Monday, 17 Jun 2024

Bahaya Minum Susu Kedelai Setiap Hari

4 minutes reading
Friday, 24 Feb 2023 01:07 0 313 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Susu kedelai terkenal sebagai salah satu jenis susu yang memiliki manfaat yang melimpah untuk kesehatan dan kecantikan, namun walaupun memiliki banyak manfaatnya ternyata susu kedelai juga yang memberikan efek samping atau bahaya minum susu kedelai jika setiap hari atau berlebihan yang perlu kamu waspada.

Susu kedelai atau soya milk ini yang merupakan salah satu jenis olahan susu nabati berasal dari ekstraksi sari kacang kedelai, susu kedelai ini  tentu saja  merupakan olahan minuman sehat hal ini yang dikarenakan susu kedelai yang mengandung protein dan juga kandungan nutrisi lainnya yang memiliki peran penting untuk memenuhi kebutuhan gizi manusia.

Apalagi susu kedelai ini yang memiliki harga lebih murah dan terjangkau jika dibandingkan dengan susu hewani seperti susu sapi, namun susu kedelai juga mengandung protein dari susunan asam amino hampir sama dengan olahan susu sapi sehingga dengan begitu susu kedelai ini yang kerap digunakan untuk pengganti susu sapi untuk yang alergi dengan susu sapi atau protein hewani.

Untuk kamu yang ingin tahu dengan bahaya minum susu kedelai setiap hari, maka kamu bisa dengan menyimak ulasannya dibawah ini dengan baik.

Bahaya Minum Susu Kedelai Setiap Hari

Bahaya Minum Susu Kedelai Setiap Hari

Susu kedelai yang memiliki kandungan gizi didalamnya seperti kalsium, besi, fosfor, kalium, natrium, seng, tembaga, thiamin, karoten total, riboflavin, vitamin C, karbohidrat, lemak, energi, protein, air, niasin, abu (ASH) dan serat, dengan beragam kandungan nutrisi yang memberikan manfaat untuk kesehatan yang melimpah.

Namun jika mengkonsumsi susu kedelai secara berlebihan setiap harinya yang bisa memberikan efek samping atau bahayanya untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui dan waspadai, adapun untuk beberapa bahaya minum susu kedelai setiap hari dengan jumlah yang berlebihan yaitu sebagai berikut:

Menyebabkan Alergi

Jika mengkonsumsi kedelai secara berlebihan untuk mereka yang alergi dengan susu kedelai yang bisa menyebabkan terjadinya berbagai komplikasi pencernaan, dimana alergi makanan yang biasanya dapat mempengaruhi pada seluruh tubuh sehingga bisa kemungkinan menyebabkan pusing, gatal-gatal, diare, muntah, mual, sesak napas, hidung tersumbat, batuk dan bahkan mengi.

Meningkatkan Risiko Terjadinya Penyakit Kronis

Bahaya minum susu kedelai setiap hari dengan jumlah yang berlebihan yaitu bisa meningkatkan risiko penyakit kronis, hal ini dikarenakan susu kedelai rasa vanila yang mengandung gula tambahan per porsinya sekitar 14 gram di dalamnya sehingga pada saat akan minum susu kedelai kemasan yang sebaiknya lebih cermat dalam memilihnya dalam membaca labelnya.

Dimana untuk seseorang yang sering minum susu kedelai dengan merek konvensional yang akan menambahkan gula dan bahan berbahaya yang lainnya yang memiliki efek samping atau bahaya negatif, hal ini jika terus menerus mengkonsumsi terlalu banyak gula tambahan yang bisa menyebabkan manajemen gula darah yang memburuk meningkatkan risiko penyakit kronis.

Menghambat Proses Penyerapan Nutrisi

Bahaya atau efek samping dari minum susu kedelai setiap hari secara berlebihan yang bisa menyebabkan menghambat penyerapan nutrisi, dimana susu kedelai yang akan memperlambat proses pencernaan protein dan juga karbohidrat sehingga dengan begitu dapat menurunkan kemampuan tubuh untuk dapat menyerap nutrisi yang lain nya diperlukan oleh tubuh.

Gangguan Pencernaan

Ternyata dengan mengkonsumsi susu kedelai setiap hari dengan jumlah yang berlebihan yang bisa menimbulkan bahaya dan efek sampingnya untuk kesehatan salah satunya alergi atau intoleransi kedelai yang bisa menyebabkan terjadinya gangguan pencernaan dan juga kembung, alergi kedelai sendiri yang merupakan salah satu kondisi medis yang cukup serius dan jika kondisinya semakin parah yang bisa menyebabkan komplikasi kesehatan signifikan.

Pada dasarnya memang susu kedelai yang berasal dari sari biji kedelai yang dikenal kaya akan kandungan nutrisi sehingga menjadi salah satu jenis minuman yang bergizi, untuk mengkonsumsi susu kedelai yang aman yaitu pada tingkat 2 hingga 3 porsi per harinya untuk semua kalangan, namun untuk wanita yang beresiko tinggi terkena kanker payudara sebaiknya mengkonsumsi susu kedelai sekali atau dua kali dalam seminggu.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai beberapa efek samping atau bahaya minum susu kedelai setiap hari yang perlu kamu ketahui dan waspadai, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.