Thursday, 18 Jul 2024

Cara Mengatasi Kucing Baru Adopsi Tidak Mau Makan

6 minutes reading
Thursday, 10 Aug 2023 19:49 0 376 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Bagaimana cara mengatasi kucing baru adopsi tidak mau makan? Penasaran? Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mencari tahu terkait bagaimana caranya mengatasi si kucing yang baru diadopsi dan tidak mau makan.

Kebanyakan kucing yang baru saja kamu adopsi, pasti mereka masih merasa asing dan membuatnya jadi sulit untuk makan. Terkadang mereka juga lebih sering bersembunyi, menjauhi kamu dan sama sekali tidak mau memakan makanan yang telah kamu sediakan.

Memang ada penyebabnya yang membuat si kucing seperti itu dan juga itu suatu hal yang wajar ketika kucing berada di lingkungan barunya serta suasana yang baru untuknya akan membuat mereka belum terbiasa dengan hal-hal baru ini, harus beradaptasi terlebih dahulu.

Lalu kalau begitu gimana dong cara mengatasinya biar mau makan? Kucing yang baru kamu adopsi ini sama sekali tidak mau makan. Nah, disini akan memberikan beberapa tips atau cara-cara untuk mengatasi kucing baru adopsi tidak mau makan. Jadi simaklah penjelasannya!

Cara Mengatasi Kucing Baru Adopsi Tidak Mau Makan

Cara Mengatasi Kucing Baru Adopsi Tidak Mau Makan

Sebelum itu ada beberapa hal yang harus kamu ketahui mengenai kucing dan kenapa kebanyakan kucing ini saat diadopsi tidak mau makan atau bahkan stres. Perlu untuk kamu kenali terlebih dahulu supaya mempermudah kamu dalam mengatasinya dengan baik.

Kucing merupakan hewan yang memiliki siklus hidup yang berulang-ulang atau memiliki rutinitas nya sendiri. Jadi maksudnya jika si kucing sudah terbiasa hidup dengan rutinitas biasanya, lalu jika tiba-tiba harus berada dilingkungan yang baru mereka akan sulit terbiasa.

Itulah mengapa si kucing saat baru pertama kali di adopsi dan harus berada ditempat atau di lingkungannya yang baru mereka akan bingung harus melakukan apa dan harus bisa beradaptasi kembali dari awal untuk mengenal lingkungannya yang baru dan rutinitas barunya.

Jadi bukan karena tidak mau makan, hanya saja kucing butuh waktu untuk mengenali situasi dan kondisi lingkungan barunya. Jika kamu memaksakan si kucing harus makan, harus tidur, mandi di hari pertamanya setelah diadopsi pasti akan membuatnya stres dan itu tidak baik.

Kamu hanya perlu melakukan cara agar si kucing mulai terbiasa dan beradaptasi terlebih dahulu supaya bisa mengenali sekitarnya dengan baik serta dapat menerima kehadiran kamu sebagai pemiliknya. Berikut ada beberapa cara mengatasinya:

Berikan Waktu Untuk Beradaptasi

Pertama, kamu harus memberikan waktu sendiri untuknya dan biarkan dia berkeliling di sekitar rumah kamu agar bisa mengamati seluruh lingkungan sekitar rumah kamu dengan sendirinya. Biarkan mereka jalan-jalan dan melihat-lihat lebih dulu bagaimana lingkungan tempat tinggal barunya di setiap sudut ruangan secara menyeluruh.

Hal ini untuk membiasakan si kucing mengenali setiap tempat atau ruangan dengan mengamatinya. Jika si kucing sudah cukup mengamatinya, mereka akan mulai terbiasa dengan lingkungan rumah kamu dan tau harus kemana saja saat mereka harus pup, tidur, bermain, tempat makannya seperti apa dan lain sebagainya.

Dengan begitu tahap pengenalan lingkungan ini berjalan dengan baik dan si kucing pun tidak akan begitu merasa asing lagi dengan lingkungan rumah kamu. Merekapun bisa membiasakan diri dengan perlahan serta mulai berani untuk makan, kamu cukup menyediakan makanannya di tempat si kucing untuk makan agar terbiasa makan di tempat yang sudah kamu sediakan.

Cari Tahu Makanan Kesukaannya

Kedua, jika si kucing sudah beradaptasi namun masih tidak mau makan berarti mereka tidak suka dengan makanan yang telah kamu berikan. Bisa saja dulunya mereka terbiasa memakan makanan dengan produk yang berbeda seperti yang kamu berikan. Jadi kamu harus mencari tahu apa saja makanan kesukaannya, baru deh kamu memberikannya pada si kucing.

Kamu bisa tanyakan langsung ke tempat dimana kamu mengadopsi si kucing, cobalah untuk menanyakan produk dan jenis makanan apa yang biasa mereka makan sebelumnya. Dengan begitu kamu segera membeli makanan kesukaannya, contohnya wet food atau dry food kesukaan si kucing serta kamu juga bisa membelinya cemilan untuk menyenangkan si kucing.

Ketahui Terlebih Dahulu Mengenai Jadwal Makannya

Ketiga, kalau kucing kamu masih tidak mau makan walaupun sudah beradaptasi dan menemukan makanan kesukaannya. Berarti masalahnya ada pada jadwal makan si kucing, bisa saja sebelum diadopsi jadwal makan si kucing sudah diatur atau ditentukan oleh pemilik sebelumnya. Misalnya jadwal makannya pada pagi hari pukul sekian atau siang dan sore hari.

Dengan begitu kamu kamu harus mengetahui seperti apa jadwal makan kucing kamu sebelumnya dengan menanyakan langsung ke tempat dimana kamu mengadopsi si kucing sebelumnya. Kalau sudah mengetahuinya barulah kamu bisa mengatur kembali jadwal makannya agar si kucing mulai terbiasa lagi dan mau makan di jam-jam yang sudah ditentukan.

Cobalah atur kembali seperti pagi hari 1x, siang hari 1x, dan malam sebelum tidur 1x atau bisa menggantinya dengan memberikan cemilan agar tidak terlalu berat. Jika kucing kamu sudah bisa mulai makan dengan baik, pertahankan jadwal makan yang telah kamu buat. Jangan sampai terlewat atau telat memberikannya makan kedepannya nanti.

Berikan Tempat Yang Nyaman Untuk Makan

Keempat, jika kucing merasa tidak nyaman saat makan, kamu harus memberikan tempat yang nyaman untuknya. Biarkan dia makan sendiri, jangan diganggu agar si kucing merasa nyaman. Sediakan tempat khusus untuknya makan dan sajikan makanan di wadah yang bersih tidak kotor dan bau. Karena hal itu akan membuatnya tidak berselera untuk makan.

Selalu jaga jaga kebersihan tempat makannya agar si kucing bisa merasa nyaman dan makanannya juga tidak kotor. Hal ini juga dilakukan agar cita rasa makanannya tetap terjaga tidak tercampur bakteri atau kuman yang dapat membuat makanannya tidak sehat dan tidak lezat lagi. Dengan begitu kucing kamu bisa makan dengan baik jika wadah makannya bersih.

Mengecek Kondisi Kesehatannya

Terakhir, jika kamu sudah melakukan semua hal diatas dan masih saja kucing kamu tidak mau makan, berarti ada masalah sistem pencernaannya sehingga membuat si kucing enggan untuk makan. Atau si kucing juga sedang tidak berselera makan dan nafsu makannya sedang menurun karena sedang sakit atau masalah kesehatan lainnya.

Maka dari itu penting sekali untuk mengecek kondisi kesehatannya agar bisa mengetahui keadaannya dengan baik. Jika memang kucing kamu sedang tidak nafsu makan, kamu bisa memberinya vitamin untuk menambah nafsu makan si kucing sehingga kucing un akan mulai makan kembali dengan baik. Jika perlu kamu bisa cek langsung ke spesialis gizi hewan.

Itulah beberapa cara mengatasi kucing baru adopsi tidak mau makan, yang mungkin perlu untuk kamu ketahui agar bisa mengatasinya dengan baik supaya si kucing mau makan dengan sendirinya. Jangan terlalu memikirkannya jika memang tidak mau makan, beri saja waktu untuknya.

Pastikan kamu juga mengetahui terlebih dahulu tentang riwayat kesehatannya, pola makan yang biasanya seperti apa sebelum kamu adopsi terlebih dahulu. Hal itu agar bisa mempermudah kamu dalam mengatasinya dengan baik. Good Luck semoga membantu.