Alpukat yang memiliki kandungan beta sitosterol yang dapat menyerap kolesterol yang dibutuhkan di dalam tubuh sehingga hal ini sangat berbahaya untuk penderita kolesterol rendah.

Liver

Penyakit liver merupakan salah satu penyakit yang tidak boleh makan Alpukat, hal ini karena buah Alpukat yang mengandung estragol dan juga anethole yang dapat merusak hati jika mengkonsumsi secara berlebihan untuk orang penderita liver yang terutama telah kronis.

Tetapi tidak semua jenis Alpukat memiliki kedua kandungan tersebut dan salah satu jenis Alpukat yang mengandung kedua senyawa itu yaitu Alpukat Meksiko, untuk jenis Alpukat Meksiko yang memiliki ukuran yang cukup besar bisa dua kali lipat dari dibandingkan dengan jenis Alpukat lokal.

Latex Intolerance

Latex intolerance biasa dikenal dengan sensitivitas terhadap lateks dan untuk penyakit ini menjadi salah satu penyakit yang tidak boleh makan Alpukat, dengan mengkonsumsi buah Alpukat yang dapat beresiko shock menyebabkan ruam kemerahan, gatal-gatal dan juga sesak nafas.

Hal ini karena buah Alpukat yang mengandung protein mirip dengan kandungan pada lateks sehingga untuk penderita penyakit lateks intolerance dengan mengkonsumsi buah Alpukat yang bisa mengalami shock.

Hipersensitivitas

Penyakit yang tidak boleh makan Alpukat yang selanjutnya yaitu penderita hipersensitivitas, dimana penyakit ini merupakan kondisi sistem kekebalan tubuh yang bereaksi secara berlebihan terhadap zat tertentu san salah satunya yaitu pada buah Alpukat.

Umumnya sistem imunitas yang berfungsi dalam melindungi tubuh dari berbagai zat yang dapat berpotensi membahayakan tubuh, untuk penderita penyakit ini yang dimana sistem imun yang dapat keliru mengenali atau dapat bereaksi secara berlebihan pada zat yang berbahaya.

Obesitas

Obesitas menjadi salah satu penyakit yang tidak boleh makan Alpukat, namun untuk hal ini yang masih banyak perdebatan mengenai obesitas atau kelebihan berat badan ini merupakan jenis penyakit atau bukannya, dimana buah Alpukat yang dapat menyebabkan akumulasi lemak yang akan memperburuk kondisi obesitas.

Mungkin hanya itu saja beberapa penyakit yang tidak boleh makan Alpukat yang perlu kamu ketahui, dan pastikan kamu tidak mengidap beberapa penyakit diatas jika ingin mengkonsumsi buah Alpukat, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.