Saturday, 22 Jun 2024

Berapa Lama Kucing Beradaptasi Dengan Pemilik Baru?

4 minutes reading
Thursday, 10 Aug 2023 19:51 0 227 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Berapa lama kucing beradaptasi dengan pemilik baru? Sampai si kucing benar-benar beradaptasi dengan baik. Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mengetahui terkait berapa lama si kucing bisa beradaptasi dengan pemilik baru.

Disaat si kucing sudah merasa nyaman dan terbiasa dengan kamu dalam jangka waktu yang cukup lama, terus di suatu waktu si kucing terpaksa harus berpindah tangan kepada orang baru sebagai pemilik barunya. Memang akan membuatnya merasa syok dan stres akan hal itu.

Bagaimana tidak? Tentu saja dengan adanya perubahan hal yang baru pada si kucing, akan membuatnya merasa asing dengan hal itu. Harus bisa beradaptasi terlebih dahulu, baru mereka akan mulai terbiasa dan menerima dengan keberadaanmu sebagai pemiliknya yang baru.

Lalu kalau begitu berapa lama kucing bisa beradaptasi dengan pemilik baru? Nah, disini akan memberikan beberapa penjelasan mengenai waktu yang dibutuhkan untuk si kucing bisa beradaptasi dengan pemilik barunya. Jadi simaklah ulasannya di bawah ini dengan seksama!

Berapa Lama Kucing Beradaptasi Dengan Pemilik Baru?

Berapa Lama Kucing Beradaptasi Dengan Pemilik Baru?

Fakta menarik tentang kucing ini adalah mereka bisa menjalin hubungan emosional dengan pemiliknya. Sehingga mereka akan merasa nyaman dengan kehadiran si pemilik yang sudah dianggap sebagai bagian dari keluarganya. Jadi jika harus tiba-tiba ganti pemilik akan sulit.

Mereka harus bisa membiasakan diri bukan hanya dengan pemilik barunya saja, tetapi dengan lingkungan barunya. Sehingga hal ini dapat memicu stres pada si kucing karena secara tiba-tiba pemilik lamanya meninggalkan mereka begitu saja dan menyerahkannya kepada orang lain.

Maka dari itu kamu harus membantunya agar bisa terbiasa kembali dengan lingkungannya serta orang yang baru ditemuinya dan masih merasa asing kepada kamu. Cukup berikan waktu untuknya sendirian dan mengamati sekitarnya dengan perlahan sampai mereka terbiasa.

Memang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk si kucing bisa beradaptasi, kamu hanya perlu bersabar sampai mereka bisa menerima kenyataan dan kehadiran kamu sebagai sosok pemiliknya yang baru. Dengan begitu perlahan-lahan mereka juga akan mulai luluh.

Tergantung seberapa besar usaha kamu pada si kucing untuk bisa beradaptasi dengan cepat. Biasanya kucing membutuhkan waktu beberapa minggu, sekitar 1-3 minggu sampai benar-benar terbiasa dan betah untuk tinggal di tempat barunya bersama kamu sebagai majikan baru.

Tapi jika kamu berusaha dengan semaksimal mungkin, dengan cara tidak mengganggunya, memberikan waktu yang bebas untuknya, melakukan pendekatan terlebih dahulu dengan si kucing, memberikannya berbagai cemilan serta menyediakan tempat tinggal yang nyaman.

Mungkin akan lebih cepat beradaptasi dengan kamu selama 1-2 minggu, jika kamu konsisten melakukannya. Selain itu kamu juga harus sering-sering mengajaknya bermain bersama dan jangan menakut-nakutinya karena itu akan membuat si kucing malah takut sama kamu.

Pastikan juga kamu menyediakan tempat yang aman, nyaman, dan tenang untuk si kucing tempati supaya mereka merasa nyaman. Jangan biarkan lingkungan tempat tinggalnya bising karena akan membuatnya stres, hindari juga dari jangkauan anak-anak karena akan dapat membuatnya ketakutan.

Soalnya kucing ini biasanya akan merasa trauma dengan kehadiran anak-anak yang sangat berisik bahkan sangat agresif untuk ingin mengejar-ngejarnya, menggendongnya, serta dapat mengganggu kenyamanan. Apalagi kucing kamu baru saja di adopsi dengan pemiliknya yang baru.

Hal itu hanya akan membuatnya semakin stres dan tidak betah, bahkan membutuhkan waktu yang sangat lama untuknya beradaptasi jika lingkungannya seperti itu. Resiko terburuknya malah kucing kamu tidak akan pernah betah dan berusaha untuk kabur dari rumah kamu.

Kasus seperti ini sudah sering kali terjadi, makanya jika ingin mengadopsi kucing pastikan kamu sedang tinggal sendirian atau rumah kamu tidak begitu banyak anak-anak. Supaya mempermudah membuatnya nyaman tinggal di rumah kamu.

Selain itu perlakukan juga kucing kamu dengan baik jangan berbuat kekerasan atau membentaknya, karena bisa menjadi sebuah trauma untuknya. Perlakukanlah dengan lembut dan penuh kasih sayang, agar bisa menjalin hubungan emosional dengan si kucing.

Itulah beberapa penjelasan tentang berapa lama kucing beradaptasi dengan pemilik barunya, yang perlu kamu ketahui agar bisa menyesuaikan diri dengan si kucing supaya bisa beradaptasi di lingkungan dengan baik selama bersama kamu sebagai majikan atau pemiliknya yang baru.

Usahakan untuk tidak membuatnya ketakutan dengan kehadiran kamu, jangan terlalu agresif juga saat ingin mendekatinya. Lakukan secara perlahan saja dan halus agar tidak membuat si kucing stres dan takut kepada kamu. Good Luck semoga membantu.