Thursday, 18 Jul 2024

Berapa Bulan Sekali Ganti Oli Motor Matic?

3 minutes reading
Tuesday, 15 Nov 2022 16:03 0 413 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Ternyata masih banyak orang yang kebingungan dan juga bertanya-tanya mengenai kapan waktu dan juga berapa bulan sekali ganti oli motor matic? Hal ini memang salah satu informasi yang perlu kita ketahui, nah untuk mengetahui informasi tersebut kamu bisa dengan menyimak ulasan di bawah ini.

Perlu kita ketahui bahwasanya jika mengenai waktu penggantian oli mesin matic ini jangan sampai disepelekan atau diabaikan, karena jika terus menerus mengabaikannya dalam jangka waktu yang lama maka akan berdampak pada keawetan motor tersebut.

Sehingga jika hal tersebut tidak ingin terjadi maka kita harus mengetahui berapa bulan sekali ganti oli motor matic, dan untuk lebih jelasnya kamu bisa dengan simak penjelasan dibawah.

Berapa Bulan Sekali Ganti Oli Motor Matic?Berapa Bulan Sekali Ganti Oli Motor Matic?

Pada dasarnya petunjuk mengenai jarak atau berapa bulan pergantian oli motor matic atau kendaraan yang lainnya yang biasanya akan ada pada buku petunjuk atau buku manual pada setiap pembelian kendaraan, tetapi banyak orang yang malas untuk melihat isi dari buku petunjuk tersebut.

Buku petunjuk atau buku manual yang ada pada setiap pembelian kendaraan ini memang memiliki isi di dalamnya yang bisa dikatakan cukup banyak dengan ukuran hurufnya yang kecil-kecil, sehingga tidak heran jika banyak orang yang malas untuk membaca buku petunjuknya.

Pada buku petunjuk atau buku manual yang rata-rata pada pabrik untuk menganjurkan para pengguna motor matic atau kendaraan yang lainnya untuk melakukan pergantian oli mesin pada motor setiap 2.000 km sampai 3.000 km atau sekitar 2 bulan sekali.

Namun hal tersebut yang biasanya tergantung pada merk motor matic yang digunakan karena terkadang ada yang berbeda, untuk mengetahuinya kamu bisa dengan mencoba untuk mengecek speedometernya untuk melihat berapa jarak yang telah ditempuhnya.

Jika speedometernya sudah melewati 2.000 km atau sampai 3.000 km maka sebaiknya kamu harus langsung mengganti oli mesin pada motor matic yang kamu gunakan, dan biasanya motor matic yang digunakan untuk menempuh jarak hingga dengan 3.000 km biasanya sudah digunakan lebih kurang 2 bulan.

Jangan sampai jarak yang ditempuh melebihi 3.000 km karena hal ini yang dapat menyebabkan motor matic yang kamu gunakan akan menjadi mati mendadak, sehingga untuk menghindari hal tersebut terjadi maka harus mengingatkan jadwal pergantian oli motor matic atau bisa juga kamu dengan membuat catatan atau pengingat di HP.

Masih banyak pertanyaan yang sering muncul diantaranya mengenai jika motor yang jarang digunakan apakah harus tetap ganti oli atau tidak? Sebenarnya walaupun motor matic tersebut jarang digunakan dan jarak tempuhnya yang belum mencapai 2.000 km tetapi sudah mencapai 2 bulan maka kamu harus tetap menggantinya.

Walaupun jarak tempuh pada motor matic yang kamu gunakan yang hanya mencapai 40 km atau hingga 70 km selama 2 bulan maka hal ini tetap harus melakukan pergantian oli , karena jika tidak melakukan pergantian oli maka oli yang ada di dalam motor matic tersebut yang bisa merusak pada komponen kendaraan tersebut.

Sehingga dengan begitu untuk menghindari adanya kerusakan pada komponen kendaran motor matic dan juga agar tetap prima dan komponen yang terdapat di dalam motor matic yang bisa berfungsi dengan baik maka kamu bisa mengganti oli mesin minimal dalam 2 bulan sekalinya secara rutin.

Tetapi jika kamu sering menggunakan motor matic setiap harinya apalagi jika jarak tempuhnya yang mencapai hingga 200 km per harinya, maka kamu perlu untuk mengganti oli mesin motor matic tersebut dalam waktu 2 minggu sekali.

Pastikan selalu mengganti oli secara berkala dengan memilih jenis oli yang terbaik dan juga berkualitas agar kondisi motor matic kamu yang selalu dalam kondisi prima dan juga mesin didalamnya dapat berfungsi dengan awet dan tentunya tidak mengalami kerusakan atau motor yang mendadak mogok.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai berapa bulan sekali ganti oli motor matic, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa menjawab pertanyaan tersebut dan juga semoga bermanfaat.